Sajuta Janjang, Tembok Cina dari Sumatra Barat

Menyuguhkan keindahan panorama alam di lereng gunung Singgalang

Bukittinggi, Sajuta Janjang
Bukittinggi, Sajuta Janjang

Sajuta Janjang merupakan objek wisata baru  yang menyuguhkan panorama alam di lereng gunung Singgalang. Keindahan daerah ini sangat memikat. Tak heran saat ini banyak wisatawan yang berburu menikmati keindahan Sajuta Janjang ini. Bahkan saat ini tempat tersebut menjadi ikon utama Kabupaten Agam. Janjang yang menjadi jalur menuju objek wisata ini mirip dengan tembok China. Kemudian ditambah dengan eksotisme kabut dan pepohonan pinus yang menjadi satu kesatuan keindahan Sajuta Janjang ini.

Butuh sedikit perjuangan, untuk mencapai puncak kenikmatan di Sajuta Janjang ini. Yah, terlebih dahulu Traveler harus menaiki ratusan anak tangga agar sampai di puncaknya. Namun demikian, ketika menanjak, suguhan panorama alam Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam wilayah Timur akan memanjakan mata penikmatnya. Rasa lelahpun tak akan dirasa. Selain itu, saat sedang manaiki anak tangga, Traveler juga di suguhkan oleh kebun sayur milik warga setempat. Hijau dan ranumnya sayuran, menambah elok panorama sepanjang perjalanan. Data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Agam, panjang rute hingga puncaknya yang diberi nama pelataran pinus itu mencapai 3,7 kilometer.

Bukittinggi, Sajuta Janjang
Bukittinggi, Sajuta Janjang

Setelah melewati anak tangga dan tiba di puncak, Traveler akan sampai di pelataran pinus. Di sini banyak sekali pohon pinus yang tumbuh, menambah indah panorama alam. Rasa lelah selama di perjalanan saat menanjak pun terbayar lunas. Traveler dapat menikmati pemandangan keindahan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam bagian Timur dari ketinggian ± 1200 MDPL. Jika menengok ke arah kanan, pandangan Traveler pun juga dimanjakan dengan gagahnya Gunung Marapi yang berdiri tegak persis disebelah Gunung Singgalang.

Ketika di atas puncak, Traveler tak perlu kebingungan untuk mencari makanan. Karena masyarakat setempat sudah banyak yang berjualan. Berbagai makanan seperti Snack, mie instan, karupuak kuah, pensi, air mineral, kopi, dan sebagainya tersedia disana.

Bukittinggi, Sajuta Janjang
Bukittinggi, Sajuta Janjang

Sajuta Janjang dengan plataran Pinus Lereng Singgalang, berada di Kanagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dari pusat kota Agam, berjarak sekitar 42 km menuju lokasi wisata Janjang Sajuta, dengan waktu tempuh dengan waktu 1.5 jam.

Beberapa spot sepanjang jalur Janjang Sajuta maupun Pelataran Pinus dibangun cukup tinggi agar tampak semakin indah. Tentu hasil foto di spot-spot semacam itu akan begitu bagus. Namun, jelas hendaknya harus selalu berhati-hati saat berfoto di spot foto ketinggian seperti itu. Selain fasilitas utama berupa jalan setapak bertangga dan plaza, Janjang Sajuta juga memilki fasilitas penunjang wisata lainnya seperti Musholla, toilet, dan pos jaga.

Bukittinggi, Sajuta Janjang
Bukittinggi, Sajuta Janjang

Untuk memasuki lokasi ini, Traveler harus sudah sampai di lokasi saat siang hari. Tujuannya agar para pengunjung tetap masih dapat menikmati keindahan panorama sekitarnya. Pemerintah setempat pun hanya membuka kunjungan hingga pukul 17.00 saja, dikarenakan untuk keamanan pengunjung itu sendiri. Kontur alam yang penuh tanjakan dan berliku, tidak memungkinkan dikunjungi saat gelap.(Niel)