Pulau Wayag, The Last Paradise on Earth

Kumpulan Bukit dan Gunung Karst di Tengah Laut

Pulau Wayag - Raja Ampat
Dari Atas Terlihat Seperti jamur-jamur yang muncul di atas laut

Wisata ke Raja Ampat, khususnya menikmati keindahan Kepulauan Wayag, sudah menjadi bucket list para pecinta alam di seluruh dunia.  Di antara semua Pulau di Raja Ampat yang paling terkenal dan menjadi ikon di Raja Ampat adalah Kepulauan Wayag ini. Kepulauan yang memiliki gugusan pulau yang terletak di bagian utara Raja Ampat, Provinsi Papua Barat ini,  menyajikan pemandangan nan eksotis dengan laguna yang berwarna toska serta pulau-pulau kecil batuan karst yang saling mengelilingi, menjadi ciri khas unik dan indah.  Kumpulan bukit dan gunung karst yang berada di tengah laut inilah yang menjadi ikon Raja Ampat.  Keindahan ini sangat menarik dan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi gugusan pulau ini.

Pulau Wayag - Raja Ampat
Panorama antar pulaunya sangat cantik

Pulau Wayag merupakan salah satu pulau yang berada di Kabupaten Raja Ampat yang dikenal dengan atol yang indah dan kehidupan bawah lautnya yang menakjubkan.   Di sini, Traveler dapat menemukan pantai yang masih asli beserta keunikan pulau Karst yang terlihat seperti jamur yang menyembul dari laut.  Tidak butuh waktu lama untuk berkeliling pantai-pantai unik di Pulau Wayag dan juga menikmati ‘jamur-jamur’ yang menyembul dari laut ini. Namun dibutuhkan kondisi fisik yang sangat baik untuk menikmati panorama indah dari atas atol, karena Traveler harus mendaki dinding atol yang curam selama sekitar 30 menit.  Gugusan pulau dan bukit karst akan terlihat dari kejauhan. Pemandangan eksotis inilah yang menjadi ikon legendaris dari Wayag.

Keseruan lainnya adalah dengan menaiki sebuah perahu kecil, lalu menjelajahi antara pulau dalam waktu seharian.  Hal ini menjadi selingan selama menikmati liburan di Wayag selain melakukan kegiatan menyelam, berenang atau bermain bersama hiu.  Hal ini dapat dilakukan dengan menyewa speedboat lalu  melakukan kegiatan mengamati pulau-pulau disekitarnya, kemudian berhenti dan menikmati kesegaran air jernih untuk menyejukkan diri, kemudian berlayar lagi.  Yah, memilih menyewa speedboat sendiri dapat membuat Traveler mengatur sendiri kegiatan-kegiatan apa yang ingin dilakukan.  Atau paddling, yaitu mendayung mengitari antar pulau-pulau kecil sekitar, sungguh menjadi kegiatan yang mengasyikkan di kawasan Kepulauan Wayag.

Pulau Wayag - Raja Ampat
Paddling, salah satu kegiatan seru di Pulau Wayag, photo by @gregorypeterj

Traveler juga dapat menikmati kehidupan bawah laut melalui kegiatan menyelam atau diving dan snorkeling. Menyelam di Pulau Wayag benar-benar sangar mengagumkan.  Kebanyakan yang sudah terjadi, para penyelam merasa kewalahan sendiri karena begitu takjubnya menikmati keindahan pemandangan bawah laut, yang kaya aneka jenis ikan-ikan cantik dan beragam terumbu karang yang mempesona.  Serasa waktu yang ada masih berkurang lantaran hamparan surga bawah laut yang begitu luas ini begitu berat untuk ditinggalkan.

Suasana keindahan alam Kepulauan Wayag memang masih sangat asri dan benar-benar terjaga kelestariannya. Wayag yang masuk dalam Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN), Suaka Alam Perairan (SAP) Waigeo Sebelah Barat ini, memiliki puncak yaang sudah sangat terkenal di penjuru dunia.  Melalui Puncak Wayag, surganya Raja Ampat dapat dinikmati dari atas ketinggian ini.  Tak heran, jika wisatawan asing pun menjuluki kawasan ini sebagai The Last Paradise on Earth, sebagai bukti kekaguman mereka terhadap keindahan alam Raja Ampat ini.

Kepulauan Wayag - Raja Ampat
Memicu adrenalin berenadm bersama hiu-hiu, Photo by @elenabht_

Pulau Wayag terletak di kawasan Waigeo Barat Kepulauan Raja Ampat, sebelah barat laut dari pulau besar Papua.  Menuju ke lokasi ini, Traveler dapat memilih penerbangan ke Sorong (Bandara Dominie Eduard Osok Sorong, Papua Barat), karena Sorong merupakan pintu masuk dan kota terdekat dengan Raja Ampat. Selain melalui perjalanan udara, juga dapat memilih perjalanan lewat laut.  Jika melalui laut, kapal yang akan singgah di Pelabuhan Sorong adalah Dorolonda, Labobar, Gunung Dempo, Sinabung, dan Tatamailau. Begitu sampai di Sorong, Traveler dapat naik fast boat dari Pelabuhan Perikanan Sorong menuju Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar dua hingga empat jam. Lalu dari Waisai perjalanan dilanjutkan ke Wayag melalui long boat yang memakan waktu sekitar delapan jam.(Puteri)