Wisata Air Pariangan HSS yang Makin Viral

Traveler Dapat Makan di Atas Aliran Air Sungai

Wisata Air Pariangan
Lanting Paring Siap Mengajak Traveler Berkeliling Sungai

Wisata Air Pariangan atau yang juga disebut sebagai Wisata Sungai Pariangan merupakan wisata alam yang ‘dikemas’ dengan tema unik dan sangat menarik untuk disambangi.  Wisata ini memang sedang ramai dibicarakan banyak orang.  Bahkan, tempat ini menjadi viral di sosial media, seperti instagram dan Facebook. Kini, ratusan pengunjung datang ke sana tiap hari tak hanya di hari libur. Yah, wisata yang digarap masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), saat ini ramai didatangi banyak orang.

Kontributor www.indonesiatraveler.id, Muryati pun menyambangi pasar unik ini.  Muryati yang berasal dari Kabupaten Kandangan Kalimantan Selatan namun sekarang tinggal di Jakarta ini, merasa takjub dengan sungai yang saat dulu waktu dia remaja merupakan sungai yang hanya disinggahi untuk berleha-leha sekedar melihat panorama sekitar sungai atau bermain air di sungai.  Namun sekarang, Wisata Air Pariangan ini benar-benar membuatnya takjub!

Wisata Air Pariangan
Saat Menikmati Lanting Paring

Ini merupakan wisata air yang memanfaatkan segala potensi sungai.  Dengan berlokasi di lereng Pegunungan Meratus, Wisata Air Pariangan ini menjadi viral di sosial media, seperti instagram dan Facebook. Banyak pengunjung yang datang ke sana tiap hari tak hanya hari libur, juga hari-hari biasa.   Salah satu daya tarik wisata ini yang benar-benar menydot perhatian banyak pengunjung adalah, tersedianya meja makan lengkap dengan bangku ala rumah makan di tengah sungai, yang dihiasi payung warna warni. Sangat unik dan penuh keasyikkan tersendiri, jika menyantap makanan disini sambil menikmati air mengalir dibawah kaki serta memandang indahnya alam panorama sekitar tanpa halangan apapun.  Apalagi, banyak warung-warung buka di sungai ini, Traveler dapat mencicipi kuliner tradisional setempat sambil duduk-duduk di tengah sungai sembari main air.

Wisata Air Pariangan
Menyantap Makanan di Atas Aliran Sungai, Photo by Banjarmasin Post

Sensasinya sangat luar biasa seru.  Kolaborasi antara hawa yang menyejukkan, Jernihnya air mengalir dengan dasar bebatuan, serta hijaunya pemandangan di sekitar sungai nan asri. Pepohonan yang tumbuh di pegunungan Meratus Hulu Sungai Selatan itu, membuat pengunjung menyatu dengan alam.

Dasar sungai nya penuh bebatuan dan airnya jernih sekali. Sungai ini dikelilingi pegunungan dengan hutan dan semak yang masih alami.  Keseruan lain dan unik disini yaitu, Traveler dapat menikmati  armada Lanting Paring, yaitu rakit yang dibuat dari batang bambu yang di susun dan diikat kuat, sehingga pengunjung dapat menikmati indahnya sungai dan pemandangan sekitar pegunungan menaiki Lanting Paring ini. Lanting Paring, siap membawa Traveler yang ingin bersantai menyusuri sungai sambil menikmati air jernih di sungai yang dikelilingi hijau pepohonan di pegunungan Meratus. Biaya naik Lanting Paring per-orang dikenai Rp 10.000,-

Selain itu, di tempat wisata ini  Traveler dapat mencicipi es khas kota setempat, yaitu Es Lahang.  Es ini terbuat dari bahan dassarnya gula aren.  Lahang diambil dari pohon aren, dimasak sampai kenta, dan menjadi gula aren yang sangat lezat.

Wisata Air Pariangan
Menikmati Es Lahang, khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Wisata Air Pariangan merupakan wisata sungai yang sangat instagramable, dengan keunikannya tersajinya meja makan di tengah sungai.  Traveler yang ingin menikmati suasana ini, dapat makan di atas aliran air sungai.  Wisata ini berada di dusun Pariangan Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Banjarmasin.  Untuk menuju ke wisata ini, dari Kandangan, ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan menuju Desa Batu Bini, arah ke Kecamatan Padang Batu sekitar 15 kilometer.  Kemudian masuk lagi, jika ketemu persimpangan dekat sebuah masjid, lalu menuju jalan cukup sempit sekitar tiga kilometer. Meski jalanan agak sempit, namun kendaran roda 4 dapat melaluinya. (Muryati / Kontributor)