Sensasi Air Terjun Sarasah, Air Terjun Bertingkat

Air Terjun Berundak-Undak

Air Terjun Sarasah
Air Terjun Sarasah, Air terjun berundak-undak

Sensasi menikmati keindahan Air Terjun Sarasah, benar-benar luar biasa menakjubkan! Bagaimana tidak,  keindahan air terjun ini tidak diragukan lagi.  Traveler dapat melihat dan menikmati air terjun yang mempunyai dua tingkatan dimana masing-masing tingkatan tersebut mempunyai jalur tersendiri. Tingkat pertama air meluncur di bebatuan yang tersusun rapi seperti piramida, berundak undak dengan ketinggian sekitar 15 meter. Undakan tersebut terjadi secara alami. Traveler dapat menaiki setiap undakan air terjun karena sisi kanan dan kirinya bisa ditapaki.  Namun tetap harus hati-hati karena kondisinya agak licin.

Air Terjun Sarasah
Menikmati Keindahan Air Terjun Sarasah, Photo by @christigorra

Tingkatan kedua, air meluncur dari alur sungai yang menyempit dari ketinggian sekitar 25 meter.  Dari dua tingkat ini saja, jatuhnya air begitu cantik dan mempesona. Keindahan panorama air terjun ini semakin sempurna dengan berbaurnya pepohonan hijau disekeliling air terjun.  Udara sejuk nan alami menjauhkan dari polusi. Pemandangan yang indah dengan hijaunya hutan yang masih perawan dan desiran air terjun ini, menciptakan keceriaan bagi setiap orang yang datang ke tempat ini.

Pada bagian tingkatan kedua,  terdapat sebuah kolam pemandaian yang cukup luas.  Airnya jernih, dingin dan sangat menyegarkan.  Travaler dapat menghabiskan waktu sambil berenang atau hanya sekedar berendam, menyegarkan badan dan pikiran. Nikmati hantaman air terjun di badan yang serasa bagai dipijit refleksi. Sungguh rileks dan menyegarkan.

Air Terjun Sarasah
Airnya bening dan menyegarkan, Photo by @jo_asrul

Air Terjun Sarasah terletak di Desa Koto Baru, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, tepatnya di kaki Bukit Sarasah.  Suasananya indah nan asri, kealamiannya masih kental, sehingga udara sejuknya pun begitu memikat.  Meski jalur menuju ke Air Terjun Sarasah harus melewati sebuah jalur kecil di tengah hutan dan mengikuti sebuah sungai, namun sajian pemandangan sepanjang perjalanan ini, sangat memanjakan pandangan mata, melupakan segala kelelahan selama perjalanan ini.

Air terjun batu bersusun seperti piramida ini disebut juga Air Terjun Sarasah Ulu Gadut, atau juga disebut Sarasah Banyak Gariang karena di sana dahulunya banyak ikan Gariang. Menuju lokasi air terjun ini tidak begitu sulit.  Berjarak 17 kilometer dari pusat Kota Padang, menuju Sarasah bisa dimulai dari daerah Pasar Baru Padang, menuju Rumah Sakit Gadut. Lurus saja hingga menemukan jalan bebatuan. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan jembatan dengan spanduk bertemakan Air Terjun Sarasah. Untuk mencapai air terjun, Traveler harus menyusuri sungai hingga  sampai hulu.  Namun sebelum menyusuri sungai ini, bagi yang membawa kendaraan, terlebih dahulu menitipkan kendaraan tersebut.

Air Terjun Sarasah
Derasnya Air Mengalir menciptakan Sensasi Tersendiri, Photo by @christigorra

Lokasi Air Terjun Sarasah memang tersembunyi, dikelilingi hutan rimbun. Tapi letaknya tidak jauh dari perkampungan.  Traveler akan menemui jalanan yang berkerikil, menanjak dan menurun. Berbagai macam tanaman seperti durian, manggis dan lainnya menghiasi kiri kanan jalan. Setelah sekitar satu jam, keindahan Air Terjun Sarasah tepat di depan mata!(Puteri)