Pulau Memperak, Keindahan Nyata di Belitung Timur

Salah satu pulau yang wajib untuk dikunjungi

Belitung, Pulau Memperak
Belitung, Pulau Memperak

Sejak film Laskar Pelangi hits, Belitung pun langsung menjadi sorotan. Termasuk wisata alamnya yang selalu memamerkan keindahannya. Yah, pulau-pulau di Belitung begitu indah, salah satunya adalah Pulau Memperak. Nama pulau ini memang tidak begitu familiar seperti Pulau Lengkuas atau Pantai Tanjung Kelayang, namun Pulau Memperak tidak kalah indah dengan pulau lain yang ada di Belitung.

Merupakan salah satu tempat wisata di Belitung yang belum banyak diketahui oleh banyak orang dan para wisatawan, namun untuk kalangan masyarakat Belitung sendiri, Pulau Memperak sudah terkenal dengan sejuta pesonanya. Pulau Memperak berada di Kabupaten Belitung Timur. Tepatnya terletak di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Belitung, Pulau Memperak
Belitung, Pulau Memperak

Pasir putih halus lengkap dengan birunya air laut yang sebening kaca, menghipnotis para pengunjung dengan pesonanya Pulau Memperak ini. Kecantikan dari pantai ini semakin sempurna dengan hiasan pepohonan kelapa yang berjejer di pinggir pantai. Pulau Memperak menyuguhkan keindahan birunya air laut yang agak berwarna kehijau- hijauan, sehingga terlihat jernih dan juga bersih. Hal ini akan membuat mata dan pikiran menjadi segar kembali. Bersantai di pantai sambil memandangi panorama ini saja, sudah membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman.

Selain jernihnya air laut, pemandangan bawah laut di pulau ini juga merupakan satu pemandangan yang indah dan menakjubkan. Itulah mengapa Pulau Memperak ini dikenal sebagai salah satu tempat snorkeling yang selalu dirindukan di kawasan Bangka Belitung.
Keindahan pantai di tempat ini tak perlu diragukan lagi. Air laut di sekitar pulau sangat jernih, pemandangan lautnya juga begitu eksotis. Pulau Memperak tidak hanya menjanjikan panoramanya yang menakjubkan, menyaksikan beragam keunikan terumbu karang serta keindahan bawah laut pulau ini, jadi satu kegiatan diving dan snorkeling yang sangat mengasyikkan.

Belitung, Pulau Memperak
Belitung, Pulau Memperak2\

Tak heran, bagi pecinta pemandangan bawah laut, pulau Memperak ini menjadi nmmmmmmmm. Pasalnya, keindahan bawah laut yang terdiri dari terumbu karang cantik yang masih sangat alami, membuat aneka ragam ikan betah menghiasai terumbu karang di tempat ini. Tak hanya itu saja, batu Granit raksasanya menambah nilai eksotis dari pantai ini.

Untuk mendapatkan snorkling terbaik di pulau ini, Traveler dapat melakukannya di timur, barat dan utara pulau Memperak ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah, banyaknya bulu babi di pulau ini, sehingga jika ingin snorkeling pastikan menggunakan alas kaki. Pada saat menyelam, jarak pandang lautnya kurang lebih 15 meter. Traveler dapat menikmati pemandangan bawah lautnya yang unik, yang banyak ditumbuhi terumbu karang, anemo, spons dan aneka ikan juga hewan laut yang berwarna-warni indah. Surga di bawah laut ini menjadi keasyikkan tersendiri ketika Traveler berada di dalam air dan menikmati semuanya ini.

Belitung, Pulau Memperak
Belitung, Pulau Memperak

Keunikan lainnya yang dapat dinikmati di Pulau Memperak ini adalah, pulau ini juga dijadikan sebagai tempat penyu-penyu yang berada disekitar perairan tersebut bertelur. Jika ingin melihat penyu-penyu tersebut bertelur, datanglah pada saat musim kemarau. Jika beruntung, Traveler dapat menyaksikan bayi penyu yang baru menetas atau biasa disebut dengan tukik. Tukik-tukin ini berlomba-lomba menuju laut dan kemudian tumbuh dewasa. Hingga tiba saatnya bagi mereka kembali ke Pulau Memperak untuk bertelur.

Untuk mencapai Pulau Memperak, ambil rute perjalanan yang dimulai dari Ibukota Manggar. Setelah itu, Traveler bisa menyewa perahu motor dan menempuh perjalanan yang memakan waktu sekitar satu setengah jam. Selama perjalanan ini, Traveler tidak aka merasa bosan, karena dalam perjalanan ini akan disambut dengan panorama Belitung yang cantik, indahnya bukit-bukit kecil di atas laut yang kehijauan serta sejuknya semilir angin yang menerpa wajah dan kehangatan sinar matahari. Sungguh, Pulau Memperak merupakan keindahan nyata di Belitung Timur!(Niel)