Tiga Destinasi Geowisata yang Sayang untuk Dilewatkan di Tuban

Surganya Bagi Pencinta Alam dan Geologi

Goa Putri Asih
Cahaya Surga dalam Goa Putri Asih, Photo by @nurulfitriyaa

Apa yang terlintas di benak saat mendengar kata wisata di Kota Tuban, mungkin wisata religi seperti ziarah di makam Sunan Bonang, Sunan Bejagung dan lainnya. Padahal selain wisata religi Tuban juga mempunyai potensi Geowisata karena banyaknya Goa di Kota Tuban, Jawa Timur.

Berikut ini rangkumkan tiga destinasi geowisata yang terdapat di Kota Tuban, cocok bagi para pecinta alam dan Geologi.

Goa Suci Palang

Goa Suci mendapat julukan pancaran cahaya surga, julukan ini tidak berlebihan jika sudah pernah masuk ke dalam goa. Goa suci ini bukan goa alam, tapi goa buatan peninggalan kerajaan Majapahit, terlihat dari pahatan angka di salah satu sisi gua dengan aksara jawa kuno yang menunjukkan tahun 1026. Bagian dalam goa berundak-undak dengan atap kerucut berlubang-lubang, lubang inilah yang disebut cahaya surga ketika tertimpa cahaya dari luar dan menembus ke dalam goa.

Goa Suci Palang
Goa SUci Palang, Photo by @bendottetapsemangat

Untuk menuju ke Goa Suci, Traveler dapat datang ke Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Tuban. Namun akses ke Goa Suci ini belum terkelola dengan baik, sehingga untuk parkir kendaraan pengunjung bisa parkir di area rumah warga, serta belum ada tiket untuk masuk ke area goa.

Goa Akbar

Tidak seperti goa lain yang biasanya berada di tempat terpencil, Goa Akbar berada di tengah Kota Tuban, Objek wisata ini terletak di Kecamatan Semanding, Tuban. Tepatnya di belakang Pasar Baru Tuban di jalan akses Semarang-Surabaya.

Konon Goa Akbar merupakan tempat latihan Kanuragan prajurit Ronggolawe saat menghadapi pasukan Majapahit, selain itu goa ini konon menjadi tempat tinggal sementara Sunan Kalijaga saat diusir dari keraton.

Goa Akbar
Keindahan Goa Akbar, Photo by @peter_tono

Karena merupakan goa alam, di bagian dalam goa terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah, selain itu pada dinding goa terdapat relief yang menceritakan sejarah Kota Tuban. Traveler tak perlu khawatir terpeleset karena disepanjang lorong goa sudah dibuat jalan setapak dengan pagar di sampingnya.

Untuk masuk ke dalam area objek wisata, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 11.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak.   Setelah berkeliling goa, pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Tuban di Pasar Baru.

Goa Putri Asih

Jika Traveler ingin mengunjungi goa alam yang tidak begitu ramai, Goa Putri Asih jawabannya.  Di  goa ini juga terdapat sorotan cahaya surga dari sela-sela atap gua, ditambah dengan stalaktit dan stalakmit yang indah, sangat cocok digunakan untuk spot foto.   Hasil foto ini dijamin estetik jika Traveler pandai mencari spot yang tepat.

Goa Putri Asih
Keunikan dalam Goa Putri Asih, Photo by @wisnu_b_ningartha

Goa Putri Asih terletak di Kecamatan Montong, Tuban, untuk menuju kesini Traveler hanya perlu melewati jalur utama Jl. Merakurak-Montong.   Cukup merogoh kocek Rp 5.000 per orang, sudah dapat menikmati keindahan Goa Putri Asih ini.  Fasilitas umum seperti tempat parkir dan toilet pun sudah memadahi, serta akses yang mudah dilewati seperti hutan pinus, sebelum sampai di Goa Putri Asih ini.(Ipg)