Tiga Destinasi Wisata Populer Kota Jayapura, Salah Satunya Bukit Jokowi

Destinasi Wisata di Papua
Bukit Jokowi yang selalu ramai, Photo by @papuaexplore

Papua merupakan rumah bagi pemandangan yang menakjubkan terutama bagi para petualang. Terkenal dengan Raja Ampatnya, Papua juga merupakan rumah bagi destinasi wisata menarik lainnya yang bahkan mampu dijangkau oleh wisatawan dengan anggaran terjangkau.

Namun selain Rajamapat, ada pula Kota Jayapura, sekitar 25 kilometer dari Bandara Sentani, memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi. Kota Jayapura memiliki relief bumi yang bervariasi berupa dataran landai hingga perbukitan dan pegunungan.

Destinasi Wisata ke Papua
Kesejukan di Air Terjun Cyclop, Photo by @akagami_g

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Jayapura ada beragam wisata alam mulai dari pantai, danau hingga bukit. Berikut ini rekomendasi daftar tempat wisata di Jayapura yang bisa dikunjungi saat berada di kota ini.

Air Terjun Cyclop

Terletak di dekat bandara Sentani, air terjun ini dapat dicapai dengan hiking di sepanjang jalur pegunungan selama 20 menit. Untuk menuju tempat ini, Traveler harus siap secara fisik karena akses yang melintasi batuan besar dan tanjakan.

Meskipun perjalanannya cukup menantang, perjalanan ini dibuat berharga dengan pemandangan hutan sekitarnya yang menakjubkan di lereng gunung, batu-batu besar dan air terjun yang jernih. Rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang menawan, Air Terjun Cyclop.  Airnya nan jernih mengalir deras di antara bebatuan berpadu dengan rimbunnya pepohonan di sekitar, semakin menambah asri suasana di tempat ini.

Wisata ke Papua
Menikmati keindahan Alam di Danau Sentani, Photo by @raymond@raymondchin10

Danau Sentani

Danau terluas di Papua, Danau Sentani begitu besar hingga memiliki 21 pulau kecil di dalamnya. Danau ini mudah dijangkau dan pengunjung dapat memilih untuk menikmati keindahannya dengan menavigasi menggunakan perahu wisata.

Danau Sentani merupakan ikon Kota Jayapura yang sudah tenar eksotismenya di kalangan wisatawan. Tempat ini menawarkan suasana damai paripurna yang sangat cocok untuk refreshing dan menghilangkan stres. Danau seluas 245 hektar ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati, seperti area camping, penginapan alam dan pada waktu tertentu diadakan pertunjukan adat setempat.

Wisata ke Papua
Danau Sentasi begitu Mempesona, Photo by @jayawijayaexplore

Jadi selain menyaksikan panorama alam yang menakjubkan, Traveler juga bisa menikmati kearifan budaya masyarakat. Dalam upaya untuk menarik pengunjung, situs ini menyelenggarakan Festival Danau Sentani setiap tahun, biasanya pada pertengahan tahun, ketika pengunjung dapat menikmati beragam masakan dan pernak-pernik dari Papua, serta berbagai pertunjukan budaya.

Bukit Jokowi

Bukit Jokowi (Bukit Jokowi) dapat ditemukan di pendakian Skyline di Jayapura. Seperti yang bisa ditebak, nama tersebut terinspirasi dari Presiden Joko Widodo (jokowi). Di sana Traveler dapat melihat keindahan Teluk Youtefa. Ternyata nama bukit Jokowi diberikan oleh pemilik warung minuman, menyusul kunjungan Presiden.

Dari kejauhan dua plengkung seperti tangan saling berjabatan erat, itulah jembatan Holtekam. Jembatan berwarna merah di latar belakang biru langit langsung membuat siapa pun berdecak kagum.  Di sisi sebelah kiri jembatan, seperti sebuah baja lurus yang dilempar begitu saja, ternyata adalah ring road yang akan menghubungkan Skyline dengan pantai Hamadi, tembus ke jembatan merah Holtekamp. Di kawasan Holtekamp ini pun sedang dibangun PLTU.

Wisata ke Papua
Spot Instagramable di Bukit Jokowi, Photo by @papuagirl

Soal Bukit Jokowi yang menjadi titik pandang pembangunan infrastruktur itu pun tak bisa dilupakan. Masyarakat membuat bangunan menyerupai honai. Di situ pengunjung bisa duduk-duduk menikmati indahnya alam sambil minum air kelapa atau apa pun minuman yang disediakan para pedagang.(Ipg)