Terlena dalam Belaian Pantai Tegal Wangi

Sensasi Sunsetnya Menjadi Daya Tarik Utama

Pantai Tegal Wangi
Sensasi Sunset yang Memukau, photo by Wanderers Warrios

Pantai Tegal Wangi Bali merupakan salah satu pantai di Bali yang keberadaannya masih belum diketahui banyak orang. Pantai ini adalah pantai tersembunyi yang memiliki keindahan alam luar biasa menakjubkan.  Keindahannya langsung kentara begitu Traveler sampai di bibir pantai Tegal Wangi.  Cobalah tengok pada sisi bagian kiri, tampak keindahan tebing karang yang berdiri tegak memancarkan aura keindahannya, hal ini akan menjadi panorama yang cukup cantik untuk dinikmati.  Keindahan ini pun makin sempurna, begitu Traveler menikmati sisi sebelah kanan, terdengar suara debur ombak, laksana nyanyian alam yang dihiasi dengan segarnya air laut berwarna biru kehijauan.

Pantai Tegal Wangi
Tebing-tebing hijaunya nan indah, photo by Pantainesia

Yah, memandang ombak yang diterpa sinar mentari, membuat suasana menjadi sedikit melo.  Keindahannya benar-benar memukau.  Belum lagi hamparan pasir putihnya yang sedikit kasar tapi tetap terasa nyaman di kaki.  Yang lebih nyaman lagi, kondisi pantai ini masih sangat sepi dari pengunjung, sehingga wisatawan yang hadir di Pantai Tegal Wangi ini akan merasa tenang dan puas menikmati keindahan pantai ini.

Sepinya pengunjung ke Pantai Tegal Wangi ini lantaran akses menuju pantai ini cukup melelahkan.  Dari atas tebing, untuk mencapai bibir pantai, Traveler harus berjalan turun melewati jalan setapak dari batu kapur yang agak terjal. Jalanannya menurun tapi tidak terlalu panjang, sekitar dua puluh meteran untuk dapat menyentuh bibir pantai dari lokasi tebing.  Suasana masih sangat asri dan pantainya pun masih terjaga kebersihannya.  Traveler dapat menikmati puas keasrian dan keindahannya, apalagi menjelang sunset, yang merupakan fenomena alam terindah di Pantai Tegal Wangi setiap jelang pergantian sore ke malam.

Pantai Tegal Wangi
Pemandangan sunset dari atas tebing, photo by AirpazBlog

Pemandangan sunset merupakan daya tarik utama dari Pantai Tegal Wangi ini. Jika cuaca cerah, sunsetnya pun sangat indah, memanjakan mata yang melihatnya.  Ada beberapa pilihan tempat yang asyik untuk menikmati proses tenggelamnya sang surya ini.  Traveler dapat melihat pemandangan sunset dari atas tebing, atau dari tepi pantai. Dimanapun tempat yang dipilih, sensasi yang dirasakan berbeda-beda.

Selain itu, pantai ini juga menyajikan petualangan lainnya yang nggak kalah serunya.  Susurilah pantai ke arah selatan, nanti akan menemukan sebuah kolam batu alami yang selalu terisi air saat ombak laut datang.  Ternyata, spot kolam alami ini keren juga untuk dijadikan spot berselfi ria.  Yah, berendam di kolam ini sambil berfoto-foto.

Puas berfoto di kolam batu, langkahkanlah kaki menyusuri sampai ke ujung pantai. Nah, di ujung pantai tepat sebelah kiri, Traveler akan menemukan goa kecil yang berada di bawah tebing. Asyiknya, goa di sini tidak dalam atau gelap, karena hanya memiliki rentang panjang kurang lebih 6 meter.  Jadi, traveler bisa mengeksplore goa ini dengan nyaman.

Suasana Pantai Tegal Wangi yang sepi dan tenang ini cocok bagi Traveler yang hanya ingin duduk santai di pantai tanpa ingin diganggu oleh apapun. Traveler dapat duduk di balik tebing atau di atasnya. Pasir putihnya yang agak sedikit kasar memberikan sensasi menyenangkan ketika sedang berjalan mengelilingi pantai.  Serunya lagi, saat malam hari, Traveler dapat menyaksikan keindahan kawasan Kuta dan Tuba yang telah dihiasi lampu-lampu warna-warni.

Kondisi sepinya Pantai Tegal Wangi dari para wisatawan, juga banyak dimanfaatkan oleh calon-calon penganten.  Yah, banyak diantara mereka melakukan pemotretan pre wedding di pantai ini.  Leluasa dalam mengekspresikan gaya karena tidak banyak orang yang lalu lalang disana ditambah panoramanya juga sangat indah dan romantis.

Pantai Tegal Wangi
Langganan Pemotretan Pre Wedding, photo by NiceTourBali

Yang perlu diperhatian, jangan berenang di pantai ini, karena banyaknya bebatuan dan ombak sangat kencang. Jika ingin bermain air, Traveler dapat melakukannya di kolam-kolam alami di kawasan ini pada saat air surut, sehingga berasa sedang bersantai menikmati Jacuzzi.

Pantai Tegal Wangi masuk dalam wilayah desa adat Jimbaran, tepatnya bagian selatan Jimbaran.  Untuk menuju ke lokasi ini, Traveler bisa mengikuti jalan menuju arah hotel Ayana Resort.  Sebelum tiba di pintu depan Ayana, ambillah belokan ke kanan menuju jalan kecil dan ikuti terus hingga melihat hamparan pasir putih.  Atau, Traveler dapat mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke Pura Tegal Wangi.  Nanti akan terlihat hamparan pantai pasir putih tepat berada di depan pura tersebut.

Jika Traveler datang dari Bandara Ngurah Rai lalu langsung menuju Pantai Tegal Wangi, akan memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit. Namun, apabila Traveler berangkat dari objek wisata Garuda Wisnu Kencana, maka perjalanan yang ditempuh cukup 16 menit untuk sampai ke pantai ini, karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, kurang lebih 5,5 kilometer.

Nah, siap menikmati belaian Pantai Tegal Wangi? Saatnya memasukkan dalam ldaftar next destination!(Niel)