Pesona Tana Toraja

Toraja punya deretan situs bersejarah yang menyita perhatian turis domestik maupun mancanegara, mulai dari kuburan di tebing batu sampai rumah adat berusia ratusan tahun. Jika datang di waktu yang tepat, mungkin anda juga bisa menyaksikan upacara pemakaman adat Rambu Solo yang sarat dengan kesan mistis.

Yuk, berkunjung ke Tana Toraja dan nikmati eksotisme budaya di sana. Anda pasti mendapatkan pengalaman yang luar biasa!

Kete Kesu

Pedesaan yang tidak anda temukan di wilayah Indonesia lainnya! Yah, di Kete Kesu ini, mata anda dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri. Selain itu, ada kompleks rumah adat Toraja yang dikenal dengan Tongkonan. Rumah ini digunakan untuk menyimpan mayat sanak keluarga yang meninggal sebelum dikebumikan.

Londa

Jika menginjak Tana Toraja, tak sah rasanya kalau belum berkunjung ke Londa. Berlokasi di Desai Sandan Uai, daerah Londa memiliki udara yang sangat sejuk khasnya pegunungan. Namun, di sepanjang tebing-tebing disana, banyak lubang yang sengaja di pahat. Lubang-lubang ini dijadikan untuk menyimpan mayat-mayat. Karena sudah berumur ratusan tahun, kebanyakan sudah berbentuk tulang belulang.

Di bibir tebing, ada jajaran patung berbentuk manusia. Patung-patung tersebut merupakan replika dari tiap jenazah yang dimakamkan di Londa. Konon, semakin lama usia patung tersebut akan semakin menyerupai wujud manusianya, lho!

Batu Tumonga

Letak Toraja yang berada di dataran tinggi membuat wilayah ini memiliki banyak spot wisata yang dijuluki ‘negeri di atas awan’. Salah satu di antaranya adalah Batu Tumonga. Di sini anda bisa menyaksikan pemandangan alam kota Rantepao dari ketinggian hampir 1300 mdpl. Waaah,.. dijamin Anda pasti betah berlama-lama di atas sana menikmati pemandangan yang indah! Sungguh panorama yang luar biasa menakjubkan, yang anda saksikan disana.