Penangkaran Rusa Cariu, Menghibur Diri Bersama Rusa

Memberi Makan, Mengusap dan Berfoto Bersama Rusa - Rusa Cantik

Penangkaran Rusa Cariu, Menghibur Diri Bersama Rusa
Memberi Makan Langsung, Jadi Kegiatan Andalan di Tempat ini, Photo by @johanamichella

Penangkaran Rusa Cariu atau yang juga dikenal dengan sebutan Taman Rusa Tanjungsari, merupakan taman rekreasi yang sangat unik, dimana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan puluhan ekor rusa.  Suasana alamnya sengaja diciptakan alami dan sangat asri, sehingga tempat ini sangat nyaman dan asyik untuk liburan keluarga.

Taman yang juga dikenal dengan nama Taman Rusa Giri Jaya ini, menawarkan berbagai pengalaman yang akan membuat Traveler terkesan sekali, bercengkerama dengan rusa-rusa jinak. Di tengah suasana alam yang mempesona serta udara yang menyegarkan, Traveler dapat memberi makan secara langsung kepada rusa-rusa ini, atau yang lebih seru lagi yaitu duduk berdampingan dengan rusa dan berfoto bersama.

Penangkaran Rusa Cariu, Menghibur Diri Bersama Rusa
Rusa dan Panorama Alam nan cantik, Photo by @khaswa_

Penangkaran Rusa Cariu merupakan lokasi pembiakan rusa yang berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Area penangkaran sengaja dibuat tumbuh alami, dengan hamparan rumput yang dikelilingi hutan, memberi kesan hijau dimana-mana.  Bahkan sejumlah semak-semak dibiarkan tumbuh rimbun, menjadi ornamen hiasan berbagai tiap sudut kawasan ini.  Dan untuk menjaga agar lokasi aman serta rusa-rusa ini tidak keluar, kawasan ini dikelilingi pagar.

Keberadaan objek wisata Penangkaran Rusa Cariu ini sudah ada sejak tahun 1993.  Saat itu, tempat ini merupakan konservasi dan penelitian di bawah pengelolaan Perum Perhutani.  Dan pada tahun 2003 mulai dibuka sebagai objek wisata untuk umum.  Penangkaran yang berdiri diatas lahan sekitar 8,4 hektar ini, menampung berbagai jenis rusa, seperti Rusa Bawean, Rusa Totol, dan Rusa Timor.

Penangkaran Rusa Cariu, Menghibur Diri Bersama Rusa
Rusa-Rusa dilepas bebas

Selain sebagai lahan konservasi, taman rekreasi ini juga berkembang menjadi kawasan wisata yang menawarkan beragam aktivitas rekreasi di alam terbuka yang cocok untuk keluarga. Traveler dapat  memasuki kawasan penangkaran ini, melalui sebuah jalan gantung yang terbuat dari kayu. Jalan yang menyerupai jembatan ini dibangun sebagai jalan untuk memasuki habitat rusa. Tingginya sekitar 3 – 4 meter dari tanah.

Objek wisata ini buka setiap hari, dimulai sejak pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.  Namun, waktu yang pas untuk bisa bertemu langsung dan bermain bersama rusa-rusa, sekitaran pukul 10 pagi dan diantara pukul 2 siang hingga pukul 4 sore.  Rusa-rusa ini juga tidak segan untuk didekati bahkan dielus.  Memberi makan kepada hewan-hewan herbivora ini melalui tangan sendiri, menjadi satu kegiatan seru yang mengasyikkan. Traveler dapat membawa sayur-sayur segar untuk makanan rusa dari rumah atau membelinya di tempat. Biasanya, mereka diberi makan ubi atau kacang panjang. Sifat binatang ini sangat tenang, sehingga ketika berpapasan bahkan foto bersama rusa-rusa ini, aman dan tidak bermasalah.

Penangkaran Rusa Cariu, Menghibur Diri Bersama Rusa
Melepas penat di tempat istimewa, Photo by @diantin

Penangkaran Rusa Cariu ini, selain fungsi utamanya sebagai lokasi penangkaran rusa, objek wisata ini juga menawarkan banyak aktifitas kegiatan alam lainnya, seperti kemping.  Taman ini memiliki lahan untuk berkemah dengan fasilitas lengkap. Lokasinya dapat menampung hingga 200 orang. Disini Traveler dapat melakukan kegiatan outbond atau acara-acara gathering bersama kerabat.

Sebagai sarana wisata keluarga, Penangkaran Rusa Cariu juga menyiapkan arena bermain anak-anak. Lokasinya berdampingan dengan bumi perkemahan. Disini anak-anak pun dimanjakan dengan fasilitas permainan di area kolam renang yang dilengkapi dengan beragam wahana permainan yang seru dan heboh.

Bagi penggemar selfi, berbagai atribut penunjang photo kekinian tampak tersaji.  Selain berfoto dengan rusa-rusa yang lucu, Traveler dapat berfoto dengan keunikan beragam bentuk bangku-bangku, juga hammock dan payung warna warni, dan yang paling utama adalah panorama alam sekitarnya yang begitu mempesona dan sayang dilewatkan begitu saja.

Penangkaran Rusa Cariu, Menghibur Diri Bersama Rusa
Bersahabat dengan Rusa, Photo by @fikriyahasad

Penangkaran Rusa Cariu ini berada di kawasan hutan yang begitu asri, lengkap dengan aliran Sungai Cibeet yang mempesona. Traveler dapat mengambil moment keindahan alam ini melalui atas jembatan saat menyeberangi sungai.

Taman rekreasi yang selalu berbalut udara segar ini, berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat. Sekitar 40 kilometer dari pintu keluar Tol Cibubur dari Cileungsi – Jonggol. Lokasinya lebih nyaman jika ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.(Rafa)