3 Objek Wisata di Cirebon Yang Makin Asyik!

Objek Wisatanya Sangat Memikat

3 Objek Wisata di Cirebon Yang Makin Asyik!
Objek Wisata Ade Irma Suryani Waterland yang unik

Berlibur ke Kota Cirebon, siapkan waktu yang cukup panjang.  Karena Traveler akan menikmati banyak sajian objek wisatanya yang begitu menakjubkan dan memikat hati.  Kemasan paket wisata ini akan membuat wisatawan yang datang akan terpuaskan dan berbuntut ingin kembali lagi mengulang keseruan di Cirebon ini!

Berikut ini, tiga objek wisata di Cirebon yang makin asyik dan seru untuk disambangi.  Apasaja, yuk disimak!

Danau Setu Patok

Berlibur ke Cirebon, jangan lupa masukkan dalam list kunjungan Danau Setu Patok.  Danau Setu Patok menyajikan panorama nan indah yang begitu memikat, yang membuat banyak wisatawan sering kembali mengunjungi wisata ini.

Berlokasi di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, kabupaten Cirebon, Danau Setupatok merupakan danau buatan yang dibuat sejak zaman penjajahan Belanda.  Awalnya danau ini terbentuk dengan membendung aliran sungai, sebagai sarana pengairan pertanian wilayah setempat, yang sebelumnya selalu mengandalkan sistem tadah hujan.

3 Objek Wisata di Cirebon Yang Makin Asyik!
Sunset di Danau Setu Patok, Photo by @DanauSetuPatok

Lokasi iitu juga merupakan area pemukiman penduduk yang kerap kebanjiran. Sayangnya, saat tempat ini digenangi, ada beberapa situs sejarah dan dua goa yang akhirnya turut terbenam air juga.  Hanya ada satu dataran yang tidak tenggelam, dan lokasinya tepat di tengah-tengah danau, terkesan seperti sebuah pulau.  Warga setempat pun menyebutnya Situ Gunung.  Dan keberadaan ‘pulau’ ini malah menambah keindahan pemandangan disini.

Akses menuju lokasi hanya memakan waktu sekitar 20 menit perjalanan dengan kendaraan dari Kota Cirebon.  Dengan melalui jalur Perumnas Argasunya dan bisa pula melewati jalan Pantura Mundu.

Kawasan Danau Setu Patok juga menjadi pilihan asyik untuk menikmati sunset.   Traveler akan puas dengan pandangan yang luas tanpa terhalang, sehingga saat menikmati penampakan matahari yang tenggelam di balik Gunung Ciremai, menjadi keindahan yang begitu menakjubkan.

Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang berlokasi di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kira-kira satu kilometer dari jalan alternative Cirebon-Majalengka. Desa wisata ini merupakan salah satu desa terbesar yang berada dalam wilayah Cirebon yang berada di kaki Gunung Ciremai.  Di kawasan wisata ini, Traveler dapat menikmati keindahan sebuah danau besar yang dikelilingi barisan pepohonan hijau serta udara yang menyejukkan, yaitu Telaga Remis.

Udaranya yang sejuk bahkan cenderung dingin, tidak membuat keramahan warga masyarakatnya berkurang.  Pendatang yang berlibur ke desa wisata ini selalu disambut dengan penuh keramahan.  Dengan panorama indahnya hamparan sawah, berpadu dengan rumah-rumah penduduk yang teratur rapi serta lingkungan yang sangat bersih, menciptakan suasana desa yang begitu memikat dan membuat wisatawan pun betah berlama-lama menikmati lingkungan desa wisata ini.

3 Objek Wisata di Cirebon Yang Makin Asyik!
Telaga Remis, sa;ah satu andalan di Wisata Desa Cikalahang, Photo by @megawati_agung

Desa Wisata Cikalahang terkenal dengan ikan bakarnya yang sangat lezat, tak heran di desa ini juga banyak menyediakan resto-resto ikan bakar. Deretan resto ini pun banyak menawarkan berbagai macam suasana dan konsep dapat yang bisa dipilih sesuai keinginan.   Juga ada resto yang mengemas sekaligus penginapan, sehingga Traveler yang datang tidak pusing-pusing lagi mencari penginapan yang setara dengan standar cottage.

Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland bukan sekedar kolam renang semata, namun sajian wisatanya juga menyajikan penginapan dengan banyak cottage yang dimanjakan dengan pemandangan alam yang cantik dan mempesona. Destinasi wisata air di Cirebon yang berlokasi di tepi pantai utara Cirebon ini, tepatnya di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, menampilkan bangunan yang sangat unik.  Pemandangan yang mengagumkan ini juga membuat banyak wisatawan yang berburu kenikmatan alam ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Cirebon.

3 Objek Wisata di Cirebon Yang Makin Asyik!
Suasana yang instagramable di Ade Irma Suryani Waterland

Kehadiran pondok ikonik seperti yang terdapat di Dusun Bambu Lembang serta restoran yang unik bergaya kapal laut, menjadi daya tarik kawasan ini.  Kehadiran cottage-cottage ini dapat menjadi latar photo, sehingga Traveler penyuka selfi akan terpuaskan mendapatkan hasil gambar yang unik dan cantik.  Kawasan ini pun juga menjadi spot hunting photo terbaik di Kota Cirebon.

Waterland Ade Irma Suryani ini memiliki tiga kolam yang letaknya tak terlalu jauh dari pintu masuk, yakni waterboom yang diperuntukkan anak anak, juga ada kolam arus anak maupun dewasa, serta kolam renang olympic yang memiliki kedalaman 1,5 meter.(Hendrarto)