Sensasi Berenang di Wisata Mata Air Cikoromoy Pandeglang

Airnya Bening, Bersih dan Dingin Menyegarkan

Pemandian Mata Air Cokoromoy
Airnya Bening Menyejukkan Pandangan Mata, Photo by KucingBaladDe 03

Di sudut Kabupaten Pandeglang, terdapat tempat wisata pemandian yang airnya langsung dari pegunungan. Namanya Pemandian Cikoromoy.   Dikenal juga dengan nama kolam Cikoromoy yang sumber mata airnya sudah ada sejak zaman Belanda.  Sumber mata air ini berasal dari kaki Gunung Karang.

Air dalam kolam pemandian ini berasal dari mata air langsung  dan airnya selalu bening dan jernih, meskipun terus dipadati pengunjung yang berenang di tempat ini. Bagian dasar dari pemandian kolam ini masih terlihat alami, dengan adanya batu-batuan dan pasir di dasar kolam yang sengaja dibiarkan guna menjaga keasrian tempat itu sendiri.

Kolam pemandian ini merupakan kolam terbuka dengan kondisi airnya yang cukup dingin menyegarkan, dan terletak di tengah pemukiman penduduk. Terdapat beberapa kolam yang dibedakan berdasarkan usia, dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Pemadnian Mata Air Cikoromoy
Fotoselfi Dalam Air Bening, Photo by @rhino_adventure

Wisata kolam mata air ini berada di Desa Kadu Bungbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. Berjarak 14 kilometer dari pusat kota Pandeglang. Untuk mencapai lokasi ini, Traveler dapat menempuhnya dengan berpatokan dari arah alun-alun Pandeglang.  Dari alun-alun Pandeglang lalu mengambil ke arah Jalan Labuan, kemudian lanjut ke arah Kecamatan Cimanuk. Dari pertigaan Cimanuk ini, masih berjarak sekitar 7,5 kilometer lagi untuk sampai ke Kolam Mata Air Cikoromoy.

Kolam Mata Air Cikoromoy ini dapat diakses sejauh 200 meter dari lokasi tempat Traveler memarkirkan kendaraannya.Untuk tiket masuk ke pemandian kolam mata air ini, Traveler cukup membayar Rp 5.000 untuk satu orangnya, dan biaya parkirnya sendiri yaitu Rp 5.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

Sementara itu, fasilitas yang ada di sini juga cukup memadai. Ada ruang bilas, ruang ganti pakaian, juga banyak saung-saung yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh.  Disini juga tersedia banyak warung yang menyajikan makanan dan minuman.

Pemandian Mata Air Cikoromoy
Keseruan Menikmti Pemandian Air Mata, Photo by @ipung99_

Ditambah lagi dengan adanya kolam ikan-ikan hias sebagai tambahan hiburan, merupakan salah satu daya tarik terutama bagi anak-anak.  Apalagi ikan hias tersebut juga dapat dibawa pulang, karena juga terdapat tempat penjual ikan hias di sekitar kawasan kolam renang.(Nay/Niel)