Pesona Pantai Buron & Gesing, yang Dikelilingi Tebing Tinggi

Harus ekstra hati-hati karena areanya cukup berbahaya dan ombaknya besar-besar serta terdapat banyak karang tajam di sekitarnya.

foto by oke

Terdapat sebuah taman alami yang melingkar mengelilingi bukit batuan karang yang menghubungkan antara pantai Buron dan pantai Gesing. Tidak seperti pada pantai-pantai umumnya yang mempunyai pasir putih yang luas dan bisa bermain-main di atasnya. Pantai Buron merupakan pantai yang terdiri dari batu karang dan terletak di atas ketinggian, hanya ada sedikit bagian pasir putih, traveler pun harus turun ke bawah. Tapi harus ekstra hati-hati karena areanya cukup berbahaya dan ombaknya besar-besar serta terdapat banyak karang tajam di sekitarnya.

foto by buges

Cara menikmati pantai Buron yang lebih aman, cukup melihat deburan ombak dan batu karang dari atas ketinggian. Di atas ketinggian karang itulah terdapat sejumlah rest area, parkiran kendaraan serta beberapa lapak kuliner yang siap memanjakan isi perut traveler. Saat sore hari, kita bisa menikmati panorama pantai Buron dengan cahaya matahari senjanya yang menembus celah-celah dahan pohon cemara laut, yang berada di pinggir-pinggir tebing bebatuan karang.

Traveler juga bisa berjalan di atas karang dari pantai Buron mengelilingi bebatuan besar yang tersusun rapi di tebing pantai. Dari tebing yang eksotis inilah, sore hari mulai nampak ombak biru laut hingga kekuningan, juga tiupan angin dan panorama alam lainnya bisa terlihat jelas dari gazebo yang dibangun diatas karang pantai Buron.

foto by oke

Mengikuti jalan setapak yang berada di atas bukit karang tersebut akan tembus di pantai sebelah timur pantai Buron, yaitu pantai Gesing. Dari atas ketinggian bukit, pantai Gesing tampak seperti teluk, di mana banyak perahu-perahu nelayan bersandar di atas pasir pantai yang berwarna putih. Di pantai Gesing pula kita bisa bermain air dan berenang, karena ombaknya jauh lebih tenang. Di karenakan pantai Gesing berada di sebuah teluk yang menjorok ke daratan, jadi ombaknya cukup aman.

Lokasinya berada di Bolang Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yang bisa ditempuh kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Beberapa fasilitas sudah lengkap untuk menunjang traveler yang berkunjung ke kedua pantai tersebut, di antaranya seperti warung makan, mushola, toilet bahkan sudah ada homestay.(DT)