Tidak Ada Garuda Indonesia, Ini 10 Maskapai Terbaik di Dunia

Hampir semua di akhir tahun adalah saat evaluasi dan apresiasi diberikan. Pun di dunia penerbangan. Airline Excellence Award 2019 versi AirlineRating.com belum lama ini merilis pengumuman dan memilih maskapai penerbangan terbaik dari 20 negara di dunia.

Pemilihan tahunan ini menilai berbagai faktor, termasuk keamanan operasional, review penumpang, keuntungan perusahaan, investasi, serta produk yang ditawarkan. “Dari serangkaian analisis kami yang obyektif, Singapore Airlines menjadi yang terbaik dari sederet persyaratan yang ada dalam audit kami. Itu merupakan sebuah kinerja yang luar biasa,” cetus Geoffrey Thomas, CEO sekaligus kepala redaksi situs web Airline Ratings.

Meski belakangan Hong Kong sedanAssignment 2018-10-12 19:51:09g mengalami kendala akibat demo berkepanjangan, bahkan sempat memblokir bandara, maskapai Cathay Pacific masih bisa mempertahankan performa dan berada di posisi kelima. Selanjutnya dari posisi enam hingga dua puluh ada Emirates, Virgin Atlantic, EVA Air,  Qatar Airways, Virgin Australia, Lufthansa, Finnair, Japan Airlines, KLM, Korean Airlines, Hawaiian Airlines, British Airways, Alaska Airlines, Delta Air Lines, dan Etihad Airways.

Selain itu, ada juga beberapa kategori khusus seperti kelas bisnis dan ekonomi terbaik. Mau tahu best cabin crew terbaik? Virgin Australia menjadi yang terbaik selama dua thaun berturut-turut. Best catering diraih Qatar Airways, sementara best in-flight entertainment diraih Emirates.

Untuk kategori best low-cost airline dipilih dari tiap bagian, yaitu; JetBlue (Amerika), Wizz (Eropa), Air Asia/AirAsia X (Asia/Pasifik) dan Air Arabia (Timur tengah/Afrika).

Media MSN menambahkan, Kesuksesan Singapore Airlines ini sekaligus mengakhiri dominasi lima tahun Air New Zealand sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia. Air New Zealand sendiri harus puas nangkring di peringkat kedua.

Kemenangan maskapai asal Singapura tersebut tak lepas dari penggunaan armada baru mereka Boeing 787-10 Dreamliner dan Airbus A350-900 ULR. Selain itu, Singapore Airlines juga memperoleh kredit atas bagian interior kabin, keamanan dan keselamatan operasional dan ketersediaan jadwal non-stop Singapura-New York.

Sementara itu, Airline Rating sendiri merilis 10 besar maskapai penerbangan terbaik di dunia untuk 2019. Uniknya, tidak ada nama-nama maskapai yang berasal dari Amerika maupun Eropadan Indonesia. Penasaran? Berikut adalah daftar 10 besar maskapai penerbangan terbaik di dunia selengkapnya.

  1. Singapore Airlines (Singapura)
  2. Air New Zealand (Selandia Baru)
  3. Qantas (Australia)
  4. Qatar Airways (Qatar)
  5. Virgin (Australia)
  6. Emirates (Uni Emirat Arab)
  7. All Nippon Airways alias ANA (Jepang)
  8. EVA Air (Taiwan)
  9. Cathay Pacific Airways (Hong Kong)
  10. Japan Airlines (Jepang)