Wisata Alam di Negara Brunei Darussalam

Begitu banyak tempat wisata yang asyik dikunjungi

Brunei, Agro Technology Park
Brunei, Agro Technology Park

Brunei Darussalam adalah negara kecil di Asia Tenggara yang terkenal dengan kemakmuran dan kedisiplinan dalam menjalankan syariat Islam. Namun demikian, Brunei merupakan tempat wisata yang bisa dikunjungi siapapun tak terkecuali. Negara berbentuk monarkhi ini begitu banyak tempat wisata yang asyik dikunjungi, salah satunya yaitu wisata alam.

Berikut ini, Indonesiatraveler.id menampilkan beberapa wisata alam di negara Brunei yang paling favorit dijelajahi. Yuk, simak!

Brunei, Pantai Berakas
Brunei, Pantai Berakas

Pantai Berakas

Pantai Berakas merupakan kawasan pantai yang sangat indah dan menarik di Brunai.  Pantai ini terletak dalamTaman Rekreasi Hutan Berakas yang terletak di sepanjang jalan raya Muara Tutong. Pantai ini benar-benar sudah tercipta untuk dijadikan tempat wisata, sehingga fasilitasnya pun lengkap seperti adanya taman bermain bagi anak-anak, serta pondok untuk wisatawan dalam menikmati keindahan pantainya.

Pasir putih pantainya nan elok dan bersih, menjadi daya tarik untuk selalu dikunjungi. Tidak hanya itu, ombaknya pun cukup ramah, sehingga nyaman untuk bermain air sambil menikmati kejaran ombak yang silih berganti.

Menanti keindahan sunset di Pantai Berakas menjadi hal yang tak boleh ditinggalkan. Menikmati rona yang menawan di langit. Berpadu dengan warna oranye matahari nan elok sekali, sembari menikmati kesenduhan semilir angin pantai yang tak pernah padam.

Brunei, Proboscis Safari River
Brunei, Proboscis Safari River

Proboscis Safari River

Brunei memiliki hewan khasnya yaitu Proboscis monkey atau yang disebut dengan monyet bekantar. Ciri khas dari hewan ini adalah memiliki hidung yang panjang serta berwarna merah. Nah, untuk melihat kera-kera ini, Traveler harus mengunjungi safari river yang menjadi pusat habitatnya. Terletak di Bandar Sri Begawan mempermudah Traveler untuk dapat mengunjungi kawasan ini. Kawasan ini buka pada pukul 7 pagi dan tutup pada pukul 3 sore.

Untuk bisa mencapai kawasan ini disarankan memilih berbagai macam paket tur yang sudah menyediakan jasa perjalanannya. Dengan paket tur ini, dapat puas mengamati dan menikmati segala tingkah laku kera ini. Menghadapi hewan ini tidak usah perlu takut, karena monyet-mpnyet ini sangat ramah jika bertemu wisatawan.

Brunei, Taman Nasional Ulu Temburong
Brunei, Taman Nasional Ulu Temburong photo by BlackExperience

Taman Nasional Ulu Temburong

Taman Nasional Ulu Temburong atau dikenal dengan sebutan The Green Jewel of Brunei, merupakan tempat wisata yang sangat menarik di Brunei, terutama bagi Traveler yang menyukai wisata alam. Taman nasional ini  terletak di antara sungai Temburong dan Belalong yang memiliki luas sekitar 50.000 hektar, namun hanya 100 hektar yang dijadikan taman untuk di kunjungi. Beberapa macam rekreasi yang ditawarkan seperti menyusuri sungai dengan perahu, menikmati beberapa air terjun dan camp-camp untuk tempat istirahat.

Lokasi ini dikenal sebagai surga keanekaragaman hayati di Brunei dan memiliki lebih dari 40 spesies kupu-kupu dan semut langka. Daya tarik yang lain adalah terdapatnya Canopy Walkway yang digunakan untuk menikmati keindahan hutan tropis dari atas ketinggian 60 meter. Untuk menuju ke Taman Nasional Ulu Temburong ini, Traveler akan bepergian menggunakan longboat menyusuri sungai.

Brunei, Tasek Lama Recreational Park
Brunei, Tasek Lama Recreational Park

Tasek Lama Recreational Park

Inilah di taman rekreasi yang mempunyai keindahan alam luar biasa menakjubkan. Kawasan yang memiliki pesona air terjun ini menjadi tujuan utama Traveler datang kesini. Selain mempunyai keindahan alam yang eksotis, kawasan ini adalah tempatnya yang tidak jauh dari perkotaan sehingga mudah dijangkau.

Di sini Traveler dapat menyusuri hutan dengan dimanjakan oleh pemandangan nan elok. Suhu udara disini pun juga sangat menyegarkan. Cobalah menghirup udara panjang, dan rasakan kenikmatan alam yang sesungguhnya. Rute menuju air terjun, yang merupakan tempat terfavorit di tempat ini cukup menyita waktu dan agak terjal, untuk itu, Traveler wajib membawa minuman yang cukup agar tidak kehausan.

Saat yang tepat berkunjung ke air terjun disini yaitu pada musim penghujan. Karena air terjun yang mengalir akan sangat deras sehingga pesonanya sangat elok dipandang. Gemuruh suara jatuhnya air pun menjadi irama alam yang selalu memanggil untuk dinikmati. Jam operasional kawasan ini akan buka pada pukul 6 pagi dan akan tutup pada pukul 6 malam.

Brunei, Andulau Forest Reserve
Brunei, Andulau Forest Reserve

Andulau Forest Reserve

Andulau Forest Reserve merupakan satu destinasi wisata yang sangat menarik dan mengesankan di Brunei. Yah, tempat ini begitu menarik, dimana hutan reservasi yang merupakan hutan sekaligus taman buatan yang terletak di Belait-Tutong, menjadi tempat yang sangat menyegarkan dan mengasyikkan untuk dijelajahi. Waktu terbaik untuk menjelajahi kawasan ini adalah waktu musim panas. Karena, bila pada musim penghujan, jalanan becek dan akan menyusahkan dalam melangkahkan kaki.

Tempat ini mencakup sekitar 14 hektar hutan yang sebagian besar tidak tersentuh. Jika Traveler berjalan di sepanjang jalan, akan menemukan banyak pohon yang diklasifikasikan dan diberi label. Ada danau-danau sejuk tempat berenang diperbolehkan. Juga ada sebuah jalan kanopi di puncak pohon. Selain itu, hutan ini juga diramaikan oleh aneka mamalia.  Mamalia yang ditemukan di sini termasuk tupai pisang, kera ekor kuda, siamang Kalimantan, kelelawar daun tapal kuda bundar dan kukang terbang.

Menurut Departemen Kehutanan Brunei, Cagar Hutan Andulau adalah Hutan Dipterocarpus Campuran. Tipe ini adalah tipe hutan yang paling dominan di hutan perbukitan Brunei, yang terdiri dari 41% dari semua hutan di negara ini. Ini juga merupakan tipe hutan yang paling seragam tetapi paling kompleks.(Niel)