Sensasi Keindahan Air Terjun Lubuk Hitam

Tiga Tingkat Air Terjun dengan Sensasi yang Berbeda

Air Terjun Lubuk Hitam
Sensasi Terjun Bebas di Air Terjun Lubuk Hitam

Padang tidak saja menyajikan keindahan alam pantai dan budayanya, namun kesejukan serta sensasi nan eksotis juga dapat dirasakan pada air terjunnya, seperti di Air Terjun Lubuk Hitam.  Air terjun ini masuk dalam kawasan hutan hujan tropis, sehingga suasana disekitarnya pun sangat asri dan menyejukkan.

Air Terjun Lubuk Hitam berlokasi di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatra Barat.  Dari pusat Kota Padang berjarak sekitar 25 kilometer.  Air terjun ini disebut juga Air Terjun Tiga Tingkat karena air tejun ini memiliki tiga tingkatan air terjun dengan ketinggian dan karakteristik yang berbeda-beda. Ketinggian masing-masing air terjun dimulai sekitar 2 meter, 10 meter, dan 20 meter.  Dilihat secara keseluruhan, air terjun ini benar-benar sangat eksotis dengan sensasi kucuran air yang menakjubkan.

Air Terjun Lubuk Hitam
Sensasi Air Terjun Tiga Tingkat, Photo by @sumbartravel

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Lubuk Hitam, Traveler akan menjalani trekking yang lumayan menyita waktu dan tenaga. Namun, sepanjang perjalanan ini akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan alam nan elok. Traveler akan dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan. Di bagian kiri terhampar indahnya perbukitan hijau, begiutu juga bagian kanannya yang sangat cantik dengan pemandangan laut lepasnya.  Traveler juga akan menikmati keindahan bentangan sawah dengan suasana asri dan indah di beberapa sisi jalan.

Untuk mempermudah mencapai lokasi air terjun ini, patokannya adalah Kantor Polsek Bungus. Di samping kantor Polsek tersebut terdapat jalan kecil yang akan membawa kita ke lokasi parkir air terjun.  Pintu masuk air terjun ini berupa jalan kecil yang berada di sebelah kiri Jalan Raya Padang Painan.  Setelah memasuki jalan kecil ini, Traveler masih harus berkendara sekitar dua kilometer lagi untuk mencapai lokasi parkir. Meskipun  jalannya agak sempit namun skses menuju lokasi parkir cukup bagus dengan jalan yang sudah berbeton dan lebar sekitar 2 meter.  Sepanjang perjalanan ini, traveler akan disajikan dengan pemandangan indah berupa hamparan sawah yang memukau serta bukit-bukit hijau yang asri dan menyejukkan.

Air Terjun Lubuk Hitam
Kenikmatan Tiada tara, Photo by air_terjunlubukhitam

Sesampainya di lokasi parkir, Traveler masih harus berjalan mendaki menuju ke lokasi air terjun.  Perjalanan cukup melelahkan karena jalan setapak ini berupa tanah yang menanjak, melewati kebun coklat milik warga.  Jalanan ini sengaja dibuat oleh warga setempat untuk memudahkan wisatawan mencapai lokasi air terjun.

Perjalanan untuk mencapai air terjun cukup menantang. Jalur yang dilalui cukup terjal dan lumayan licin dengan medan naik turun. Belum lagi halangan berupa banyak akar pohon melintang tak beraturan. Karena air terjun ini ada tiga tingkatan, lokasi yang ingin dicapai pun ada tiga. Dari lokasi parkir menuju air terjun tingkat satu butuh waktu kurang lebih 10 menit. Sedangkan dari air terjun tingkat kesatu menuju ke tingkat kedua menghabiskan waktu hampir 20 menit. Sebagian besar wisatawan berhenti di air terjun tingkat kedua, bermain-main sesaat lalu kembali melanjutkan perjalanan menuju air terjun tingkat ketiga. Namun, banyak juga yang memilih tidak melanjutkan perjalanan, lantaran tempatnya yang terlalu tinggi, hutannya pun masih sangat lebat. Traveler juga akan melewati tanjakan dan turunan dengan kemiringan mencapai 45 derajat, menuruni tebing-tebing bukit yang licin dan ditumbuhi banyak perpohonan serta lumut. Disini, pijakan kaki harus benar-benar tepat agar tidak tergelincir ataupun terjatuh. Untuk mencapai air terjun tingkat ketiga, Traveler benar-benar harus konsentrasi dan membutuhkan tenaga lebih.  Membutuhkan waktu perjalanan sekitar  satu jam untuk sampai ke air terjun tingkat tiga ini.

Air Terjun Lubuk Hitam
Panorama Alam Sekitar yang Hijau, Photo by air_terjunlubukhitam

Namun, lagi-lagi segala kesulitan dan kesusahan selama perjalanan saat menapaki jalan penuh tantangan ini, terbayar dengan pemandangan yang disuguhi.   Sungguh tidak akan membuat kecewa!  Traveler akan terpukau dengan pemandangan air mengalir dari ketinggian 20 meter ini. Selain itu, begitu pandangan dialihkan ke arah barat, tampak keindahan lainnya siap memanjakan pandangan mata, pemandangan Pelabuhan Bungus serta laut lepas bewarna biru sungguh sangat mempesona.

Yah, merambah perjalanan menujuk lokasi Air Terjun Lubuk Hitam, dimana Traveler akan memasuki kawasan hutan hujan  tropis yang masih terjaga keasriannya, akan menjadi sensasi tersendiri yang sangat mengasyikkan. Ramainya kicauan burung serta suara berbagai jenis serangga, sangat kental dengan kondisi alam yang masih terkesan belum terjamah ini. Di sela-sela suasana itu, suara air terjun juga mulai jelas terdengar, menambah semangat untuk segera sampai ke lokasi, dan pelan-pelan lokasi air terjun tingkat kedua mulai terlihat dari kejauhan.

Meski sudah terlihat, Traveler masih harus melewati dan memanjat bebatuan yang cukup besar dan tinggi yang tersebar disana, untuk bisa menikmati pemandangan air terjun lebih dekat lagi.  Begitu benar-benar sampai, rasa penasaran yang cukup terpendam selama ini akan langsung tersalurkan, tenggelam dalam kesegaran dan jernihnya Air Terjun Lubuk Hitam ini.

Air Terjun Lubuk Hitam
Menikmati Keindahan Alam yang Mengagumkan, Photo by Iam.Indrafernando

Dan, lelah yang dirasakan pun langsung sirna, tergantikan dengan kenikmatan yang membuncah, terpukau dengan panorama alam sekitar serta suara gemuruh air terjun yang serasa merdu terdengar.  Yang pasti, menikmati keindahan air terjun Lubuk Hitam ini sangat mengasyikkan, penuh tantangan, dan punya karisma tersendiri.(Puteri)