Pantai Wartawan, Pantai Yang Menjanjikan Banyak Keseruan

Sensasi Unik antara Air Laut dan Air Panas

Pantai Wartawan
Panorama yang Menakjubkan di Pantai Wartawan, Photo by mfiqhidz

Nama destinasi wisata satu ini memang unik, identik dengan suatu profesi pekerjaan. Namanya Pantai Wartawan, terletak di Kabupaten Lampung Selatan, tepatnya di Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.  Nama yang unik ini memang berasal dari profesi si pengelola, ketika awal dikelola oleh warga lokal yang berprofesi sebagai wartawan.  Nama pantainya memang sederhana, namun keindahan dan kelebihan pantai ini sangat luar biasa.

Pantai Wartawan
Menikmati Panorama Anak Gunung Krakatau dari Tengah Laut

Pantai Wartawan memiliki pemandangan anak gunung Krakatau yang sangat cantik.  Satu sudut ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan datang ke Pantai Wartawan. Meskipun keindahan anak Gunung Krakatau dapat dinikmati hanya dari kejauhan saja, karena anak Gunung Krakatau keadaannya masih sering terjadi erupsi, namun sensasi yang dirasakan ketika Traveler melihat pemandangan gunung ini, begitu menggetarkan jiwa.  Yah, memandang gunung yang dikenal di seluruh dunia ini, memancarkan  pesona yang begitu mengagumkan. Kehadiran Anak Gunung Krakatau yang berpadu dengan indahnya Pantai Wartawan menjadi satu paket keindahan yang tidak dapat dipisahkan.

Apalagi di pantai ini juga ada sumber air panas dengan suhu mencapai 80 derajat.  Sangat panas memang.   Untuk itu pengunjung diharapkan harus berhati-hati jangan sampai mencelupkan langsung anggota badan ke mata air tersebut.  Sumber air panas ini juga masuk dalam destinasi utama Pantai Wartawan, karena fenomena alam seperti ini sangat jarang ditemui. Menjadi sensasi wisata unik yang luar biasa, merasakan dua jenis air yang berbeda, yaitu air laut dan air panas.

Pantai Wartawan
Spot Bebatuan yang Keren, Photo by @indah.diana96

Mata air panas ini terjadi akibat keberadaan anak Gunung Krakatau yang statusnya masih aktif yang letaknya berdekatan dengan Pantai Wartawan ini.  Air panas timbul dari belerang anak Gunung Krakatau. Uniknya, sumber air panas ini tidak asin, tidak bercampur rasa meskipun berada di Pantai wartawan yang dekat dengan laut.   Konon, sumber air panas di Pantai Wartawan ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Namun Traveler harus dapat memilih dimana letak suhu air yang tidak terlalu panas.  Dan biasanya, sumber air panas ini hanya terjadi saat air laut surut, begitu air pasang, sumber mata air panas akan tertutupi oleh air laut.

Pantai Wartawan
Goa dalam Kawasan Pantai Wartawan, Photo by @Luckyferdianto

Tak jauh dari sumber air panas, terdapat Bukit Botak yang Instagramable. Bukit Botak merupakan sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter. Dari atas bukit ini, Traveler dapat melihat jelas keindahan alam yang tersaji di Pantai Wartawan.

Di sekitar kawasan itu juga, ada sebuah goa dan Makan Pendekar yang sayang dilewatkan begitu saja.  Ini merupakan makam seorang pendekar legendaris yang berasal dari Banten bernama Tubagus Sulaiman.  Keindahan dan keseruan yang juga wajib ditunggu dan dinikmati momentnya adalah, menanti sang surya yang perlahan meninggalkan bumi.  Sunset di Pantai Wartawan menjanjikan ke-eksotisan senja tepi pantai.  Benar-benar memukau dan memanjakan pandangan mata.

Pantai Wartawan
Sunset yang Memukau, Photo by @edorenalyte

Panorama pemandangan di Pantai Wartawan, tak perlu diragukan lagi keindahannya.  Birunya air laut, serta pemandangan ke arah gugusan Krakatau menjadi pesona yang tidak boleh terlewatkan.  Seru juga bagi Traveler yang ingin merasakan air laut di sekitar pantai, dengan berenang disana.  Karena laut disini ombaknya tenang dan aman.  Di kawasan ini juga banyak spot-spot batu karang yang indah dan instagramable, sangat cantik menjadi latar pemotretan.

Akses menuju pantai ini tidaklah sulit, karena lokasi pantai berada di dekat pelabuhan Bakauheni.  Hanya berjarak 31 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni, sementara dari pusat Kota Kalianda juga hanya berjarak 18 kilometer.  Menuju ke pantai ini, Traveler dapat memilih transportasi umum atau pribadi.   Sangat mudah ditemukan Pantai Wartawan ini, karena posisinya berada di tepian jalan penghubung antara Kecamatan Rajabasa dengan Kota Kalianda. Akses jalannya pun cukup baik untuk dilewati.

Pantai Wartawan
Ombaknya Tenang dan Aman untuk berenang

Nah, Traveler siap menyambangi Pantai Wartawan dan siap menikmati sensasi paket keseruan dari pantai ini? Yuk, segera masukan dalam buketlist destinasi wisata yang siap didatangi!(Puteri)