Berlibur Seharian di Pulau Pramuka

Liburan Murah ke Pulau

Pulau Pramuka
Hopping Island yang mengasyikkan, Photo by @travelbudies_id

Yuk, sejenak kita melepaskan kepenatan pikiran dan berlibur ke pulau.  Tidak perlu memakan waktu lama, cukup siapkan waktu dua hari satu malam, liburan seru ke sebuah pulau dapat dilakukan.  Asyiknya lagi jika pergi bersama keluarga, rekan kerja, sahabat, teman-teman di klub hobby, atau relasi lainnya.  Biayanya pun tidak mahal-mahal, dapat terjangkau isi kantong tapi sudah dapat menikmati perjalanan antar pulau, snorkeling, barbeque dan menikmati sunset dan sunrise di pulau yang jauh dari kebisingan rutinitas perkotaan.

Pulau Pramuka
Rezky & the Gank, menikmati keseruan di Pulau Pramuka

Pulau Pramuka, sebuah pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.  Ada beberapa keunikan yang ditawarkan oleh Pulau Pramuka. Disini, terdapat sebuah kelurahan bernama Kelurahan Pulau Panggang. Daerah ini dihuni oleh campuran beberapa etnis nusantara, seperti etnis Betawi, etnis Banten, etnis Bugis, hingga etnis Madura. Melihat kehidupan bagaimana penduduk dari latar belakang etnis yang berbeda hidup berdampingan dan berbaur secara aman sungguh sangat menyenangkan.  Yah, Kelurahan Pulau Panggang merupakan gambaran persatuan nusantara di tengah keberagaman. Dengan berinteraksi bersama penduduk setempat ini, membuat Traveler akan kagum dari keramahan penduduk Pulau Panggang ini.

Keunggulan berlibur ke Pulau Pramuka, karena disini fasilitasnya sangat komplit ketimbang pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu, termasuk akomodasi, fasilitas kesehatan, penyewaan peralatan snorkeling dan diving, ATM, rumah makan, dan sebagainya. Dari Pulau Pramuka, Travaler pun juga mudah melakukan wisata bahari ke pulau-pulau kecil tanpa penduduk yang ada di sekitarnya atau sebutannya hopping island. Seperti ke Pulau Karya, Pulau Air, dan Pulau Semak Daun, di mana terdapat beberapa spot snorkeling maupun diving yang indah.

Pulau Pramuka
Salah Satu Sudut di Jembatan Cinta

Banyak paket perjalanan wisata ke Pulau Pramuka, tidak terlalu mahal dan tidak makan waktu lama.  Seperti yang beberapa saat lalu dialami  Rezky Rangkuti, seorang traveler bersama kawan-kawan satu kost nya berlibur ke Pulau Pramuka.

Paket murah meriah seharga Rp 370.000 per orang, Rezky and teh gank menikmati paket perjalanan liburan ke Pulau Seribu mencakup dua hari satu malam.  Harga ini sudah termasuk biaya kapal laut dari Jakarta ke Pulau Pramuka PP, makan siang, makan malam, sarapan pagi, barbeque, penginapan di homestay dan peralatan snorkeling. Berangkat dimulai dari pukul 7 pagi di dermaga Kaliadem, deket Muara Angke, Jakarta.  Dari sini mereka naik kapal kayu yang memuat sekitar 60 orang.  Karena ini masih kondisi pandemik covit-19, jumlah penumpang pun dibatasi.  Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke Pulau Pramuka.

Begitu menginjakkan kaki di Pulau Pramuka, Traveler bakal terkesima dengan kebersihan pulau serta lautnya.  Saat di dermaga Pulau Pramuka, melihat air laut yang begitu jernih serasa ingin langsung menceburkan diri ke laut, berenang menikmati kejernihan airnya.  Saking jernihnya, ikan-ikan yang lalu lalang di dalam lautnya terlihat jelas.

Banyak kegiatan mengasyikkan yang dapat dilakukan selama mengisi liburan ke Pulau Pramuka ini.  Pastinya tidak akan lupa berfoto-foto, mengabadikan keindahan panorama di sekitar.  Salah satu spot foto yang seru di Pulau Pramuka adalah, jembatan cinta.  Jembatan ini terletak agak menjorok ke tengah laut dan berada di antara hutan mangrove.  Yah, begitu sampai ke Pulau Pramuka ini, Rezky and the gank pun tak mau menyia-nyiakan waktu begitu saja.  Trekking ke jembatan cinta pun jadi kegiatan pertama yang mereka lakukan.

Setelah puas berselfi ria di jembatan cinta, mereka pun menuju homestyay, tempat penginapan mereka.  Sampai dilokasi penginapan, langsung menyerbu sarapan makan siang dengan sajian utama ikan bakar yang fresh hasil tangkapan dari laut.

Pulau Pramuka
Jembatan Cinta spot berselfi ria

Setelah itu, mereka pun bersiap-siap dijemput dengan kapal kayu untuk melakukan perjalanan hopping island,  menyusuri pulau-pulau tanpa penghuni yang berada  di sekitar Pulau Pramuka, seperti ke Pulau Semak Daun, Pulau Karya dan Pulau Air.  Kegiatan utama dari perjalanan antar pulau ini adalah snorkeling dan diving.  Wilayah perairan di pulau-pulau ini menjanjikan keindahan alam bawah lautnya.  Ada sejumlah spot snorkeling yang cukup populer di Pulau Pramuka, seperti APL dan spot karang sempit. Dua spot ini terkenal karena terumbu karangnya yang indah serta ikan-ikan hias yang cantik.  Untuk peralatan snorkeling, biasanya sejumlah paket wisata yang ditawarkan sudah ada yang termasuk penyediaan peralatan snorkeling, sehingga Traveler pun tidak repot-repot lagi membawanya dari rumah.

Setelah puas snorkeling antar pulau, lalu kembali ke Pulau Pramuka, namun Rezky and teh gank mampir dahulu ke Pulau Panggang, pulau yang paling padat penduduknya di Kepuluan Seribu ini.  Ada sajian kuliner favorit disini, yaitu sate gepuk, sate yang terbuat dari ikan tongkol yang dihancurkan dan dicampur serundeng kelapa.  Namanya memang sate, tapi sajiannya tidak ditusuk melainkan dibungkus pakai daun pisang.  Sangat lezat dan gurih rasanya! Untuk menikmati sajian ini, Traveler harus pesan terlebih dahulu melalui tourguide saat perjalanan menuju tempat ini.

Begitu balik ke Pulau Pramuka, hari pun sudah menjelang malam.  Setelah menyantap hidangan makan malam di area homestay, Rezky and teh gank siap-siap meramaikan malam di Pulau Pramuka dengan ber-barbeque ria di pinggir laut, yang telah disiapkan oleh tim penyelenggara paket wisata ini. Yah, menikmati malam di Pulau Pramuka sangat indah, menciptakan kenangan yang berkesan.

Pulau Pramuka
Keindahan Panorama Sekitar, Photo by @nurultravel22

Sunrise di Pulau Pramuka sangat cantik.  Sinar mentari pagi menyambut hari, sangat begitu indah. Ini adalah hari terakhir dimana paket wisata perjalanan di Pulau Pramuka ini akan berakhir.  Namun sebelumnya benar-benar berakhir, Rezky and teh gank telah bersiap-siap untuk kembali melakukan perjalanan terakhir menjelang kembali ke Jakarta.  Dengan menyewa ojek (sebutan umum kapal laut yang disewa), mereka pun kembali ke Pulau Panggang untuk membeli oleh-oleh.  Sejumlah ikan hias, kulinar khas Pulau Pramuka seperti kripik sukun, bandeng tanpa duri, rumput laut, serta berbagai cinderamata buatan penduduk setempat.

Inilah paket hemat berlibur ke pulau, paket tidak makan waktu lama, hanya sesaat, namun berjuta kenikmatan yang dirasakan, berlibur sesaat ke Pulau Pramuka ini!

Sebenarnya masih banyak keseruan lainnya yang bisa jadi alternatif kegiatan yang mengasyikkan selama liburan ke Pulau Pramuka ini, seperti :

Penangkaran Penyu Sisik

Kegiatan ini tak kalah serunya.  Pelestarian penyu langka ini berada di Nusa Keramba, Pulau Pramuka. Disini Traveler dapat melihat langsung spesies Eretmochelys imbricata ini di habitat alaminya. Jika cukup beruntung, Traveler mungkin dapat melihat langsung penyu tua yang siap dilepas ke laut melalui tangan sendiri, lho!

Pulau Pramuka
Snorkeling, kegiatan favorit di Pulau Pramuka, Photoi by freediving_sociaty

Scuba Diving

Perairan di sekitar Pulau Pramuka sangat ramah dan aman untuk aktivitas ini. Jadi, meski masih pemula, Traveler tidak perlu ragu untuk mencobanya karena ada diver berpengalaman yang akan memandunya.

Memancing

Spot memancing favorit di sekitar pulau ini adalah di sekitar dermaga. Namun jika ingin lebih seru lagi, Traveler dapat menyewa kapal tradisional untuk memancing di pulau-pulau sekitarnya. Selain ikan yang tersedia lebih banyak dan berukuran lebih besar, aktivitas ini juga lebih menyenangkan karena sekaligus dapat menjelajahi pulau-pulau kosong yang terkenal keindahannya. Beberapa spesies ikan yang banyak ditemukan di sekitar pulau adalah hiu, kerapu macan, bawal, snapper, dan jenis lainnya.

Pulau Pramuka
Sunset, Begitu Menjanjikan Keteduhan Jiwa, Photo by @wowok_birowo

Penanaman Bakau

Hutan bakau sangat penting untuk konservasi lingkungan pesisir, terutama mencegah abrasi. Berkunjung ke hutan bakau menambah wawasan tentang manfaatnya bagi lingkungan. Dan yang serunya di kegiatan ini, Traveler mendapatkan spot berfoto dengan latar yang sangat bagus.

Keramba Ikan

Berkunjung ke fasilitas budidaya ikan tentunya tidak sama dengan berkunjung ke pasar ikan. Di Pulau Pramuka, banyak nelayan yang membudidayakan ikan untuk konsumsi penduduk setempat, bahkan ikan-ikan budidaya ini seringkali menjadi oleh-oleh bagi wisatawan. Dengan berkunjung ke fasilitas budidaya ikan, Traveler juga akan mendapat pengetahuan berbagai jenis spesies ikan.

Bersepada

Traveler dapat menjelajahi pulau ini hanya dalam waktu 1 jam dengan bersepeda! Aktivitas ini digemari wisatawan di pagi hari atau menjelang senja, saat ingin menikmati sunset dan sunrise sambil menikmati puas panorama Pulau Pramuka ini.(Niel/Thx to Rezky)