Sensasi Serunya Pemandian Alam Goa Kontamale

Konon, air kolamnya mengandung mitos enteng jodoh!

Sensasi Menikmati di Pemandian Alam Goa Kontamale
Wahana rekreasi keluarga, Photo by@valedarmo

Goa Air Kontamale merupakan salah satu objek wisata berupa pemandian umum yang ada di Pulau Wangi- Wangi, Kepulauan Wakatobi.  Pulau Wangi-Wangi lebih sering disebut Pulau Wanci oleh warga sekitar.  Wisata ini berupa kolam pemandian alam yang berada di dalam goa kapur, dimana kondisi goa ini dikelilingi oleh stalaktit yang cantik, yang berpadu dengan air jernih kebiru-biruan.  Yah, sebagai pemandian umum, kawasan wisata ini menawarkan pesona eksotisme yang memukau,  menghadirkan decak kagum tiada henti.

Goa Kontamale merupakan goa yang memiliki mata air yang sangat luas.  Airnya berwarna biru jernih, khasnya keindahan bawah laut Wakatobi. Saking jernihnya, Traveler dapat melihat dasar kolam hanya dengan mata telanjang atau tanpa menggunakan alat bantu.  Apalagi jika dilihat dari ketinggian tertentu, semakin cantik kolam itu terlihat.

Sensasi Menikmati di Pemandian Alam Goa Kontamale
Segarnya berenang di air nan jernih, Photo by @diputramadhan

Ada beberapa kolam di dalam Goa Kontamale, dimana setiap kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda.  Untuk itu, sebelum Traveler menceburkan diri ke dalam kolam, pastikan bahwa kedalaman kolam tersebut masih mampu diatasi.  Sebab, jernihnya air kolam terkadang dapat menipu penglihatan, dimana kolam yang cukup dalam terkesan dangkal.  Sementara itu, kedalaman kolam Goa Kontamale ini berkisar 1 meter bahkan ada yang sampai 3 meter.

Suhu airnya dalam kolam dingin tawar sedikit payau.  Tempat ini sangat nyaman untuk berenang dan berendam. Suasana sekitarnya yang sangat indah dengan hiasan stalaktit pada langit-langit goa, menjadikan kawasan ini sebagai wahana rekreasi keluarga.  Makanya banyak anak-anak yang bermain dan berenang di goa ini.

Sensasi Menikmati di Pemandian Alam Goa Kontamale
Dipayungi stalaktit nan cantik, Photo by@valedarmo

Air di Goa Kontamale sangat unik, selalu jernih padahal warga sekitar juga mempergunakan mata air ini untuk mandi bahkan mencuci baju.  Namun, air di goa tetap terlihat jernih dan tidak kotor sama sekali.

Pulau Wangi-Wangi memang memiliki banyak pemandian umum namun yang paling terkenal dan cantik panoramanya adalah Kontamale.  Berlokasi di Jalan Poros Wandoka Lingk. Teekosapi, Pongo, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.  Letaknya cukup strategis yaitu dari jalan raya hanya berjarak sekitar 100 meter saja, membuat Traveler mudah menemukan lokasi pemandian ini.  Patokannya adalah Lapangan Merdeka.

Sensasi Menikmati di Pemandian Alam Goa Kontamale
Airnya  biru jernih, khasnya keindahan bawah laut Wakatobi, Photo By@pigijo

Pemandian Kontamale terbentuk diantara ceruk Goa Karang Wanci dan Sombu dengan memiliki pemandangan yang indah menakjubkan.  Selain menyajikan keindahan goa yang menawan, kawasan wisata ini juga memiliki mitos yang dipercaya warga sekitar yang dipercaya sejak lama.  Ada mitos yang mengatakan bahwa mata air di Goa Kontamale dapat mempermudah jodoh bagi yang masih ‘jomblo’. (Simple Destination)