The Alnwick – Poison Garden, Taman bertaburan Bunga Beracun

Taman Edukasi Tanaman Beracun

The Poison Garden
Pintu Gerbang menuju The Poison Garden

Alnwick Garden merupakan sebuah taman yang cukup terkenal di Inggris, yang pertama kali dibuat pada tahun 1750 oleh Duke pertama dari Northumberland.  Berdekatan dengan Alnwick Castle di kota Alnwick, Northumberland, Inggris, Alnwick Garden lebih banyak dikenal orang karena tempat ini digunakan sebagai lokasi adegan Hogwarts dalam film Harry Potter.

Nah, ada taman yang unik yang berada di dalam Alnwick Garden ini.  Namanya The Poison Garden.  Dari namanya saja memang sudah ‘nyeremin’ yah! Untuk masuk ke area The Poison Garden ini, ditandai dengan gerbang besi yang mengenakan tanda-tanda peringatan yang dihiasi dengan tengkorak dan tulang bersilang.  Di dalam taman mematikan ini, Traveler akan menemui banyak jenis tanaman yang cukup mengerikan.  Taman ini dipenuhi oleh koleksi ribuan tanaman paling beracun dan mematikan di dunia.   Di balik gerbang besi berwarna hitam itu, terdapat sekitar kurang lebih 100 jenis tanaman mematikan dan juga legendaris, seperti Conium maculatum (Hemlock), Atropa belladonna (Deadly Nightshade) dan Strychnos nux-vomica (Strychnine).  Nightshade, tanaman beracun yang muncul dalam kisah Shakespeare dan Hemlock yang digunakan Socrates untuk bunuh diri pun juga ada.

The Alnwick Garden
The Alnwick Garden

Yah, jika salah-salah sikap, seseorang dapat langsung jatuh pingsan jika mencium aroma beberapa tumbuhan mematikan ini.   Untuk itu, ketika mengunjungi taman ini, para wisatawan akan didampingi oleh seorang pemandu yang akan menjelaskan asal-usul, jenis, dan juga bahaya yang mengancam dari racun yang ada di tanaman tersebut.  Dan para pemandu pun tak bosan-bosan untuk sering-sering memperingati para wisatawan agar tidak boleh mencium dan menyentuh semua tanaman di tempat itu.

Taman yang memakan lahan sekitar 14 hektar ini dibuka pada tahun 2005.  Untuk bisa mendirikan taman yang menghimpun berbagai tanaman mematikan ini, pihak pemerintah Inggris sebelumnya telah check dan recheck sebelum diberikan izin untuk ditanam. Yah, tanaman-tanaman ini memang memerlukan izin khusus dari pemerintah setempat. Hal ini karena bahaya yang ditimbulkan oleh tanaman beracun sangat nyata, dan beberapa di antaranya dapat membunuh atau sakit hanya dengan melalui sentuhan.  Bahkan, ada pula beberapa tanaman yang harus diberi pembatas dan berada dalam pengawasan pihak keamanan selama 24 jam.

The Poison Garden
Lorong memasuki area The Poison Garden

Selain tanaman beracun, juga ada beberapa tanaman psikotropika seperti ganja dan opium.  Tanaman jenis ini dikandangi agar tidak dipetik oleh pengunjung. Tanaman-tanaman ini sudah memiliki izin khusus dari pemerintah untuk dipamerkan.

Meskipun tanaman-tanaman disini mengandung unsur membahayakan jiwa, namun penataannya dibuat secantik mungkin sehingga terkesan jauh dari unsur mengerikan.  Bahkan yang ada, penataan kebun beracun ini sangat cantik dan menarik dilihatnya. Siapa pun bakal merasa betah berada di dalamnya. Panoramanya sangat mengagumkan!

Sejarah Berdirinya Poison Garden

Poison Garden didirikan dengan maksud untuk memberikan edukasi bagi banyak orang mengenai obat-obatan dan racun.  Adanya tanaman-tanaman beracun ini diharapkan dapat mengedukasi anak-anak hingga orang dewasa untuk tahu akibat dan efek yang terjadi dari tanaman-tanaman tersebut.

The Poison Garden
Tanaman Aquilegia yang dapat mematikan

Berdasarkan situs resmi Poison Garden, pembuatan taman ini digagas oleh Jane Percy, Duchess of Northumberland, di era tahun 90-an.  Sebelum mendirikan taman ini, terlebih dahulu Jane mencari tahu berbagai fungsi tanaman.  Jane melakukan perjalanan ke Italia untuk mencari inspirasi.  Lalu Jane pun juga ke Skotlandia untuk belajar mengenai tanaman psikotropika. Yang akhirnya dengan bantuan Jacques Wirtz, seorang arsitek lanskap tenar dari Paris, terciptalah The Poison Garden.

Dengan mengambil sebagian lahan dalam area Alnwick Garden, The Poison Garden hadir ditandai dengan pintu gerbang berwarna hitam tinggi yang ditandai dengan lambang kepala tengkorak dan bertuliskan,  “The Poison Garden, These Plants can kill” yang artinya “Taman Mematikan, Tanaman-tanaman disini dapat membunuh”.

The Poison Garden
Beberapa Tanaman Harus di Kandangi

The Poison Garden terdiri dari hampir 100 jenis tanaman beracun. Tanaman-tanaman itu memiliki efek ringan hingga berat, dari cuma membuat halusinasi hingga mematikan.  Tidak saja wisatawan yang harus berhati-hati di dalam kebun ini, para pengurus kebun juga ekstra hati-hati dalam merawat dan menjaganya.  Mereka dibekali dengan menggunakan baju alat perlindungan diri (APD) lengkap dengan sarung tangan dan masker.

Untuk mengunjungi Alnwick Garden, wisatawan dikenai biaya sebesar £14.30 untuk dewasa dan £5.50 untuk anak-anak.  Namun harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah, terutama dalam pergantian musim.(Niel)