Sajian Khas Menu Makanan Saat Natal Berbagai Negara

Gingerbread Makanan Khas Natal di Semua Negara

Makanan Khas Natal
Gingerbread, Makanan Khas Natal di Banyak Negara

Saat Natal adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Ornamen-ornamen dan keunikan khas natal pun dipasang di setiap sudut rumah.  Selain itu, ada kekhasan lainnya yang kerap hadir dalam perayaan natal.  Yah, saat acara kumpul keluarga biasanya disajikan makanan khas yang dapat menambah semarak perayaan Natal. Dan setiap negara memiliki keunikan dan ciri khas sendiri dalam sajian masakan natalnya.

Berikut ini 6 makanan khas Natal dari berbagai negara yang seru untuk dicoba!

Perancis, La Bûche de Noël

Yule log atau bûche de Noël adalah kue Natal tradisional, biasanya disajikan sebagai makanan penutup menjelang Natal.  Kue ini mirip kue bolu, dibuat dengan campuran cokelat dan mentega. Bentuknya pun dibuat mirip dengan bentuk kayu asli. Dalam perkembangannya, kue ini dimodifikasi dengan berbagai rasa, tiramisu, raspberry mascarpone, krim karamel atau lemon.

Makanan Khas Natal
La Bûche de Noël, Makanan Khas Perancis

La Bûche de Noël adalah makanan penutup yang secara simbolis mewaili Yule Log (kayu yang secara tradisional dibawa ke rumah, disiram anggur, kemudian dibakar pada malam natal). Tradisi Yule Log mulai menghilang pada tahun 1940 yang kemudian digantikan oleh hidangan pencuci mulut ini.  Itulah mengapa La Bûche de Noël mirip dengan balok kayu, terbuat dari kue putih yang digulung dengan isian coklat buttercream dan coklat frosting di atasnya.  Disajikan dengan jamur meringue atau berry.

Jerman, Stollen

Di Jerman, Natal tidak akan lengkap tanpa Stollen, yaitu kue buah dengan manisan dan buah kering, kacang, rempah dengan gula. Stollen telah menjadi hidangan Natal favorit sejak abad pertengahan. Bahkan di Kota Dresden setiap tahun selalu memanggang Stollen raksasa, diarak keliling kota dengan kereta kuda, kemudian dipotong dengan pisau sepanjang 1,6 meter yang beratnya hampir setengah kilo.

Makanan Khas Natal
Stollen, Makanan Khas Natal dari Jerman

Selintas terlihat bahwa permukaan kue ini tidak rata.  Stollen cake adalah roti yang berisi buah, kacang-kacangan, yang dibalur dengan icing sugar di atasnya. Bahan-bahan pembuatan roti klasik Stollen ini antara lain tepung, ragi, susu, gula, telur, mentega, garam dan yang paling khas yaitu kulit lemon.  Stollen cake sangat cocok dikonsumsi dengan wine.

Inggris, Puding Figgy

Puding Figgy merupakan makanan penutup khas Natal di negara Inggris.  Makanan yang dimasak dengan cara dikukus ini terbuat dari suet, telur, molase, rempah, kulit lemon, kulit jeruk, dan buah-buahan kering.  Ada banyak nama untuk menyebut makanan ini. Puding figgy, puding prem, ‘pud’ atau puding natal.  Merupakan  hidangan tradisional utama di Inggris dan menjadi favorit.

Makanan Khas Natal
Puding Figgy khasnya Inggris

Puding Figgy disebut juga Puding Natal atau Puding Plum. Yang menarik dari hidangan ini adalah sebelum disajikan, biasanya puding natal dibakar dengan brendi.

Swedia, Julbord

Negara Swedia dalam merayakan Natal biasanya menyiapkan sajian hidangan prasmanan lengkap yang disebut julbord, secara harfiah berarti meja Natal.   Ada beberapa hidangan standar yang biasanya disajikan dalam tiga hidangan.

Makanan yang disantap antara lain: Kottbular (bakso), Knackebrod (roti kering), Isterband (sosis bakar dari daging babi), Janssons frestelse (kukusan kentang hangat).

Makanan Khas Natal
Julbord sajian Makanan ala Swedia

Penyajian makanan ala Julbord disebut juga makan tiga hidangan. Hidangan pertama biasanya ikan – acar ikan herring. Hidangan kedua, daging natal yang disajikan dengan sosis. Hidangan ketiga, bakso daging dan casserole kentang yang disebut Janssons frestelse.

Italia, Panettone

Italia memiliki banyak makanan tradisional khas Natal, salah satunya Panettone.  Merupakan kue manis dengan isi buah kering, Di beberapa bagian Italia, Natal dirayakan dengan Pesta Tujuh Ikan. Perayaan ini menyajikan tujuh jenis ikan berbeda dan dimasak dengan tujuh cara yang berbeda juga. Selain itu, makanan manis juga menjadi hidangan favorit saat Natal di Italia yaitu kue Panettone ini.

Makanan Khas Natal
Panettone, makanan tradisional dari Italia

Panettone adalah makanan natal khas Italia bagian utara. Kue manis ini terdiri dari isian buah kering, cokelat, kismis, dan kacang-kacangan. Panotttone memiliki tekstur seperti roti, empuk dan lembut di mulut.

Meksiko, Bacalao

Bacalao adalah hidangan yang tidak umum disajikan saat perayaan Natal. Namun, di Meksiko, hidangan ini menjadi makanan khas Natal yang wajib ada. Bacalao dibuat dengan tomat, cabai ancho, bawang, hampir, kentang dan zaitun. Hidangan ini cukup mengenyangkan dan bisa menghangatkan tubuh saat dikonsumsi.

Makanan Khas Natal
Bacalao, Khasnya Makanan Natalan di Meksiko

Makanan khas Natal yang umum dikenal hampir di seluruh negara adalah Gingerbread alias kue jahe. Yah, hampir di setiap negara memiliki resep kue jahe ini.  Hanya saja, bentuk kue jahe khas Natal yang menyerupai bentuk anak-anak yang dihias dengan icing, dipopulerkan oleh negara-negara barat sebagai makanan khas Natal yang disantap saat musim dingin.  Selain gingerbread, makanan khas Natal yang sangat populer di negara-negara benua Eropa dan Amerika adalah Kalkun Panggang.(Raditya)