Pesona Memikat di Pantai Rancabuaya Garut

Kombinasi Tebing, Air Terjun dan Pantai

Pesona Memikat di Pantai Rancabuaya Garut
Keindahan alamnya yang mempesona, Photo by @novitaavi_

Begitu banyak daya tarik tersendiri yang unik dan lain dari pantai kebanyakan, sepanjang jajaran laut Garut selatan yang dimiliki Pantai Rancabuaya. Pantai ini menyihir wisatawan lewat banyaknya batuan karang yang cukup besar dan tebing batuannya yang tinggi serta air terjunnya yang menghadap pantai ini, menciptakan satu tempat berlibur yang sangat mengagumkan.  Tak heran, saat ini Pantai Rancabuaya menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Garut.

Panorama alam sekitar di Pantai Rancabuaya ini memiliki banyak bebatuan karang besar serta tebing bebatuan yang instagramable, sangat cantik untuk menjadi latar berfoto.  Keunikan pantai ini terletak pada cantiknya tebing-tebing yang terukir indah. Dahulu, tebing-tebing ini merupakan perbukitan yang terhubung satu sama lain. Namun, karena seringnya terkikis oleh ombak dan angin laut yang ada di sekitar pantai ini, lama kelamaan akhirnya menyisakan tebing yang unik ini.  Pihak pengelola pun memanfaatkan keindahan ini dengan lebih maksimal lagi, turut mengukir motif-motif khas pantai.   Sehingga menambah cantik keindahan tebing-tebing ini, dan warna alami dari tebing tetap dipertahankan, agar tampak lebih cantik dan alami.

Pesona Memikat di Pantai Rancabuaya Garut
Banyaknya Pohon Menambah Kesejukan Pantai

Pantai Rancabuaya berada dalam kecamatan Caringin, Desa Purbayani, Kabupaten Garut ini, berada dalam pedesaan yang asri, dengan pemandangan yang indah.  Yah, sejauh mata memandang, terdapat pepohonan yang tumbuh di kejauhan. Tampak hijau dan rimbun dipandang dari tepian pantai.

Seperti pantai pada umumnya, Pantai Rancabuaya juga memiliki keindahan pasirnya yang putih dan lembut serta air lautnya yang bergradasi, sangat indah dipandang.  Menyatu dengan keanggunan bukit dan bebatuan karang di bibir pantai, menjadi sebuah frame keindahan alam yang begitu memukau dan menakjubkan.

Selain keindahan tebing yang terukir unik dan panorama sekitarnya yang memukau, pantai ini memiliki keindahan lainnya yang sangat khas, yaitu adanya air terjun. Traveler yang datang berkunjung ke pantai ini,  akan dapat menikmati keindahan laut dan air terjun sekaligus.

Pesona Memikat di Pantai Rancabuaya Garut
Bukit dan Bebatuan Karang menambah daya tarik pantai ini

Pada sebuah tebing yang menghadap ke pantai, terdapat aliran air terjun, dimana air terjun ini mengalirkan air tawar yang sangat jernih.  Limpahan airnya yang langsung terjun mengarah ke laut ini, mendapatkan sumber dari aliran air yang berada di atas tebing.  Sejumlah tiga aliran air siap menciptakan air terjun yang cukup memikat wisatawan yang menghabiskan waktu di Pantai Rancabuaya ini.  Banyak yang sengaja berdiri di bawah air terjun untuk merasakan derasnya air.  Saat tubuh dibasahi oleh kucuran air terjun ini, kesegaran pun langsung terasa.

Juga itu juga terdapat Goa Kelelawar yang berada di jurang, pada salah satu tebing karang yang menjulang langsung ke lautan.  Goa ini merupakan rumah bagi para kelelawar yang berada di Rancabuaya ini.  Jangan nekad untuk terlalu dekat ke goa ini, demi menghindari gigitan kelelawar.  Juga licinnya karang-karang yang berada di sekitar mulut goa.

Pesona Memikat di Pantai Rancabuaya Garut
Air Terjun yang Langsung Menghadap ke Laut

Traveler yang datang ke pantai ini akan menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan. Dengan pasir putihnya yang begitu lembut ini, memanjakan kaki saat melangkah di atas pasir.   Begitu juga dengan ombaknya yang berdebur sangat tenang, memberi kenyaman saat bermain-main di laut.  Air lautnya yang begitu jernih, bahkan tampak berwarna biru, hijau, dan putih, sungguh membuat siapapun yang datang ke pantai ini merasa begitu menikmati.  Selain hiking dan trekking sepanjang kawasan pantai serta bermain air di sepanjang pantai, Traveler juga dapat menikmati panorama alam laut dengan menaiki perahu. Melihat dan menyaksikan langsung batas pantai ini dengan Samudera Hindia dari dekat, merupakan satu pengalaman yang sangat seru dan mengasykkan.

Hampir di setiap pantai, selalu menghadirkan sunset yang begitu eksotis nan romantis.  Begitu juga di Pantai Rancabuaya ini.  Menjelang senja, Traveler akan terpesona penuh takjub dengan perjalanan sang surya yang siap menuju perut bumi.  Suasana alam pun bagaikan magic, cerahnya langit pun tergantikan dengan romatisme jingga yang begitu indah.  Perlahan tapi pasti, matahari pun siap ditelan lautan luas.

Pesona Memikat di Pantai Rancabuaya Garut
Sunrise nan indah di Pantai Rancabuaya, Photo by @hsnd_

Ingin menikmati senja nan eksotis ini?  Sebaiknya Traveler berkemah disini.  Selain sunset, keindahan sunrise pun dapat dirasakan.  Meskipun tidak disediakan persewaan berkemah, namun Traveler yang memang ingin kemping di kawasan ini, diperbolehkan oleh pihak pengelola.  Bonusnya, suasana matahari terbit yang begitu cantik dengan keindahan langit pagi yang berwarna merah, siap menjadi santapan pembuka hari.

Untuk mencapai ke Pantai Rancabuaya ini, sebaiknya Traveler menggunakan kendaraan pribadi, karena jarak yang ditempuh cukup jauh, sekitar 100 kilometer dari pusat Kota Garut, dengan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Lokasi pantai ini dekat dengan jalur utama Trans Jawa Barat serta jalan raya Rancabuaya, sehingga keberadaan pantai ini sangat mudah ditemui.(Andrini)