Pulau Maratua, Wisata Bahari yang Bikin Betah

Maldives-nya Indonesia

Wisata Pulau Maratua, media pvk group, umi kalsum, indonesiatraveler.id

Indonesia memang juaranya destinasi bahari. Dari Sabang hingga Merauke, banyak tersembunyi surga laut yang sangat sayang jika dilewatkan. Seperti salah satu pulau yang dijuluki sebagai Maldives-nya Indonesia ini.  Pulau Maratua, salah satu pulau di gugus Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk menuju ke sini, Traveler dapat mengambil rute melalui Tarakan, Tanjung Batu, atau via Tanjung Redep dengan menggunanakn speedboat. Ada juga penerbangan langsung dari Balikpapan menuju Maratua.

Wisata Pulau Maratua
Fasilitas Penginapannya Skala Internasional, Photo by PhinemoDotCom

Meskipun merupakan pulau terluar Indonesia, fasilitas resort dan cottage yang ditawarkan di sini memiliki standar internasional. Disa memilih menginap di kamar pinggir pantai, atau kamar mengapung di tengah laut.  Jika ingin lebih hemat, bisa memilih homestay yang banyak disediakan oleh penduduk.

Keindahan laut, ditambah alam yang masih asri serta fasilitas yang lengkap membuat Pulau Maratua popular di kalangan wisatawan mancanegara.  Banyak spot diving yang kece yang akan menemani liburan di pulau ini. Spot-spot diving yang dihuni oleh berbagai hewan laut ini memiliki primadonanya masing-masing. Misalnya Jetty Dive yang menawarkan pemandangan laut beserta beragam penghuninya, seperti terumbu karang raksasa, gurita biru, ikan buaya, ikan mandarin, dan harlequin.

Pengalaman bersenda gurau bersama penyu-penyu yang lucu, bisa didapatkan di spot diving Turtle Traffic. Jika beruntung, Traveler akan bertemu dengan Hawksbill Turtle. Wah, seru memang!  Apalagi dapat bertemu dengan Hiu Thresher, Nurse Shark, hawkfish atau ikan pari yang akan Traveler dapati di spot diving Mid Reef.  Di spot Eel Garden, Traveler tidak hanya menemui belut laut yang bermain di balik terumbu karang, tapi juga ada sekumpulan barakuda dan ikan tuna spanyol. Jika ingin melihat jajaran terumbu karang yang indah, menyelamlah di Hanging Garden atau Cabbage Garden. Cabbage Garden merupakan spot paling aman bagi para divers pemula.

Wisata Pulau Maratua
Berenang Bersama, Photo by PhinemoDotCom

Untuk para divers berpengalaman yang ingin merasakan sensasi lebih menantang, Pulau Maratua menawarkan satu spot diving yang ekstrem, yaitu The Channel. Di sini, pengalaman yang sangat spektakuler akan dapat ditemui, yaitu bertemu dengan hiu martil, hiu moncong putih, hingga hiu abu-abu.

Belum mengantongi sertifkat diving? Tenang, Traveler masih bisa bertemu Clownfish dan penyu di perairan dangkal Pulau Martua atau di dermaga, sehinga bagi yang belum punya sertifikat diving masih bisa merasakan diving ‘tipis-tipis’ yah!

Selain spot diving yang lengkap serta penginapan yang bikin betah, Pulau Martua juga menyimpan pesona lainnya yaitu Goa Haji Mangku. Untuk menuju lokasi ini, Traveler perlu naik speedboat atau perahu sekitar 15-20 menit dilanjutkan dengan menyusuri jalur trekking.

Isata Pulau Maratua
Danau Haji Mangku

Goa ini terbilang unik dan eksotis, karena tidak hanya disuguhi dengan lobang di tebing, melainkan goa dengan danau air payau yang biru dan tenang. Snorkeling atau sekedar berenang di airnya yang dingin akan membuat pikiran kembali menjadi fresh.

Menikmati dan mengeksplorasi pesona Pulau Maratua memang tak cukup waktu sehari. So, siapkan hari-hari free dan bertualang di Maldives-nya Indonesia ini!(Nita)