Pesona Pulau Belanding yang Memanjakan Mata

Ada banyak aktifitas yang bisa traveler lakukan di sini.

Pulau Belanding
Pulau Belanding, photo by hasbibrech

Keindahan Pulau Belanding, memang tidak bisa dipungkiri lagi. Pulau ini letaknya berada di Selat Laboh, Desa Pena’ah, Kecamatan Senayang, Kepulauan Riau. Untuk menuju ke lokasi ini tidak terlalu sulit, traveler harus ke palabuhan yang ada di Riau kemudian menyewa kapal untuk menyebrang selama 30 menit perjalanan.

Pulau Belanding
Photo by nurwahyunii29

Pulau Belanding mempunyai luas sekitar 1.000 m2, dan serunya pulau ini dikelilingi pulau-pulau kecil sehingga menambah keindahan panorama alamnya. Pulau ini belum menjadi tempat wisata resmi, hanya penduduk setempat yang merawatnya, akan tetapi karena keindahan yang dimilikinya sangat mengagumkan dan mampu menarik minat wisatawan.

Jangan khawatir tersesat dan merasa asing di Pulau Belanding. Kehangatan dan keramahan penduduk setempat, salah satu penghibur untuk para Traveler yang datang ke pulau ini. Bahkan, Traveler juga bisa meminta bantuan penduduk setempat jika ingin ditemani selama berlibur di Pulau Belanding. Mereka dengan senang hati akan menemani Traveler untuk melihat keindahan pulau ini dan menceritakan kisah-kisah menarik yang pernah dialami di Pulau Belanding.

Pulau Belanding
Pulau Belanding, photo by nondoqyu

Ada banyak aktifitas yang bisa traveler lakukan di sini. Misalnya seperti bermain, berjalan-jalan, berenang di bentangan laut yang mempunyai air berwarna biru, kemudian menyelam melihat kekayaan ekosistem bawah lautnya. Bisa juga bersantai-santai menikmati semilir angin dan melihat perbukitan hijau yang berbaris rapih, bermalam mendirikan tenda menikmati indahnya malam hari di Pulau Belanding bersama teman-teman.

Pulau Belanding
Pulau Belanding, photo by nondoqyu

Fasilitas yang ada di sini tidak banyak, karena memang lokasinya jauh dari pusat kota dan belum dikelola secara resmi. Jadi harus membawa segala peralatan dan kebutuhannya dari rumah. Selain itu tidak ada biaya tiket masuk, tetapi ada baiknya berkontribusi kepada pulau ini sebagai balasan atas panoramanya.

Hal yang patut dicontoh dari pulau ini adalah, setiap bulannya penduduk setempat mengadakan agenda rutin bekerja bakti gotong royong, untuk menbersihkan sampah, merawat, melestarikan, dan memperindah Pulau Belanding.

Agenda tersebut sudah dilakukan sudah sejak lama. Traveler juga bisa ikut kegiatan tersebut bersama penduduk setempat untuk merawat, membersihkan dan melestarikan Pulau Belanding. Hal ini bertujuan supaya Pulau Belanding tetap menarik minat untuk dikunjungi. (AS/IPG)