The Magic of Moscow

Banyak tempat menarik yang menyihir traveler untuk datang dan datang lagi kesini.

Daya tarik Moscow sungguh luar biasa. Pesona keindahan panorama dan kekhasan bangunannya, mempunyai daya tarik tersendiri. Banyak tempat menarik yang menyihir traveler untuk datang dan datang lagi kesini. Berikut ini, destinasi wisata yang paling diminati di Moscow, siap jadi acuan anda berlibur ke sini!

Kremlin

Bangunan-bangunan kunonya menjadi ikonik negara Rusia. Disinilah kantor presiden Rusia bekerja, sehingga Kremlin dijadikan pusat kenegaraan Rusia. Dengan arsitektur pada bangunannya yang mengacu era kerajaan zaman dahulu, Kremlin laksana musium yang menampilkan berbagai artifak, sejarah berdirinya Rusia.

Red Square

Disebut juga Lapangan Merah, tempat ini letaknya tidak jauh dari Kremlin. Hal inilah yang memudahkan traveler menyusuri keindahan kota Rusia dalam waktu berdekatan. Dengan arsitektur khas Rusia, yaitu model-model ala kerajaan, terbuat dari beton merah yang sampai saat ini kecantikannya tak pernah luntur selalu terawat rapi. Terkenal dengan beberapa bangunan sejarahnya, Lapangan Merah wajib untuk dikunjungi.

Menilik dari sejarahnya, Lapangan Merah tidak ada hubungannya dengan kisah revolusi atau dengan temboknya yang berwarna merah karena dimasa lalu. Malah sebenarnya tembok tersebut beberapa kali dicat putih. Konon, istilah atau nama merah berasal dari kata ‘krasnaya’ yang berarti merah, sementara kata ‘krasnaya’ sendiri terkait erat dengan kata ‘krasivaya’ yang berarti cantik. Dan sesungguhnya kata cantik tersebut lebih ditujukan kepada bangunan St. Basil, dengan kubah warna warninya yang seperti kue, Menara Spassky Istana Kremlin, dan bangunan-bangunan cantik lainnya seperti katedral Kazan yang berada di dekat Red Square.

Gereja St. Basil

Gereja St. Basil atau St. Basil Cathedral yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kremlin, menjadi salah satu destinasi wisata juga. Arsitekturnya sangat keren dan cukup unik, sehingga St. Basil Cathedral masuk kedalam daftar UNESCO. Yah, keunikan gereja ini ada pada bangunannya, seperti dibagian atasnya yang dibuat ala dome atau kubah masjid yang berbentuk api unggun. Tak hanya itu, warna cat yang digunakan juga sangat mencolok namun tampak berwarna cantik bahkan seperti permen.

Moscow Cathedral Mosque

Salah satu wisata halal Rusia, Traveler bisa mengunjungi Moscow Cathedral Mosque yang merupakan masjid terbesar di Russia. Masjid ini mampu menampung hingga 1000 jamaah. Arsitekturnya sangat keren, dengan kubah yang dilapisi emas 12 kg. Kemilau dan kemegahan mesjid ini sudah terlihat dari kejauhan, apalagi dari jarak dekat, decak kagum pun tak akan lepas dari mulut kita. Moscow Cathedral Mosque memang merupakan mesjid terbesar di Moscow yang terletak di pusat kota dekat Stadium Olimpiade Musim Panas ke-22 tahun 1980. Tata cara masuk ke mesjid disini keren banget. Bagi wanita yang tidak berhijab dan ingin melakukan shalat disini, tersedia jubah yang terletak di area pemeriksaan keamanan. Di Rusia memang tidak mengenal mukena.

Makam Lenin

Mausoleum Lenin, juga dikenal sebagai Monumen Makam Vladimir Lenin, yang terletak di Lapangan Merah di pusat Moskow. Mausoleum berfungsi sebagai tempat peristirahatan pemimpin Soviet yang pernah menjadi pemimpin revolusi Oktober tahun 1917. Lenin merupakan salah satu pendiri Uni Soviet. Dan ketika Lenin wafat pada tahun 1924, Para petinggi partai komunis memutuskan untuk mengawetkan jasad Lenin. Dibangunlah sebuah monumen untuk menyimpan jasad Lenin dengan arsitektur yang khas sekali yang dikomandani oleh arsitek terkenal Alexei Shchusev. Monumen ini baru dibuka untuk umum pada tahun 1930. Keunikan dari Mausoleum dapat dilihat dari tribun yang dulu digunakan oleh semua pemimpin Uni Soviet.

Harus diperhatian waktu berkunjung ke Mausoleum Lenin, karena hanya buka empat hari seminggu, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu, dan itu pun juga hanya selama tiga jam (pukul 10.00 – 13.00). Tak heran, selalu antri panjang karena banyak yang antusias untuk melihat dan masuk ke Mausoleum Lenin ini. Perlu diperhatikan untuk pintu masuknya. Seringkali banyak traveler terkecoh dalam menemukan pintu masuknya. Pintu masuk Mausoleum sebenarnya bukan melalui pintu utama bangunan, tetapi ada di Menara Nikolskaya, di sebelah Museum Sejarah Nasional. Di sana, para pengunjung akan melewati pos pemeriksaan keamanan terlebih dahulu.

Ada aturan tertentu dalam berkunjung kesini. Tidak boleh berbicara, tidak boleh berhenti, apalagi memotret, juga tidak boleh memakai topi. Petugas stand by menghalau bagi pengunjung yang ‘nakal’. Selain Lenin, ada beberapa tokoh lainnya yang beristirahat dengan tenang di sana, termasuk Josef Stalin dan Yuri Gagarin.