Terpikat di Pantai Kartini Jepara

Ada Kura-Kura Raksasa

Terpikat oleh Pantai Kartini Jepara
Gedung Kura-Kura Raksasa, salah satu Ikon Pantai Kartini

Menikmati keindahan Pantai Kartini, menjadi satu pilihan tepat ketika Traveler menyambangi Kota Jepara. Objek wisata pantai yang terletak di Bulu, Jepara Jawa Tengah ini, terletak sekitar 2,5 kilometer dari arah barat pendopo Kantor Bupati Jepara.  Pantai Kartini cukup populer sebagai tujuan wisata bagi masyarakat sekitar. Apalagi suasana di sekitar pantainya cukup sejuk, sehingga memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung.  Tak heran, pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.

Terpikat di Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini yang mempesona dengan fasilitas lainnya, Photo by dian_harjodisastro

Dinamakan Pantai Kartini, karena sejarah pantai ini memang sangat erat dengan keberadaan tokoh emansipasi wanita ini. Jarak rumah kediaman RA Kartini cukup dekat dengan pantai ini, sehingga wisata pantai ini juga sering dikunjunginya.  Yah, di pantai ini pula RA Kartini pada masa kecilnya sering bermain-main dan bercanda ria bersama saudaranya. Sehingga untuk memberikan penghargaan kepada beliau, pantai ini pun diberi nama Pantai Kartini.

Pantai Kartini memiliki hamparan pasir putihnya yang indah, sehingga menarik wisatawan untuk bermain puas di pasir pantainya.  Ditempat ini, Traveler juga dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut. Ditambah lagi dengan keberadaan dermaga kapal, dimana banyak kapal-kapal dari dan ke Karimunjava, juga ke Pulau Panjang akan berhenti sesaat di dermaga ini, Traveler pun semakin puas menciptakan frame-frame photo yang menakjubkan.  Karena keberadaan kapal-kapal ini menjadi spot keren sebagai latar photo bagi penyuka swaphoto.  Suasana hiruk pikuk dermaga pun juga menjadi sisi lain keseruan yang dapat dinikmati di Pantai Kartini ini.

Terpikat di Pantai Kartini Jepara
Sunset di Dermaga Pantai Kartini, photo by @liburanjepara

Selain pemandangan alamnya yang cantik dan menarik, banyak keseruan lainnya yang dapat dinikmati disini.  Berbagai fasilitas yang siap memanjakan pengunjung, bisa menjadi inceran untuk melepaskan kepenatan di Pantai Kartini ini.  Seperti fasilitas aquarium ikan raksasa berwujud kura-kura.  Bangunan raksasa berbentuk kura-kura ini termasuk wisata populer yang berada di Pantai Kartini, yang disebut Kura-Kura Ocean Park.

Di Kura-Kura Ocean Park ini, Traveler akan menemukan taman laut yang terdiri dari dua lantai ini sangat unik. Disini tersimpan kekayaan fauna Indonesia seperti berbagai macam ikan yaitu hiu, angle fish, dotty back, pari, kakap, giant trafelly, kerapu, penyu sisik, juga beberapa terumbu karang.  Juga permainan edukasi lainnya.

Terpikat di Pantai Kartini Jepara
Di pantai inilah RA Kartini menghabiskan masa kecilnya, Photo by zulhatriana17

 

Fasilitas lainnya yaitu deretan toko souvenir kerajinan laut yang dapat dijadikan buah tangan para wisatawan. Kawasan dengan luas lahan sekitar 3,5 hektar ini, merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.(Rafa)