Pesona dan Keseruan di Pantai Bandengan Jepara

Pantai Masa Kecil RA Kartini

Pesona dan Keseruan di Pantai Bandengan Jepara
Menikmati panorama nan eksotis di Pantai Bandengan, Photo by @Johns.moto

Keindahan Pantai Bandengan yang terletak di utara Pulau Jawa ini, memang sangat mempesona.  Pantai yang menyajikan hamparan pasir putihnya nan cantik serta air laut yang jernih, menciptakan pemandangan alam yang sangat menarik dan menakjubkan. Karakter ombaknya yang lembut menjadikan pantai ini aman untuk bermain bagi anak anak dan keluarga.  Tak heran kalau pantai ini memang kerap dikunjungi banyak wisatawan, bahkan para pengunjung pun dimanjakan dengan berbagai wahana yang disiapkan untuk menghabiskan hari-hari mereka bercengkerama di pantai ini.  Ada banana boat, seluncuran, jetsky, kano, berenang memakai pelampung ban warna-warni, atau naik kapal wisata berkapasitas 30 orang menuju Pulau Panjang.

Pesona dan Keseruan di Pantai Bandengan Jepara
Hamparan Pasir Putihnya begitu indah dan nyaman, photo by @hendrotriyanto

Pantai Bandengan dikenal juga dengan nama Pantai Tirto Samudro atau Pantai Klein Scheveningen.   Pantai yang terletak sekitar 7 kilometer sebelah utara dari pusat Kota Jepara ini, juga asyik untuk menikmati keindahan sunrise dan sunsetnya.  Fenomena matahari muncul dan tenggelam di pantai ini, menjadi inceran banyak wisatawan.  Sehingga saat pagi atau menjelang senja, keramaian pantai ini pun semakin menjadi, karena banyak orang yang memang menyukai panorama alam yang diciptakan pantai ini, saat matahari muncul atau tenggelam.

Pesona dan Keseruan di Pantai Bandengan Jepara
Salah satu spot asyik untuk berselfi, Photo by @wisatasemarang

Objek wisata Pantai Bandengan cukup luas, sekitar 16 hektar.  Sebagian besar area ini ditumbuhi rerimbunan pohon-pohon pandan.  Sebagian lagi dijadikan tempat untuk berkemah, kegiatan volley pantai, sepeda santai dan kegiatan serupa lainnya.  Bahkan, sering juga kawasan ini dijadikan sebagai tempat moto cross dan festival layang-layang.  Bahkan, pelaksanaan festival layang-layang ini dilaksanakan baik secara regional maupun internasional.

Lokasi Pantai Bandengan cukup mudah diakses, karena sudah tersedia prasarana jalan beraspal.  Sehingga Traveler pun lancar menuju lokasi  dengan menggunakan transportasi sepeda motor maupun mobil.  Apalagi saat ini sudah dibangun jalan tembus melalui kompleks stadion Gelora Bumi Kartini sehingga jarak tempuhnya semakin dekat.

Pesona dan Keseruan di Pantai Bandengan Jepara
Menikmati Sunrise di Pantai Bandengan, Photo by @pantaibandengan

Dibalik panorama alamnya yang indah, Pantai Bandengan memiliki sejarah yang sangat kental dengan sosok pahlawan emansipasi wanita, RA. Kartini.  Yah, pantai ini menyimpan banyak kenangan manis bagi Trinil, nama kecil Kartini.  Putri Adipati Jepara kala itu, seringkali berwisata ke pantai ini bersama Bangsawan Hindia Belanda yaitu Ny. Ovink Soer (Isteri asisten residen) dan suaminya. Terutama ketika liburan pertama menjelang kenaikan kelas, mereka selalu mengajak RA Kartini beserta adik-adiknya Roekmini dan Kardinah untuk menikmati keindahan suasana pantai, juga mencari kerang sambil bermain-main dengan ombak.

Pesona dan Keseruan di Pantai Bandengan Jepara
Lasnkap Pantai Bandengan nan mempesona

Ny. Ovink Soer seringkali menyamakan keberadaan Pantai Bandengan ini dengan pantai yang ada di Belanda, cuma sedikit perbedaan bahwa airnya dingin, namanya Scheveningen. Akhirnya, Pantai Bandengan ini pun juga disebut Pantai Klein Scheveningen (dalam Bahasa Belanda Klein artinya pantai dan Scheveningen yaitu nama pantai di negeri Belanda). Keberadaan Pantai Bandengan juga sering menjadi bahan tulisan dalam surat-surat Kartini yang dia ceritakan kepada temannya Stella di Negeri Belanad.(Puteri)