Brandenburg Gate dan Sejarah yang Mengelilinginya

Simbol Perdamaian

Brandenburg Gate dan Sejarah yang Mengelilinginya
Spot Wisata di Jerman yang wajib disambangi

Brandenburg Gate adalah pintu gerbang kota bertahan di Berlin yang juga merupakan simbol utama yang melambangkan penyatuan kembali Berlin Timur dan Barat. Gerbang masuk kota Brandenburg an der Havel, atau yang kerap disebut kota Brandenburg ini, dibangun pada abad ke-18.  Nama asli Gerbang Brandenburg adalah Friedenstor atau Gerbang Perdamaian. Gerbang ini berada paling barat kota Berlin dan memiliki sejarah yang panjang dan unik.

Gerbang Brandenburg merupakan monumen neoklasik yang dibangun atas perintah raja Prusia Friedrich Wilhelm II pada tahun 1764, setelah pemulihan ketertiban sementara selama Revolusi Batavia.  Menjadi pintu masuk monumental ke Unter den Linden, yang di sepanjang jalan utamanya ditumbuhi pepohonan linden yang mengarah langsung ke Istana Kota kerajaan para raja Prusia, yaitu Berlin City Palace.

Brandenburg Gate dan Sejarah yang Mengelilinginya
Patung Quadriga, Lambang Victoria

Brandenburg Gate juga merupakan salah satu landmark paling terkenal di Jerman, yang terletak di sebelah barat alun-alun Pariser Platz, persimpangan Unter Den Linden serta Eberstasse.  Gerbang yang cukup unik ini, dibangun oleh arsitek Carl Gotthard Langhans, terinspirasi oleh pintu gerbang Akropolis di Athena Yunani.  Sebagai pelambang Brandenburg Gate, didirikanlah sebuah patung Quadriga, yaitu patung yang menggambarkan kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda yang dikendarai oleh dewi perdamaian Yunani bernama Eirene. Patung ini dibuat oleh pematung Johann Gottfrued Schadow pada tahun 1793.

Gerbang ini juga menjadi saksi peperanan seperti saat Napoleon menang perang memasuki Berlin pada tahun 1806.  Karena menang perang, Napoleon merampas Patung Quadriga ini dan dibawa ke Paris.  Namun, begitu berikutnya Napoleon mengalami kekalahan, Patung Quadriga ini pun kembali ditempatkan ke Berlin pada tahun 1814 dan didesain ulang oleh Karl Friedrich Schinkel menjadi lambang victoria, yaitu dewi kemenangan dengan memegang simbol salib dan elang Prusia.

Gerbang Brandenburg ini memang menyimpan banyak sejarah dan saksi berbagai kegiatan penting dalam sejarah Jerman. Disini juga pernah menjadi saksi, saat Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan berpidato, mendesak Presiden Uni Soviet untuk segera meruntuhkan Tembok Berlin guna menyatukan Jerman.

Brandenburg Gate dan Sejarah yang Mengelilinginya
Landmark paling terkenal di Jerman

Saat ini, Brandenburg Gate menjadi salah satu spot penting yang wajib disambangi jika Traveler berkunjung ke Jerman.  Bahkan, seluruh wisatawan dari berbagai belahan dunia yang datang ke Jerman, pasti selalu berusaha menyempatkan diri berkunjung ke gerbang perdamaian ini.  Banyak keseruan yang di dapat selain berfoto bersama mengabadikan tempat ini.  Angkutan kendaraan kereta kuda yang zaman dahulu menjadi kendaraan operasional, di kawasan gerbang ini masih berkeliling membawa para wisatawan mengelilingi Bradenburg Gate.  Traveler juga dapat menikmati live music yang dibawakan oleh musisi jalanan, dan serunya lagi, masih banyak orang-orang yang berlalu lalang disana mengenakan seragam tentara Jerman.  Terasa sedang menciptakan nuansa era tempo dulu.(Niel)