Tanjung Belimbing – Danau Sipin Jambi, Destinasi Wisata Yang Makin Asyik

Menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan kealamiannya masih terjaga

Jambi, Tanjung Belimbing photo by TribunJambi

Danau Sipin, danau yang berada di tengah Kota Jambi yang juga merupakan danau kebanggaan masyarakat Jambi pada umumnya, saat ini digadang-gadangkan sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat berpotensi. Tempat wisata ini merupakan hasil rembukan warga RT 32 Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi bersama dengan Pemerintah Kota Jambi yang mulai merancang sebagai kawasan potensi wisata. Bersama-sama mereka mulai merancang strategi untuk memanfaatkan kontur alam ini sebagai daerah yang bisa dikunjungi dan dinikmati keindahannya, membangun kawasan wisata mandiri yang diberi nama wisata Tanjung Belimbing. Kawasan wisata ini dibangun di atas lahan seluas satu hektar yang berada tepat di tepi Danau Sipin. Disebut lokasi wisata Tanjung Belimbing karena kawasan ini merupakan daerah tanjung dari Danau Sipin.

Tanjung Belimbing, Jambi
Jambi, Tanjung Belimbing photo by JambisiberDotCom

Berbagai macam wahana permainan dihadirkan di danau ini di antaranya jet sky, Banana boat, sepeda air, dan out bond playing bike yang semuanya ini menjadi wahana asyik dan dapat menjadi penghibur bagi para pengunjung, yang tiketnya dapat dibeli di konter yang sudah di sediakan oleh panitia pengelola danau. Harga tiket masuk pada hari biasa dibandrol hanya 5 ribu rupiah, sedangkan hari libur berkisar 10 ribu saja.

Banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan para pengunjung. Di kawasan yang cukup luas ini pengunjung bisa menikmati wahana outbond dari tali yang di hubungkan dari satu pohon sawit yang tinggi ke pohon lainnya. Dan yang tak kalah serunya juga, pengunjung bisa menikmati wahana uji adrenalin yaitu bersepeda diatas seutas tali serta kegiatan kekinian yang marak di semua tempat wisata, yaitu tersedianya beberapa spot photo yang instagramable yang bisa dipilih. Tepat ditepi danau ada dua bangunan rumah unik yang bisa jadi latar untuk berphoto. Dirumah berukuran dua kali empat meter itu juga bisa jadi tempat berteduh.

Tanjung Belimbing, Jambi
Jambi, Tanjung Belimbing

Berada di tepi Danau Sipin akan membuat hati tenang dan nyaman, memandang alam sekitar. Dengan disuguhkan pemandangan yang eksotis, kealamian Danau Sipin masih terjaga. Terlihat ketika burung-burung danau bersatu dengan alam kemudian berterbangan di sekitaran danau mencari makan. Sungguh suasana alam yang asri.

Di tepi danau juga terdapat saung tempat istirahat para pengunjung. Bahkan saung ini bisa dijadikan tempat makan bersama keluarga, sambil tetap bisa menikmati keindahan Danau Sipin. Masih ada keseruan lainnya yang dapat dinikmati disana. Ada lima perahu yang dicat berwarna putih dan merah yang bisa digunakan untuk pengunjung bermain perahu mengelilingi danau.(Niel)