Pesona Air Terjun Pemandian Punai di Kabupaten Rejang Lebong

Sebelum Matahari Terbit, Burung Punai Mandi Disini

Air Terjun Pemandian Punai
Menikmati Sejuknya Air Indahnya Alam Sekitar, Photo by @bayujuliansyah96

Namanya Air Terjun Pemandian Punai.  Air terjun ini terletak di Desa Airlang Empat Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Wisata air terjun ini digarap serius pada  Desember 2017 sampai awal tahun 2018. Setelah kondisi dan tempat tersulap dengan baik, barulah Air Terjun Pemandian Punai ini dapat dinikmati secara umum.  Berada di sini, traveler tak hanya dimanjakan dengan pemandangan air terjun saja, juga disuguhkan dengan keindahan alam di sekitarnya.

Air Terjun Pemandian Punai merupakan bagian dari pariwisata daerah yang sangat penting, dan dapat dimanfaatkan guna menunjang perekonomian warganya. Inilah yang dilakukan oleh Kelompok Tani Budi Utomo dengan membuka destinasi wisata baru, yaitu Air Terjun Pemandian Punai di Kabupaten Rejang Lebong.

Air Terjun Pemandian Punai
Berendam salah satu keasyikkan disini, Photo by @airterjunpemandianpunai

Wisata air terjun ini berada di kawasan hutan lindung Bukit Balai Rejang. Dari Kota Curup yang merupakan Ibukota dari Rejang Lebong, berjarak sejauh 25 kilometer dengan jarak tempuh waktu memakan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan motor.

Destinasi wisata yang dikelola oleh Kelompok Tani Budi Utomo memiliki luas lahan mencapai 1,5 hektar. Selain menikmati sensasi  berenang di air jernih, Traveler juga dapat puas bermain air yang dikelilingi dengan panorama cantik bukit nan hijau ini.  Air Terjun Pemandian Punai merupakan salah satu destinasi unggulan di Rejang Lebong yang sudah banyak dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah. Untuk terus bisa memanjakan para pengunjung, pihak pengelola pun terus mengembangkan potensi dari wisata air terjun ini.

Air Terjun Pemandian Punai
Rinai-Rinai Air Terjun, Photo by airterjunpemandianpunai

Air terjun ini merupakan tempat pemandian burung punai, sehingga nama air terjun ini pun dinamakan Air Terjun Pemandian Punai.  Dan biasanya, burung-burung Punai kerap terlihat mandi pada pagi hari jelang matahari terbit. Nah, jika Traveler penasaran ingin melihat langsung burung-burung Punai ini mandi, datanglah kesini saat pagi-pagi buta.

Selain menikmati keseruan di air terjun ini, sekaligus terpukau dengan panorama alam sekitarnya, Traveler harus mencoba minuman khas daerah setempat, yaitu kopi Sindang Dataran Robusta atau disebut Sintaro, kopi khas Rejang Lebong.  Di sekitar lokasi itu memang banyak lapak para penjual kopi dan pastinya sajian kopinya sangat menggugah selera.

Air Terjun Pemandian Punai
Terbuai Dengan Eksotisme Air Terjun, Photo by @riskiayusartikka

Untuk mencapai lokasi air terjun, Traveler dapat menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2 dari kelurahan Beringin 3, Kecamatan Sindang Kelingi. Dari parkiran, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitra 5- 10 menit.(Nay/Niel)