Tebing Makariki, Hidden Paradise di Maluku Tengah

Akses yang di Tempuh Sangat Menantang!

Danau Tebing Makariki
Terjun Bebas dari Tebing, Photo by FAdventure

Traveler pencari spot-spot wisata yang unik dan cukup menantang, sebaiknya datang ke Pulau Seram di Maluku Tengah.  Menikmati keseruan Danau Tebing Makariki dengan segala keindahannya.  Sensasi yang dirasakan sungguh luar biasa menakjubkan. Menjajal dinginnya air danau yang berwarna biru toska, serta terjun ke dalam danau dari atas tebing-tebing terjal, dan yang lebih serunya lagi, perjalanan mengejar keindahan ini sungguh sangat luar biasa menyita tenaga dan medannya cukup ‘heboh’.

Wisata Danau Tebing Makariki
Hidden Paradise, dengan panorama menakjubkan, Photo by @Rama_Holax

Sungai Tebing Makariki merupakan salah satu destinasi wisata populer yang ada di Seram Selatan, Kecamatan Tehoru Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Panoramanya begitu cantik dan mempesona. Deretan tebing-tebing yang menjulang tinggi ini tampak terlihat eksotis, ditambah sungai yang mengalir deras dibawahnya dan sangat dingin, serta warna airnya biru seperti lautan, menjadi kolaborasi yang unik dan menakjubkan.  Lokasi ini berada di tengah hutan, dan merupakan surga di telapak kaki Gunung Binaiya

Menjadikan tempat ini tak bosan dikunjungi meski berulang kali wisatawan datang kesini. Tebing Makariki adalah sebuah keindahan yang masih tersembunyi. Letaknya yang jauh berada dibalik hutan, terpencil dan memiliki akses jalan yang terjal dan menyita stamina, sehingga masih jarang orang datang kesini. Melewati tebing dan medan yang terjal, namun begitu sampai di lokasi, semua rasa lelah dan perjalanan yang melelahkan, terbayar sudah.

Danau Tebing Makariki
Kecantikan Alam yang Sepadan dengan pengorbanan

Danau Tebing Makariki berada di antara Desa Yaputih dan Desa Hatu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah.  Lokasi Tebing Makariki terletak di kaki Gunung Binaia dan menjadi surga tersembunyi, karena berada di lokasi yang cukup terpencil dan memiliki akses jalan yang terjal. Karena itu tak cukup sekadar berminat untuk menikmati destinasi wisata di sini, karena lokasi Tebing Makariki cukup sulit dicapai.

Karena letaknya tersembunyi, Tebing Makariki dijuluki ‘Hidden Paradise’. Karena terletak di lokasi yang cukup terpencil dan memiliki akses jalan yang terjal, sehingga masih sulit dicapai oleh orang banyak.  Yah, menuju lokasi, akses yang ditempuh cukup melelahkan karena medan yang dihadapi cukup ekstrim, seperti jalan berbatu, menyebrangi sungai serta medannya cukup berat dan menguras tenaga.  Butuh waktu selama kurang lebih 2-3 jam untuk menempuh jarak 3 kilometer dengan berbagai medan yang terjal ini.

Namun, surga ini memiliki panorama dan nuansa alamnya begitu mempesona, dibalut dengan udara yang menyegarkan dan air yang jernih, dijamin Traveler yang datang kesini betah dan enggan meninggalkan tempat ini.  Perjalanan yang terbilang cukup menantang dengan berbagai persiapan, dan menguras tenaga, akhirnya terbayar sudah.  Danau Makariki memiliki warna yang menyamai warna langit, yakni berwarna biru dengan dikelilingi pepohonan asri, serta air danau yang terbilang sangat dingin.  Suhu air di sini bisa mencapai 0,2° celcius.

Danau Tebing Makariki
Sudut-Sudut Keindahan di Danau Tebing Makariki dan

Rute perjalanan nya,  yaitu kalau dari Liang – Waipirit, ambil jalur ke Selatan lewat Masohi – Tamilouw – Tehoru – Hatu.  Untuk mecapai perjalanan menuju Danau Tebing Makariki, Traveler dapat melalui perjalanan lewat darat, yang dimulai  dari Ambon ke Tulehu dengan waktu tempuh 45 menit. Selanjutnya dari Tulehu ke Amahai dapat dicapai dengan long boat cepat, yang memerlukan waktu 1 jam 45 menit. Perjalanan dari Amahai ke Tehoru dilakukan lewat jalan darat selama kurang lebih 3 jam lamanya.(Adhit)