Menikmati Kuliner Legendaris Singkawang, Bubur Pekong

Irisan Daging Sapinya yang Khas

Bubur Pekong
Menggiurkan dnegan Toping Beragam

Namanya Bubur Pekong.  Merupakan bubur khas daerah Pekong yang memiliki keunikan dalam rasa dan penyajiannya.  Bubur Pekong merupakan menu sarapan legendaris di Singkawang. Letaknya strategis dan rasanya terkenal sangat lezat. Bukan hanya itu, harganya pun terjangkau.

Cita rasa dari bubur pekong ini memang sangat menggugah selera, siapapun yang mencobanya pasti ketagihan.  Karena bukan hanya kuah kaldu sapinya saja yang sangat enak tetapi dari buburnya juga sangat lembut, apalagi penyajiannya ditambah irisan daging sapi, kacang goreng, ikan teri dan emping belinjo menambah kelezatan bubur ini.  Sedikit irisan daun bawang dan bawang goreng menjadi sempurna rasa kelezatan Bubur Pekong ini.

Bubur Pekong
Kuah Kaldu Daging Jadi Ciri Khasnya

Lokasi tempat Bubur Pekong sangat mudah ditemui.  Karena letaknya sangat strategis yaitu di pusat kota Singkawang tepatnya di belakang Pekong Tua Singkawang, di Jalan Niaga, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang, Kalimantan Barat.   Keberadaan rumah makan bubur ini sudah ada sejak lebih dari 40 tahun yang lalu.  Sejak dulu, Bubur Pekong sudah menjadi menu sarapan bagi warga setempat dan akhirnya makin terkenal serta jadi favorit wisatawan yang datang ke kota ini.

Warung Bubur Pekong ini memiliki dua pilihan tempat atau ruangan, yakni indoor dan outdoor.  Pengunjung banyak memilih makan di ruangan terbuka, serasa menyatu dengan suasana Singkawang.  Yah, suasana outdoornya pun juga sangat klasik, meja dan kursinya berada di lorong gang dan sangat seru untuk diabadikan dalam sesi photo.

Bubur Pekong
Bubur Legendaris yang selalu diburu

Kelezatan Bubur Pekong memang sangat beda, apalagi dibanding dengan bubur ayam pada umumnya.  Isian Bubur Pekong dengan paket komplit terdiri dari bubur yang diberi racikan ikan teri goreng, irisan kecil daging sapi, lobak, kacang goreng, daun bawang, taburan bawang goreng dan tak lupa kuah kaldu daging sapi dan emping sebagai pelengkap, membuat sajian ini begitu nikmat tiada tara!(Rafa)