Waktu Yang Tepat bagi Penyelam di Taman Nasional Bunaken

Bulan Mei hingga Agustus air laut sangat jernih dan hangat.

foto by Manado Adventure

Taman Nasional Bunaken bisa dibilang surga bagi para wisatawan, khususnya penyelam. Wilayah ini terkenal akan keindahan bawah lautnya yang luar biasa kerennya. Maka tak heran Bunaken menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit.

Taman Nasional Bunaken terletak di segitiga terumbu karang, serta menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan diantaranya ikan oci putih (seriola rivoliana), ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), dan banyak lagi,  juga moluska, reptil dan mamalia laut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bunaken terutama untuk para penyelam, antara Mei hingga Agustus. Pada periode ini air laut sangat jernih dan hangat. Tentunya kondisi ini akan membuat penyelaman kita semakin nyaman karena jarak pandang kita lebih maksimal. Dan keindahan pemandangan bawah lautnya pun sangat jernih dipandang.

Ingat, jangan lupa siapkan kamera terbaik dan unggah foto terbaik ke media sosial. Tidak perlu khawatir lola atau loading lama karena di Bunaken tersedia jaringan 4.5G dari XL Axiata yang memiliki jaringan internet stabil.

Sementara itu, periode yang tidak dianjurkan datang yaitu pada Desember hingga Januari, karena kondisi laut yang sedang pasang dan kotor. Akibatnya saat menyelam menjadi kurang menyenangkan karena tidak bisa melihat dengan jernih.

Selain harus mempertimbangkan waktu terbaik, sebaiknya untuk berangkat menuju Bunaken harus lebih pagi. Jarak tempuh dari Pelabuhan Manado untuk menyeberang ke Bunaken memakan waktu kurang lebih 30-40 menit. Waktu tempuh ini berbeda-beda, tergantung jenis kapal yang kita pilih.

Harganya pun berbeda-beda. Kisaran harga sewa perahu untuk menyeberang ke Taman Laut Bunaken mulai dari Rp700.000 hingga Rp2.000.000-an, dan kapal ini bisa muat hingga 15 orang.

So, matangkan persiapan untuk perjalanan ke Taman Nasional Bunaken dan  ayo cobain jaringan XL Axiata, dengan produknya XL dan Axis,  jaringan internetnya jadi lebih stabil. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi