3 Destinasi Wisata Alam di Riau yang Cantik dan Mempesona

Wisata yang akan membuat traveler berdecak kagum dan tidak ingin beranjak dari sana.

Riau mempunyai tempat wisata alam yang cantik nan mempesona, disamping perkebunan kelapa sawitnya. Provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Sumatra ini menyimpan destinasi wisata yang akan membuat traveler berdecak kagum dan tidak ingin beranjak dari sana.

Redaksi Indonesiatraveler.id merangkum 3 destinasi wisata alam di Provinsi Riau yang direkomendasikan untuk dikunjungi traveler. Ada pulau yang mempesona, pantai eksotis dan air terjun yang menyejukan hati, berikut ulasannya.

Pulau Jemur

Terletak di Kabupaten Rokan Hilir, Kecamatan Limau Kapas, Provinsi Riau. Pulau Jemur berbatasan dengan Selat Malaka yang berarti juga berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. Untuk bisa sampai ke pulau ini, traveler bisa menggunakan speed boat dengan perjalanan sekitar 2 jam dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, yaitu Bagan Siapiapi.

Pulau Jemur adalah salah satu dari sembilan pulau terluar yang berasal dari gugusan Pulau Arwan. Pulau Jemur ini jarang dikunjungi, sehingga suasananya sangat tenang dan nyaman. Pemandangan yang disajikan di pulau ini sangat mempesona. Dengan air yang masih jernih dan bersih, Pulau Jemur menjadi spot menarik untuk berenang dan menyelam melihat biota-biota laut, seperti penyu hijau, terumbu karang, dan beberapa jenis ikan.

Traveler juga bisa menikmati wisata lainnya yang berada di sekitar pulau, seperti Batu Panglima Layar, Menara Suar, Perigi Tulang, Pantai Berpasir Kuning Emas, Gua Jepang, dan Sisa-sisa pertahanannya. Seru sekali pastinya!

Pantai Sepahat

Terletak di Jalan Jendral Sudirman, RT 002/ RW 001, Dusun Murni, Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, Riau. Pantai Sepahat sangat berpotensi untuk terus dipercantik.

Ada 2 jalur untuk ke tempat ini, yaitu udara dan darat. Dari Kota Pekanbaru menggunakan pesawat menuju bandara Dumai, dengan kocek sekitar Rp200 ribu. Sesampainya di Kota Dumai, traveler bisa menggunakan travel menuju Desa Sepahat. Lewat jalur darat bisa menggunakan travel mobil ke Sungai Pakning. Dari Pekanbaru melewati Kabupaten Siak, menempuh waktu 4 sampai 5 jam perjalanan. Sesampainya di Kota Pakning traveler melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor untuk menuju ke Desa Sepahat.

Untuk menikmati wisata di Pantai Sepahat, traveler tidak perlu merogoh kocek, alias gratis. Tapi alangkah baiknya jika ikut membeli beberapa barang dagangan masyarakat sekitar.

Pantai yang bersebrangan dengan Selat Malaka ini, menawarkan pemandangan laut yang luas dengan angin sepoi-sepoi. Bermain pasir yang lembut dengan anak-anak di tepi pantainya. Dan tentunya menikmati matahari tenggelam yang elok, cocok untuk mengabadikan momen senjanya.

Air Terjun Lubuk Bigau

Terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.bAda 2 jalur untuk bisa ke lokasi. Jalur pertama dari Desa Hulu Air, kabupaten Lima Puluh, Kota Sumatra Barat. Jalur kedua, dari Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, sampai Kecamatan Kampar Kiri Hulu, membutuhkan waktu sekitar 5 jam menggunakan kendaraan bermotor beroda dua dan empat.

Air Terjun Lubuk Bigau mempunyai tinggi sekitar 130 meter dan digadang-gadang sebagai air terjun tertinggi di Sumatera. Air terjun ini masih alami, asri, dan jarang dijamah. Di sekitar air terjun terdapat hutan tropis yang lebat dengan pohon-pohon tinggi menjulang seakan memayungi traveler. Terdapat pula bebatuan hitam yang terhampar di sisi aliran air sehingga membentuk seperti anak sungai. (AS/IPG)