Sensasi Keindahan Danau Kumbang Jambi

Suasana yang tenang dan menenangkan serta mengasyikkan membuat hati enggan untuk meninggalkannya

Jambi, Danau Kumbang

Danau Kumbang begitu indah dan cantik. Airnya sangat jernih dan suasananya disekitarnya pun amat tenang. Hutan yang mengelilinginya terpantul jelas di air danau yang tampak menghijau. Sungguh menjadi panorama yang sulit diindahkan kecantikannya. Aura kecantikan Danau Kumbang sangat kuat. Danau ini berada di kaldera yang dipenuhi hutan yang rapat dan lebat. Danau Kumbang sendiri secara administratif berada di kawasan Gunung Masurai, yang terletak di tiga kecamatan, yaitu Lembah Masurai, Sungai Tenang dan Jangkat. Traveller yang tertarik ingin melihat pesona Danau Kumbang, dapat mendaki Gunung Masurai di titik pendakian Desa Sungai Lalang.

Jambi, Danau Kumbang
Jambi, Danau Kumbang

Di Desa Sungai Lalang sendiri juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti penitipan kendaraan, jasa guide, mushola dan lain sebagainya. Beberapa jajanan kuliner serta makanan tersedia di desa ini. Juga ada fasilitas homestay yang bisa digunakan untuk menginap saat turun gunung.

Dengan menyusuri jalan pedesaan serta melewati perkebunan dan ladang warga, pendakian Gunung Masurai yang melalui Dusun Sungai Lalang ini, jadi makin asyik dijalani. Perjalanan kurang lebih makan waktu dua jam untuk sampai di Pintu Rimba. Perjalanan menuju Danau Kumbang merupakan perjalanan pendakian gunung. Traveller terpacu untuk berpetualang melalui jalur ekstrim dan menanjak di tengah hutan.

Jambi, Danau Kumbang
Jambi, Danau Kumbang

Dari Pintu Rimba akan bertemu dengan medan terjal yang akan menjadi santapan para pendaki. Sekitar kurang lebih satu jam perjalanan, Traveler akan menjumpai lahan kosong yang cukup lebar. Tempat ini bisa digunakan untuk mendirikan tenda dan beristirahat sesaat. Tempat ini sering disebut Shelter 1, dan di tempat ini terdapat sumber air yang bisa digunakan untuk melepas dahaga serta mengisi perbekalan.

Perjalanan pun semakin ekstrim dan menanjak. Rapatnya hutan akan sedikit menjadi rintangan, terkadang para pendaki harus melewati pohon-pohon tumbang, serta menggunakan ranting untuk berpegangan. Banyak jalan ditumbuhi lumut sehingga licin dan susah untuk dilalui. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 5 jam, hingga sampai di persimpangan jalan menuju Danau Kumbang.

Jambi, Danau Kumbang
Jambi, Danau Kumbang

Jalur-jalur pendakian di Gunung Masurai ini, sudah banyak ditandai petunjuk / arah oleh komunitas pecinta alam setempat. Sehingga mempermudah Traveler untuk mencapai tujuan. Untuk menuju Danau Kumbang, Traveler harus melewati jalan bernama Tanjakan Syaithon. Dari namanya, sudah kebayang kan seberapa dahsyatnya tanjakan ini. Tanjakannya  sangat curam, harus pintar-pintar mencari pegangan agar tidak terpleset.

Jambi, Danau Kumbang
Jambi, Danau Kumbang

Selama kurang lebih satu jam berjibaku di Tanjakan Syaithon, tibalah pada destinasi yang dituju yaitu Danau Kumbang. Rasa takjub luar biasa tak terelakkan lagi. Terpukau dengan hamparan danau yang airnya jernih, memantulkan hijaunya pepohonan disekelilingnya bak cermin. Memandang takjub deretan perbukitan yang bisa terlihat jelas dari puncak Gunung dan Danau.

Traveller juga bisa menikmati segarnya air danau yang sejuk ini untuk mandi.  Seru juga bermalam alias camping di tepi danau ini. Disinilah spot foto terbaik untuk mengabadikan momen terbaik di Danau Kumbang. Jika dilihat dari puncak, danau ini akan terlihat hijau padahal saat di dekat danau, airnya cukup jernih dan segar. Suasana yang tenang dan menenangkan membuat tempat ini begitu mengasyikkan dan membuat hati enggan untuk meninggalkannya.

Danau Kumbang masuk dalam jajaran danau tertinggi yang ada di Indonesia. Danau Kumbang adalah danau tertinggi kedua di Indonesia setelah Danau Habema di Papua.   Danau ini berada pada ketinggian yang mencapai 2.560 meter di atas permukaan laut, dan masih menjadi kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat. Saat dilihat dari puncak, Danau Kumbang akan terlihat sangat hijau dan sangat serasi dengan hutan yang mengelilinginya. Seolah terselimuti oleh lebatnya hutan, Danau Kumbang menawarkan panorama yang begitu indah dan menakjubkan, dengan bias air berwarna hijau.

Gunung Masurai dan Danau Kumbang memang menyajikan panorama alami dan sangat terjaga. Memang belum begitu banyak wisatawan yang datang kesini, sehingga membuat tempat wisata ini masih sangat bersih dari sampah. Mengambil perjalanan wisata ke sini, akan banyak bonus indah yang bakal didapat. Dalam perjalanan saja, Traveler sudah disuguhi rimbunnya hutan dengan aneka pohon nan hijau. Merupakan pemandangan yang menyejukkan.

Traveler juga bisa sepuasnya menikmati keindahan danau dari puncak ataupun langsung di tepiannya. Yah, selain indahnya danau, selanjutnya juga bisa meneruskan perjalanan menuju ke puncak top. Di teras puncak, akan melihat panorama deretan perbukitan, dan pegunungan saat cuaca tak berkabut. Dan, deretan pohon-pohon bunga edelweis yang sangat memukau. Pandangan mata pun akan tersihir menatap keindahan yang luar biasa ini. Nuansa yang alami, tenang, dan sepi akan membuat Traveler merasa nyaman berada di alam penuh pesona ini. Sensasi segarnya air danau dengan mandi disana, juga menjadi pengalaman yang sulit terlupakan.

Yah, inilah sebuah tawaran tempat wisata di Jambi yang masih alami, wisata ke Danau Kumbang di Gunung Masurai.(Nil/Berbagai Sumber)