Tersihir Keindahan Goa Hukurila

Kekayaan bawah lautnya sangat menyita perhatian

Ambon, Goa Hukurila
Ambon, Goa Hukurila

Keindahan pantai dan laut Maluku memang sudah menjadi sebuah ciri khas Ambon, seperti Pantai Hukurila dan kehidupan bawah lautnya. Pantai yang terletak di Selatan Maluku itu memang masih jarang dikunjungi wistawan lokal maupun mancanegara. Padahal letaknya tak jauh dari pusat Kota Ambon sekira 15 km. Salah satu yang paling terkenal dari Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan Ambon adalah goanya. Di desa tersebut memang terdapat beberapa goa yang berada didalam lautan.

Goa bawah laut di Hukurila memang jadi salah satu pilihan para wisatawan yang khusus datang untuk menikmati keindahan bawah laut yang orisinil. Lingkungan yang sangat terjaga membuat goa ini terasa sangat spesial dan beda dari gua bawah laut lainnya. Sederet kekayaan bawah lautnya sangat menyita perhatian dan pastinya akan membuat para penyelam betah berlama-lama di kedalamannya. Sulitnya medan juga menjadi tantangan yang tak terpisahkan saat menjelajahi Goa Hukurila. Memicu adrenalin penyelam sejati. Namun, begitu hamparan keindahan yang merajai disana, menepis segala kesulitan.

Ambon, Gua Hukurila
Ambon, Gua Hukurila photo by Samudranesia

Diving sambil menelusuri goa-goa bawah laut, menikmati keindahan terumbu karangnya yang cantik-cantik dan berwarna-warni, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Goa bawah laut di Hukurila ini memiliki beberapa pintu masuk dan sejumlah tumpukan batu yang cukup besar. Salah satu pintu masuk ke goa ini ada yang berbentuk celah sempit dengan lebar sekitar dua hingga tiga meter saja. Memang, pintu masuk yang berbentuk celah sempit ini memberikan kesan sedikit menyeramkan, namun hal ini malah memberikan sensasi tersendiri bagi para penyelam. Apalagi keindahan bawah laut yang menakjubkan dapat dilihat setelah berada di goa bawah laut ini.

Dunia bawah laut Hukurila memang terbilang cukup kaya. Hal ini dapat terlihat dari berbagai jenis terumbu karang yang hidup di bawah lautnya. Salah satu yang paling banyak ditemui adalah terumbu karang jenis Acropora. Jenis terumbu karang ini banyak hidup di kedalaman tiga hingga 15 meter. Jika menyelam hingga kedalaman 20 meteran, Traveler akan dibuat takjub dengan berbagai macam biota laut yang sangat unik, seperti Lion fish, Schooling fish, ikan Nemo. Belum lagi kehadiran hamparan soft coral yang indah, membuat para penyelam betah berlama-lama di goa ini. Tempatnya yang sangat jarang terjamah manusia membuat lingkungan laut Hukurila masih sangat asri dan sangat terjaga.

Ambon, Gua Hukurila
Ambon, Gua Hukurila

Waktu yang terbaik untuk menjelajahi Goa Bawah Laut Hukurila yaitu sekitar bulan November hingga bulan Desember. Karena pada waktu tersebut gelombang air laut lebih tenang dari biasanya, sehingga lebih aman dan nyaman untuk beraktivitas di kedalaman lautnya.

Ada dua jalur menuju ke obyek wisata Pantai Hukurila, yaitu jalur darat dan jalur laut. Jika ingin lewat jalur darat, Traveler akan melewati Batu Meja untuk mencapai Desa Hukurila yang jaraknya kurang lebih sekitar 12 km. Selain itu juga bisa melewati jalur lainnya dengan melewati Batu Gong, Passo, yang jaraknya sekitar 18 km. Jika ingin menggunakan jalur laut, gunakan kapal speedboat yang hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

Ambon, Gua Hukurila
Ambon, Goa Hukurila photo by ReyginaWisataIndonesia

Pemandangan alam Goa Bawah Laut Hukurila ini memang sangat indah dan menakjubkan untuk dijelajahi. Selain disuguhkan panorama keindahan terumbu karang warna warni yang masih alami, penyelam pun hidup dengan aneka macam biota laut di dalamnya. Goa yang memiliki beberapa pintu masuk dengan beberapa celah sempit sekitar 2-3 meter serta sejumlah tumpukan batu yang cukup besar akan memberi sensasi tersendiri buat para pecinta alam bawah laut. Jangan takut tersesat menjelajahi Goa Bawah Laut Hukurila ini, karena di Goa Hukurila ini terdapat sebuah lubang besar dan dua buah lubang kecil yang berfungsi sebagai jalan keluar dari Goa Bawah Laut Hukurila.(Niel)