Tiga Destinasi Wisata Alam di Jepara yang Tak Kalah dari Karimun Jawa

Wisata Gunung, Bukit dan Danau Selalu Menakjubkan!

Wisata Alam di Jepara
Puncak Disoroto Yang mengagumkan, Photo by @jeparaaselegram

Jepara merupakan tempat dengan banyak destinasi wisata yang memukau. Selain Karimun Jawa yang sudah sangat terkenal, Jepara juga memiliki wisata alam gunung, perbukitan, dan danau yang wajib Traveler ketahui.

Berikut ini tiga tempat wisata di Jepara yang juga memiliki keindahan alam, selain Karimun Jawa.

Puncak Distoroto

Puncak Distoroto merupakan dataran tinggi perbukitan di bawah Gunung Muria. Terdapat banyak pepohonan rimbun dari hutan Pinus serta udaranya yang sejuk yang selalu dirasakan saat Traveler berkunjung.  Berlokasi di Desa Damarwulan, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Berada di Puncak Distoroto ini, Traveler dapat menikmati panorama Desa Tempur dari atas sini. Desa Tempur sendiri merupakan area persawahan yang berada di tengah-tengah barisan gunung-gunung kecil yang sangat indah dan memukau, mirip dengan yang ada di Tegalalang dan Jatiluwih di Bali.

Wisata Alam Jepara
Spot Foto di Puncak Distoroto, Photo by @dendy_cancer

Nah, jika Traveler ingin mencapai Puncak Distoroto, sebaiknya selalu berhati-hati karena rute jalan yang rawan bagi pesepeda motor, mengingat jalannya yang ekstrim dengan kondisi kiri dan kanannya adalah jurang.  Selain pemandangan indah dari pepohonan hijau hutan Pinus yang mempesona berbalut udara sejuk, Traveler dapat kemping disini.

Puncak Jehan

Puncak Jehan menyuguhkan panorama alam yang istimewa. Traveler dapat bersua foto di Gardu Pandang yang memiliki hawa sejuk khas pegunungan. Di sini juga dapat menyaksikan hutan hijau, dan garis pantai laut utara serta keindahan pemandangan Kareng Gunung Muria.

Bagi Traveler yang datang ke Puncak Jehan saat hari sedang cerah, dapat menyaksikan keindahan destinasi wisata yang lainnya seperti Benteng Portugis, Pulau Mandalika, dan Gua Manik.

Wisata Alam Jepara
Asri dan Sejuk di Puncak Jehan, Photo by @dendy_cancer

Yang perlu diperhatikan adalah, rute menuju Puncak Jehan ini jalannya sangat berkelok, juga lokasi parkir kendaraan yang ada di Puncak Jehan sangat terjal dan terdapat banyak bebatuan.  Harus hati-hati dan selalu waspada.  Puncak Jehan buka dari pukul 5 pagi sampai pukul 6 sore. Tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang dan tarif parkir untuk roda dua yaitu Rp 5.000,-

Danau Blingoh

Merupakan danau indah dengan pemandangan hutan dan bukit hijau. Danau Blingoh dapat ditempuh dari pusat kota Jepara selama kurang lebih 1 jam. Berlokasi di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Wisata Alam Jepara
Sensasi Keunikan Danau Blingoh, Photo by @adam9aluh

Tempat ini yang awalnya adalah tempat penambangan batu putih, yang kini menjadi danau kecil yang indah yang terbentuk pada musim hujan tiba.  Danau Blingoh memiliki air bersih dan hijau tosca, dengan dinding tembok batuan berwarna putih. Traveler yang datang ke tempat ini bisa mengabadikan momen keindahan sekitar danau dan berfoto bersama teman dan orang tercinta. Fasilitas di Danau Blingoh ini sudah terdapat area parkir, toilet dan tempat beristirahat.(Nay)