Kuliner Lampung Terfavorit

Tidak afdol rasanya, ketika berkunjung ke suatu daerah tanpa turut merasakan makanan favoritnya.

Siapa yang tidak tergoda mencicipi makanan khas daerah setempat. Tidak afdol rasanya, ketika berkunjung ke suatu daerah tanpa turut merasakan makanan favoritnya. Tapi, jangan sembarang icip, cari tahu dulu bagaimana rasa dan suasananya. Paling aman, cari saja kuliner yang namanya sudah viral.

Seperti di Lampung ini, beberapa makanan sangat viral karena makanan yang disajikan menampilkan rasa yang menggugah selera.

Bakso Sony

Bakso Sony terkenal tidak hanya di kalangan warga setempat saja, tetapi juga bagi wisatawan. Bakso ini digandrungi karena daging baksonya yang lembut, kenyal, dan padat. Selain baksonya yang enak, kuahnya juga tidak kalah nikmat. Berwarna bening dengan sensasi gurih dan sedikit berlemak dan gurih. Di makan dengan kondisi bening saja (tanpa campuran kecap, saos) sudah sangat nikmat.

Di Lampung, keberadaan bakso sony sudah menyebar di 10 outlet. Salah satu cabang yang paling terkenal adalah Bakso & Mie Ayam Haji Sony yang beralamatkan di jalan Wolter Monginsidi No 42 A Kota Bandar Lampung.

Sambal Seruit

Tidak kenal sambal seruit? Iih rugi!! Merupakan sambal berbahan aneka cabai pedas, garam, rampai, dan terasi bakar yang dihaluskan. Ditambahkan irisan mangga muda untuk menambah sensasi asam dan pedas pada sambalnya. Setelah sambal jadi, bisa disajikan di atas ikan pindnag atau ikan bakar. Dimakan bersama nasi panas dan lalapan seperti daun kemangi, terong bakar, dan mentimun akan menambah nikmat makan sambal seruit.

Di sebagian daerah Lampung, sambal seruit sering disajikan dengan Tempoyak. Tempoyak adalah sambal berbahan dasar durian yang sudah diawetkan dan difermentasi. Jadi, setelah makan sambal yang pedas dari seruit, kemudian dinetralisir dengan makan tempoyak yang rasanya asam manis seperti yoghurt.

Membayangkannya saja sudah sangat nikmat bukan? Oh iya, sayangnya sambal seruit tidak bisa dibawa sebagai oleh-oleh, karena dibuat dari bahan yang segar dan tanpa pengawet, sehingga sebaiknya anda mencicipinya langsung.

Kopi Lampung

Lampung juga terkenal akan khas aroma kopinya. Kopi Lampung umumnya berjenis kopi robusta yang halus dan beraroma sangat kuat. Satu seruput saja bisa mengusir ngantuk dan membuat mata terjaga. Salah satu tempat ‘ngopi’ di Lampung yang menyediakan sajian kopi lampung asli dengan harga yang terjangkau, adalah SideWalk Coffe yang lokasinya di pinggir jalan Tugu Adipura Bandar Lampung. Selain bisa dinikmati di tempat, kopi lampung juga bisa dijadikan oleh-oleh. Telah banyak sentra oleh-oleh yang menyediakan kopi lampung di tokonya, tinggal pilih saja.