Selamat Ulang Tahun ke- 493, Jakarta-ku…

Berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya, kali ini perayaan Jakarta diisi dengan kegiatan secara virtual

Sejarah Jakarta
Sejarah Jakarta

Senin, 22 Juni 2020 merupakan hari yang spesial bagi Ibukota Negara Republik Indonesia, DKI Jakarta. Menjadi hari yang spesial karena hari ini usia Jakarta genap memasuki angka 493 tahun. Usia yang lama untuk suatu kota.

Sejarah Jakarta,
Sejarah Jakarta, photo by Indonesiatraveler.id

Berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya, kali ini perayaan Jakarta diisi dengan kegiatan secara virtual. Acara yang berlangsung dari pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore, menyajikan sejumlah rangkaian yang berkaitan dengan Jakarta, seperti tour wisata Kebon Binatang Ragunan, tour museum MH Thamrin, tour Ancol-Seaworld, juga menyajikan makanan khas kerak telor, tarian topeng Betawi dan lainnya. Perbedaan perayaan ulang tahun ini dikarena Indonesia masih sangat prihatin terhadap pandemi Covid-19 yang saat ini sudah memasuki tahap transisi ‘new normal’.

Sejarah Jakarta
Sejarah Jakarta

Sepanjang sejarahnya, nama Ibu Kota telah berganti berulang kali. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia.

Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut pulau Jawa. Nama Jakarta berasal dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung. Lima ratus tahun yang lalu, nama tertua Jakarta adalah Sunda Kelapa. Sunda Kelapa merupakan pelabuhan yang menjadi tempat singgahnya kapal-kapal dari berbagai negara. Saat itu, Sunda Kelapa masih dikuasai oleh Portugis. Namun, Fatahillah yang datang dari Banten berhasil merebut Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527. Tanggal itulah ditetapkan sebagai hari jadi kota Jakarta. Nama Sunda Kelapa pun diganti menjadi Jayakarta yang memiliki arti kemenangan. Fatahilah juga dikenal dengan nama Falatehan.

Sejarah Jakarta
Sejarah Jakarta, photo by Mommyasia

Sayangnya, tahun 1619 Kota Jayakarta berhasil dikuasai oleh Belanda. Lalu nama Jayakarta diganti menjadi Batavia. Ketika Jepang masuk dan menjajah pada tahun 1942, nama Batavia pun diganti menjadi Jakarta. Dan pada tahun 1964, Jakarta memperoleh nama resmi Ibukota Republik Indonesia.

Jakarta
Jakarta di Malam Hari

Saat ini, wajah DKI Jakarta semakin semarak. Gedung-gedung bertingkat saling beradu memamerkan keindahan dan keperkasaannya, jalan-jalan yang semakin panjang dan berlapis, lampu yang menghiasi sejumlah gedung beserta jajaran lampu jalan, tak luput di beberapa sudut Jakarta tertata spot-spot unik yang instagrammable, serta keindahan-keindahan lainnya. Jakarta memang selalu menarik. Jakarta selalu menjadi harapan banyak orang. Dan, Jakarta seringkali dijadikan tolak ukur kesuksesan.

Selamat ulang tahun Ibukota Negaraku, DKI Jakarta….semakin jaya, semakin tertata dan bersih kotanya….(Niel/Berbagai Sumber)