Watu Gunung Ungaran Yang Mempesona

Dilengkapi dengan adanya Rumah Adat Tradisional Jawa

Watu Gunung Ungaran
Wisata Menyejukkan di Semarang, Photo by @wisatausa

Ungaran merupakan salah satu destinasi wisata unggulan dan favorit Kota Semarang. Berbeda dengan Kota Semarang yang pada umumnya terkesan panas, Ungaran lebih sejuk dan udara di sekitarnya sangat menyegarkan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi inilah, yaitu di lereng Gunung Ungaran, yang membuat udara di Ungaran lebih dingin dan segar. Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung berapi tipe stratovolcano di Indonesia. Tingginya sekitar 2.050 mdpl.  Asyiknya lagi, di bagian kaki Gunung Ungaran terdapat sumber air panas yang dimanfaatkan untuk berendam. Tak heran Ungaran jadi inceran wisatawan untuk didatangi, terutama wisata ke pemandian Watu Gunung Ungaran di Kecamatan Ungaran Barat.

Watu Gunung Ungaran
Tiga Kolam Renang Pilihan, Photo by @semarangprojects

Watu Gunung Ungaran disebut juga Kolam Renang Lerep, dengan airnya yang sangat jernih, berasal dari sumber mata air di lereng Gunung Ungaran ini.  Segarnya air di Watu Gunung Ungaran, memanjakan pengunjung yang menghabiskan waktu untuk berendam dan menikmati alam sekitar yang sangat mempesona.  Watu Gunung Ungaran memiliki konsep wisata alam buatan dengan nuansa pegunungan yang asri, yang lebih menonjolkan nilai artistik dan klasik.

Watu Gunung Ungaran
Udara Segar dan Pemandangan nan Asri, Photo by @watugung_lerep_ungaran

Kawasan pemandian ini dibuat dalam konsep tradisional, sehingga kesan natural alami pedesaan sangat kental.  Traveler akan menemui saung-saung atau pendopo yang berukuran kecil dengan bentuk yang sangat tradisional. Beberapa spot foto yang sangat kental berbau tradisional dapat diciptakan disini, seperti adanya Rumah Joglo, rumah adat khas Jawa beserta peralatan gamelannya. Rumah-rumah gaya tradisional ini dibuat dengan tujuan untuk menghidupkan kembali budaya Jawa yang sudah jarang di temui.

Terdapat tiga kolam renang yang dapat dipilih untuk menghabiskan waktu di Watu Gunung Ungaran ini. Kolam yang terdalam hanya memiliki kedalaman sekitar 120 centimeter saja.  Sehingga tetap aman untuk keluarga berenang disini.

Watu Gunung Ungaran
Memancing di Danau, Photo by@ watugunung_lerep_Ungaran

Watu Gunung Ungaran yang terletak di Jalan Srikandi Raya no 1 Desa Lerep, Ungaran Barat – Semarang, lokasinya terbilang jauh dari pusat Kota Semarang, dengan jaran sekitar 20 kilometer, sementara dari Kota Salatiga memiliki jarak sekitar 33 kilometer.

Akses menuju kesini tidak terlalu sulit, karena sudah banyak tanda-tanda penunjuk jalan yang mudah diikuti. Dari Kota Semarang, akan memerlukan waktu perjalanan sekitar 40 menit dalam kondisi normal.  Sementara dari Kota Salatiga waktu tempuh sekitar 50 menit.  Begitu sampai di Alun-Alun Ungaran, lanjutkan perjlanan ke arah Bukit Lerep.

Karena berada di dataran tinggi, jalan menuju wisata Ungaran naik turun, dikelilingi hijaunya pepohonan serta bukit-bukit menjulang yang tampak menakjubkan.  Udara sekitar pun sangat segar jauh dari polosi.

Watu Gunung Ungaran
Rumah Joglo, Menjaga Tradisional Tetap Ada

Banyak kegiatan seru lainnya yang dapat dilakukan di Watu Gunung Ungaran.  Disini terdapat banyak tempat-tempat menarik lainnya seperti danau buatan seluas 60 meter persegi yang dalamnya sekitar 2 meteran, dimana Traveler dapat menyalurkan kegeraman memanciangnya disini, juga ada  rumah adat klasik lengkap dengan properti didalamnya yang seru untuk sesi pemotretan, taman-taman dengan gazebo dan bangku untuk duduk bersantai.(Rafa)