Sunset Menawan di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Salah satu pesona yang tidak akan terlupakan disini adalah pergerakan matahari tenggelam yang begitu cantik

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Saat ini Pantai Pulau Merah Banyuwangi menjadi sasaran destinasi wisata favorit bagi para wisatawan domestik maupun asing. Pantai yang berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi ini, berjarak 50 km dari pusat kota dan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Kondisi jalan menuju pantai cukup baik, ditunjang dengan adanya penunjuk jalan yang sangat membantu, sehingga tak usah khawatir jika datang jauh dari luar kota.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, Traveler dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus yang dapat berangkat dari Terminal Jajag Banyuwangi, yaitu dengan bus mini menuju Terminal Pesanggaran di Kecamatan Pesanggaran. Sesampainya di Terminal Pesanggaran, dapat mengggunakan ojek menuju lokasi Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Jika menggunakan kendaraan pribadi terdapat dua rute yang dapat di pilih, yaitu melalui Kecamatan Genteng dan Kecamatan Jajag. Jika berangkat dari arah barat Kota Banyuwangi, maka rute yang dilewati adalah Kecamatan Genteng dan Kecamatan Pesanggaran sebelum sampai di Pantai Pulau Merah, sedangkan jika berangkat dari arah timur Kota Banyuwangi atau berangkat dari Situbondo, maka akan melewati Kecamatan Jajag dan Kecamatan Pesanggaran sebelum sampai di Pantai Pulau Merah.

Pantai ini masih dalam bagian Pantai Selatan dan dalam satu rangkai dengan pantai-pantai lainnya, yaitu Pantai Pancer, Pantai Teluk Ijo, dan Pantai Sukamade. Pada mulanya nama pantai ini adalah Pantai Ringin Pintu, masyarakat sekitar bisa menyebutnya seperti itu. Namun pantai ini berubah nama menjadi Pantai Pulau Merah dikarenakan di tengah laut terdapat bukit kecil yang tanahnya berwarna merah. Namun, karena tumbuhnya pohon-pohon rindang di kawasan bukit itu, sehingga dari jauh bukit yang tingginya 250 meter tersebut tidak terlihat warna merahnya.

Pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Dari sebelah timur terlihat megahnya pegunungan yang menjulang tinggi. Sedangkan dari sebelah barat dapat melihat keindahan sunset yang sangat menakjubkan. Yah, salah satu pesona yang tidak akan terlupakan disini adalah pergerakan matahari tenggelam yang begitu cantik. Bahkan, keindahan sunset di Pulau Merah ini menjadi viral dan merupakan kejadian yang selalu dinanti para wisatawan.

Pantai Pulau Merah mempunyai hamparan pasir putih lembut serta ombak besar dengan tinggi lebih dari 2 meter. Ombak tersebut menjadi daya tarik dari pantai ini. Banyak peselancar dari luar negeri yang berbondong-bondong ke Pantai Pulau Merah untuk mencoba menaklukan ombaknya. Bahkan pemerintah Kota Banyuwangi sering mengadakan event surfing dan diikuti oleh 25 negara.

Di Indonesia, informasi event-event surfing seperti ini sangat gencar terutama di kalangan klub-klub surfing. Dengan jaringan internet XL Axiata yang telah terfiberisasi, membuat segala informasi yang disampaikan lancar. Untuk itu, selalu gunakan XL atau Axis yang jaringan internetnya stabil. Click disini untuk memastikan jaringan daerahmu sudah terjangkau XL Axiata 4.5G.

Selain itu, di sini traveler juga bisa snorkeling. Jangan khawatir kalau traveler lupa membawa peralatannya, di sini ada tempat penyewaan snorkeling yang harganya tidak terlalu mahal. Selain snorkeling, aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah berenang, bermain pasir, serta memancing. Bagi traveler yang ingin memancing, dapat menyewa perahu yang telah disediakan. Perahu tersebut akan membawa ke tengah laut dan Traveler dapat memancing ikan sembari menikmati angin sepoi-sepoi di tengah laut.

Setelah pulang dari memancing dan kalau air laut surut, traveler bisa menjelajahi bukit dan mendakinya serta menikmati keindahan Pantai Pulau Merah dari atas. Ketika sudah bosan dan perut lapar, traveler bisa mencoba makanan khas daerah serta cemilan-cemilan di warung sekitar pantai. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi