The Magic of Pantai Krakal

Surga bagi para surfer karena merupakan tempat surfing yang menarik, selain itu pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang menawan

Pantai Krakal
Pantai Krakal

Di Pantai Krakal, hamparan batu – batu karang yang berdiri kokoh di sepanjang pantai, menjadi pemandangan yang sangat mengesankan dan menakjubkan. Uniknya, bebatuan karang tersebut dihuni ribuan ikan karang yang berwarna – warni. Seperti Damselfish, ikan yang memiliki ciri khas warna kuning dan sedikit aksen biru di punggungnya. Juga ada ikan Butterflyfish, penduduk lokal menyebutnya ikan kepe – kepe dengan bergaris-garis biru tua bercampur biru muda. Juga kehadiran kelompok ikan – ikan kecil berwarna biru yang bermain di sela – sela karang. Sungguh menjadi satu pemandangan yang sangat memukau.

Kehadiran batu – batu karang di Pantai Krakal ini menjadi ciri khas tersendiri dan sangat menarik untuk dieksplorasi. Banyak cara menikmati keindahan batu-batu karang ini. Traveler dapat berjalan di deretan bebatuan karang yang menyembul ke permukaan, laksana membentuk jalan setapak yang membelah lautan. Kehadiran batu-batu karang ini juga jadi inspirasi spot asyik dalam berswafoto. Namun yang perlu diperhatikan, untuk menyusuri deretan batu karang ini harus mengenakan alas kaki, karena banyak diantara batu-batu tersebut bertekstur cukup runcing dan tajam. Keseruan lainnya, dari bongkahan batu karang ini Traveler dapat menyaksikan para nelayan yang asyik dengan joran mencari lokasi strategis untuk memancing.

Pantai Krakal
Pantai Krakal

Selain panorama alamnya yang menawan, menghipnotis wisatawan terlena menghabiskan waktu di pantai ini, gelombang ombak di Pantai Krakal juga sangat disukai para peselancar. Tak heran, setiap hari banyak wisatawan yang terlihat asyik berselancar, menari – nari di atas lidah ombak laut, menikmati debur ombak dengan papan selancarnya.

Untuk menyambut ombak ‘reef break’ yang disebut cukup menantang ini, biasanya para surfer berjalan terlebih dahulu menuju deretan batu karang yang berada di lepas pantai. Ombaknya memang sangat dinanti para surfer, namun sesungguhnya kondisi dasar lautnya menuntut para peselancar ini harus ekstra hati-hati. Karena di dasar lautnya banyak didominasi bebatuan karang. Berselancar memang bukanlah jenis olahraga yang populer diantara warga lokal, maka jika Traveler ingin berselancar, harus membawa peralatan sendiri. Termasuk membawa papan surfing sendiri. Karena di sekitar pantai tidak tersedia rental surfboard.

Pantai Krakal
Pantai Krakal

Pantai Krakal yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu diantara destinasi wisata pantai yang sangat popular di Yogyakarta. Pantai ini adalah surga bagi para surfer karena merupakan tempat surfing yang menarik, selain itu pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang menawan. Pantai Krakal seungguhnya telah dikenal sejak lama, bahkan jauh sebelum pantai-pantai Yogyakarta yang terkenal seperti Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Jogan menjadi ramai dengan para wisatawan.

Bahkan sejumlah pihak mengatakan bahwa Pantai Krakal ini memang memiliki spot paling indah di antara sederet pantai yang membentang di pesisir Gunungkidul. Di Pantai Krakal sendiri, Traveler dapat menemukan pantai yang begitu landai dengan taburan pasir putih yang terhampar luas. Air laut yang jernih serta hempasan ombak yang berirama menambah keindahan panorama pantai tersebut.

Pantai Krakal
Pantai Krakal

Untuk mencapai lokasi Pantai Krakal, kurang lebih memakan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam, dimulai dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu perjalanan memang cukup panjang, namun Traveler akan merasa nyaman karena sepanjang jalan menuju Pantai Krakal, dipenuhi warung-warung jajan khas makanan Kota Yogyakarta, serta makanan olahan hasil laut. Jika tiba-tiba lapar melanda, Traveler dengan mudah berhenti di salah satu warung makan yang dilewati.

Rute perjalanan ke Pantai Krakal memiliki arah yang sama dengan rute ke Pantai Baron atau Pantai Kukup. Dari pusat Kota Yogyakarta, dapat mengambil arah menuju Wonosari. Setelah memasuki kota Wonosari, Traveler akan melewati tiga lampu merah, kemudian berbeloklah ke kanan, lalu ikuti jalan lurus sampai menjumpai papan petunjuk arah. Arah ke kiri adalah arah menuju Pantai Sundak, Pantai Siung, dan Pantai Wediombo. Traveler tinggal ambil lurus saja sebagaimana papan petunjuk arah menuju Pantai Krakal, Pantai Baron, dan Pantai Kukup.

Untuk dapat masuk ke kawasan pantai ini, Traveler harus membayar tiket masuk Pantai Krakal yang dikenai Rp 10 ribu per orang. Tiket ini dibayar di post retribusi Pantai Baron. Biaya tiket tersebut sudah mencakup wisata Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Kukup, Pantai Drini dan tempat wisata lainnya yang sederet dengan Pantai Krakal ini. Yah, Traveler sangat beruntung dan irit sekali, satu kali bayar namun dapat menikmati berbagai destinasi wisata lainnya.(Niel)