Pesona Sungai yang Diapit Dinding Purba

Sungai ini berbeda dari sungai lainnya, karena diapit oleh dua dinding purba. Dinding-dinding purba di sungai Kalinanas sangat eksostis dan masih alami.

photo by infodesanews

Salah satu destinasi yang tidak boleh traveler lewatkan ketika berkunjung ke Blora adalah menikmati keindahan Sungai Kalinanas. Sungai ini berbeda dari sungai lainnya, karena diapit oleh dua dinding purba. Dinding-dinding purba di sungai Kalinanas sangat eksostis dan masih alami. Dinding tersebut terbentuk secara alami karena kikisan air sungai yang terjadi selama jutaan tahun. Yah, dinding Sungai Purba Kalinanas itu punya nilai geologi yang cukup tinggi. Terbentuknya melalui proses alami sejak jutaan tahun lalu ini, dan menghasilkan dinding sungai yang berelief unik, keren sehingga patut dijaga kelangsungannya.

photo by tripzilla

Formasi yang dihasilkan dari dinding sungai Kalinanas juga menunjukkan jejak sungai purba. Sehingga, banyak yang menyebutnya sebagai Sungai Purba Japah. Di tempat ini, traveler bisa menikmati keindahan dinding sungai Kalinanas. Tak heran saat ini dinding tersebut menjadi salah satu tempat paling diburu di Blora untuk dijadikan sebagai spot foto.

Selain itu, Traveler juga bisa menikmati keindahan air Sungai Kalinanas yang berwarna hijau kebiruan. Ini yang mengakibatkan banyak juga pengunjung yang berendam di sungai ini, menikmati segar dan tenangnya air sungai. Sungai Kalinanas berada di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Untuk menuju sungai purba Kalinanas, traveler bisa berangkat dari Blora dengan jarak tempuh sekitar 40 menit.(DT)