Pulau Hoga, Destinasi Indah di Wakatobi

Pulau Hoga menjadi salah satu destinasi favorit di kawasan Taman Nasional Wakatobi, karena pemandangannya yang luar biasa indah.

Salah satu destinasi wisata yang bisa memberi ketenangan adalah Pulau Hoga yang terletak di dalam wilayah Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Pulau Hoga menjadi salah satu destinasi favorit di kawasan Taman Nasional Wakatobi, karena pemandangannya yang luar biasa indah. Di pulau ini, traveler akan disuguhkan suasana pulau yang tenang dan jauh dari keramaian namun pemandangannya sangat eksotis.

Pulau ini semakin terlihat cantik dengan jajaran pohon kelapa dan hamparan pasir putih yang menyelimuti pantainya. Traveler bisa bersantai sambil ditemani hembusan angin laut dan deburan ombak. Selain bersantai, Pulau Hoga juga merupakan tempat yang cocok untuk diving dan snorkeling. Traveler bisa menikmati pemandangan bawah laut dan melihat berbagai spesies koral yang langka.

photo by wonderfull nusantara
photo by wonderfull nusantara

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Hoga adalah sekitar bulan April hingga Juni atau pada bulan Oktober hingga Desember. Jika beruntung, traveler juga dapat melihat atraksi penyu bertelur di pesisir pantainya. Jika berencana untuk menginap, di Pulau Hoga sudah terdapat banyak jenis penginapan ataupun homestay yang nyaman. Hampir semua jenis penginapannya terbuat dari bahan dasar kayu yang menyajikan suasana rumah khas daerah pantai.

Pulau Hoga terletak di sebelah timur Pulau Kaledupa. Jika ingin mencapai pulau ini, traveler bisa berangkat dari Kendari atau Bau-Bau dan menyebrang menuju Pulau Hoga. Traveler juga dapat menyewa speedboat dari dermaga di Wanci, Kabupaten Wakatobi dengan biaya sewa sekitar Rp 150.000,00 dalam waktu tempuh sekitar 2 jam.(DT)