Pantai Santolo, Surga Tersembunyi di Selatan Garut

Pantai Primadona Warga Sekitar

Pantai Santolo, Surga Tersembunyi di Selatan Garut
Mencari Ketenangan di Pantai Santolo, Photo by @myjourneymharina

Salah satu pantai primadona di Garut yang banyak didatangi wisatawan adalah Pantai Santolo.  Pantai yang menyajikan keindahan hamparan luas pasir putihnya nan lembut, bersih dan sangat rapi, sehingga suasana alaminya sangat terasa.  Udara pantai ini cukup sejuk karena lingkungan pantai dikelilingi deretan perbukitan hijau.  Tak heran, Pantai Santolo kerap dijuluki surga tersembunyi di sudut selatan Garut.

Pantai Santolo, Surga Tersembunyi di Selatan Garut
Hamparan pasir pantainya sangat luas

Suasana pantai yang tenang dengan semilir angin pantai yang menyejukan, membuat siapapun yang berlibur ke pantai ini benar-benar dapat menikmati liburan yang sesungguhnya. Traveler pun dapat beristirahat dengan santaim tenang dan nyaman sambil menikmati suasana pantai yang menentramkan ini.  Hamparan bebatuan panjang berkolaborasi dengan jejeran perahu-perahu nelayan yang berbaris, menciptakan keindahan pada salah satu sudut Pantai Santolo ini. Sangat pas untuk dijadikan latar photo.

Lokasi Pantai Santolo masuk dalam garis pantai selatan, menciptakan pantai ini mewarisi ombak yang cukup ganas, merupakan ciri khas pantai-pantai di selatan Jawa.  Namun demikian, bukan berarti Traveler tidak dapat berenang ke laut.  Tepi pantai masih menjadi kawasan yang aman untuk menikmati sentuhan air laut ini, meskipun tetap harus ekstra hati-hati.  Seain itu, pantai yang berada di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet ini juga menawarkan keseruan lainnya, menaiki banana boat, berperahu ke pulau-pulau sekitar, atau memancing ikan.

Pantai Santolo, Surga Tersembunyi di Selatan Garut
Sunset nan eksotis di Pantai Santolo, Photo by @AsepAbdulRahman

Dari Pantai Santolo, terlihat suguhan pemandangan menakjubkan hamparan atol seluas 35 hektar. Gugusan karang hitam setinggi tiga meter itu disebut sebagai Karang Kukus, namun bagi warga sekitar, hamparan karang atol ini disebut sebagai Pulau Santolo.  Sisi-sisi daratannya tampak genangan air laut, yang memisahkan daratan utama, hal inilah yang dikatakan sebagai Pulau Santolo.   Batu karang yang tampak menonjol ini, selintas menyerupai Tanah Lot Bali.

Deburan ombak yang saat mendekati bibir pantai tidak terlalu besar, hal ini dikarenakan pantai ini memiliki karang dan laut yang surut. Sehingga membuat ombaknya tertahan di tengah, tidak sampai ke bibir pantai.

Pantai Santolo, Surga Tersembunyi di Selatan Garut
Sudut keindahan lain di pantai Santolo, Photo by @_ahal_

Masuk lebih jauh ke kawasan pantai, Traveler harus menyeberang dengan menggunakan perahu nelayan. Pantai Santolo adalah bagian dari perkampungan nelayan, sehingga mudah menemukan perahu yang dapat disewakan.  Pantai Santolo juga memiliki dermaga yang dibuat sejak masa kolonial Belanda sepanjang sekitar 100 meter. Di dermaga ini terdapat sebuah jembatan gantung, yang menghubungi Pulau Santolo dengan Pulau Curugan. Serunya lagi, tempat ini sangat indah dan keren untuk jadi lokasi berswaphoto serta tempat aktivitas memancing bagi wisatawan.(Adhit)