Menikmati Pelangi di Air Terjun Lembah Pelangi

Pelangi dan Air Hangat Menjadi Keunikan Tersendiri

Menikmati Pelangi di Air Terjun Lembah Pelangi
Pelangi muncul tepat di bawah air jatuh, Photo by @abudlkadir.a

Air Terjun Lembah Pelangi adalah salah satu tempat wisata yang berada di Lampung yang memiliki ketinggian air jatuh sekitar 90 meter.  Air Terjun Lembah Pelangi terdiri dari tiga aliran air terjun, dengan posisi air terjun utama terletak pada bagian paling atas.  Sementara itu, kedua air terjun lainnya berada tepat dibawahnya, yang memiliki jarak sekitar 50 meter, melanjuti dari aliran air terjun utama yang terbagi menjadi dua aliran air terjun.  Akses menuju air terjun pada dua air terjun  kedua ini lebih curam namun memiliki pemandangan yang menakjubkan.  Traveler harus ekstra hati-hati ketika menuju ke air terjun kedua ini.

Menikmati Pelangi di Air Terjun Lembah Pelangi
Terdapat Air Hangat untuk rileksasi, Photo by @bg_lpgkece

Beberapa keunikan yang dapat dinikmati di kawasan air terjun ini, seperti indahnya pelangi yang terbentuk dari percikan air terjun.  Pelangi dapat Traveler nikmati saat sinar matahari terik.  Tak heran, banyak wisatawan yang datang kesini berharap dapat terpuaskan dengan bisa menikmati pelangi di Air Terjun Lembah Pelangi ini.  Pemandangan pelangi ini dapat dinikmati dari jarak sekitar 30 meter.  Itulah kenapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Lembah Pelangi, karena seringkali pelangi muncul di kawasan air terjun ini.  Pelangi timbul  akibat dari pembiasan yang terjadi antara pantulan air terjun yang terkena bebatuan dan sinar matahari, juga merupakan pantulan dari sinar matahari yang terkena percikan air terjun.

Traveler yang sudah bersusah payah berjalan untuk mencapai lokasi Air Terjun Lembah Pelangi ini, merasa terpuaskan begitu sampai di hadapan air terjun ini.  Melihat air terjun yang menjulang tinggi di antara perbukitan yang hijau serta derasnya suara tumpahan air, menjadi sensasi keindahan tersendiri yang memanggil jiwa untuk menikmati suguhan keajaiban alam ini.  Berbalut udara sekitar yang menyegarkan serta air yang sangat jernih,  terlebih hempasan air yang terbawa angin membuat diri merasakan sejuknya lokasi hutan ini.  Yah, Air terjun Lembah Pelangi ini sangat indah dan jadi rekomendasi bagi Traveler pecinta wisata alam.

Menikmati Pelangi di Air Terjun Lembah Pelangi
Dikelilingi Hijaunya Pepohonan menambah indah suasana

Ada keistimewaan dan keunikan tersendiri dari Air Terjun Lembah Pelangi ini.  Pada umumnya, air terjun memiliki suhu udara yang cukup dingin.  Namun hal ini sangat berbeda pada Air Terjun Lembah Pelangi yang memiliki suhu udara pada air terjunnya cukup hangat.  Air hangat tercipta lantaran di antara bebatuan besar yang berada di bawah air terjun ini, terdapat titik-titik sumber mata air panas yang bisa digunakan untuk berendam.   Air hangat ini dapat Traveler nikmati pada air terjun bagian bawah, karena disana terdapat sumber air panas. Air terjun yang di bawah ini disebut juga air terjun panas yang airnya hangat tanpa berbau belerang. Tak heran, Traveler yang merasa sangat lelah saat melakukan perjalalan menuju air terjun ini, saat disuguhkan air hangat ini, seketika langsung merasa nyaman di badan.  Konon,  sumber air hangat ini dipercaya bisa mengobati penyakit dan merileksasi tubuh yang lelah.

Menikmati Pelangi di Air Terjun Lembah Pelangi
Sensasi yang begitu memikat di Air Terjun Lembah Pelangi

Berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Air Terjun Lembah Pelangi berjarak sekitar 119 kilometer dengan waktu tempuh normal sekitar 4 jam perjalanan.  Awalnya, air terjun ini bernama Air Terjun Pondok Rejo, tapi belakangan warga sekitar sepakat menyebutnya Air Terjun Lembah Pelangi, sesuai dengan kondisinya yang kerap menyajikan keindahan pelangi.(Puteri)