Wisata Edukasi di Bandung yang Cocok buat Anak

Tempat liburan yang menyenangkan sekaligus memberikan banyak manfaat, atau informasi.

photo by imamt

Berwisata sambil menyerap ilmu bermanfaat, memang gampang-gampang susah.  Tapi, di Bandung, sejumlah lokasi wisata memang merupakan wisata edukasi, dan cocok untuk anak-anak.  Menjadi tempat liburan yang menyenangkan sekaligus memberikan banyak manfaat, atau informasi bagi mereka setelah pulang dari tempat itu.

Bandung Science Centre

Bandung Science Centre atau BSC berlokasi di jalan Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung. Tempat ini di resmikan sejak 2014, dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan anak atau masyarakat tentang ilmu pengetahuan. Di sini anak-anak mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak juga bisa memilih wahana yang mereka inginkan.

Wahana yang tersedia antara lain, ruang bumi (earth room), ruang perakitan (assembly hall), ruang audio visual (audio visual room), ruang fisika dasar (basic physics room). Selain itu ada juga ruang fisiologi (physiology room), ruang robotik (robotics room), dan masih banyak yang lainnya.

Wisata edukasi ini buka dari senin hingga minggu, pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk informasi harga tiket masuk BSC terbaru, fasilitas wisata hingga reservasi tempat dan info penting lainnya yang anda butuhkan, silahkan hubungi nomor telepon (022) 2060415.

photo by mamahsoesillo

Taman Bunga Begonia Lembang

Taman Bunga Begonia Lembang sangat cocok untuk anak.  Taman ini beralamat di jalan Raya Maribaya No.105, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  Taman wisata edukasi ini resmi dibuka pada Januari 2014, dan berdiri di atas lahan kurang lebih sekitar 2 Hektare. Di sini tersedia berbagai tanaman hias, baik untuk indoor maupun outdoor.

Traveler bisa mengajak anak-anak untuk berwisata ke Taman Bunga Begonia Lembang, karena taman ini bisa dijadikan media untuk menggali sejumlah informasi mengenai tumbuhan. Di sini anak-anak bisa belajar mengenal jenis tanaman, dan juga manfaat dari tanaman tersebut bagi manusia.

Selain itu anak-anak juga bisa belajar mengenal nama bunga-bunga. Ada banyak sekali bunga, seperti  bunga geranium, bunga gomphrena, bunga gypsophila, bunga helianthus, dan masih banyak yang lainnya.  Anak-anak juga bisa belajar bagaimana cara merawat tanaman yang baik dan benar. Di sini diajarkan bagaimana cara memberikan pupuk, berapa jumlah air yang diberikan pada tanaman dan lain sebagainya.

Taman Bunga Begonia Lembang buka pada senin hingga minggu mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB, dengan harga tiket masuknya Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

photo by dwinugroho

De Ranch

De Ranch berlokasi di jalan Raya Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi ini resmi dibuka pada Desember 2007. Tempat wisata ini memiliki konsep American Cowboy dipadukan dengan alam yang asri. Di sini, taveler dapat merasakan betapa serunya menjadi seorang Cowboy ala Amerika, menunggang kuda untuk berkeliling menjelajahi De Ranch.  Selain itu traveler juga akan menggunakan kostum ala cowboy, baik itu baju, sepatu cowboy dan yang lainnya.

Anak-anak juga bisa menunggangi kuda dengan berkeliling De Ranch, sambil melewati peternakan sapi, perkebunan, peternakan kuda dan bahkan padang rumput. Dengan menunggang kuda, anak dapat belajar jika saling mengerti antar makhluk Tuhan adalah hal yang penting.

Selain berkuda, di sini juga ada permainan balon air, peti luncur, memancing di kolam dan lain sebagainya. Permainan-permainan yang ada disini juga mampu melatih kesabaran, ketangkasan, juga gerak motorik anak, misalnya saja dengan adanya kegiatan membuat kue khas De Ranch, memerah sapi, menunggang kuda dan lain sebagainya.

Wisata ini dibuka pada hari selasa hingga minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu Rp. 10 ribu.

photo by imamt

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo didirikan pada 1966, dan diprakarsai oleh Udjo Ngalagena bersama Uum Sumiati istri tercinta. Lokasinya berada di jalan Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.  Tujuan didirikannya tempat ini untuk mengenalkan dan mengajak semua generasi, agar mau mengenal, mencintai dan mengembangkan budaya Indonesia untuk lebih maju kedepannya. Dengan mengajak anak-anak kesini, dapat mengenalkan kepada mereka tentang apa itu angklung.

Selain itu anak-anak  juga akan diajarkan tentang bagaimana memainkan angklung, dan juga menjadikan angklung sebagai alat musik.  Juga diajarkan cara memainkan musik dari lagu daerah, serta menyaksikan pertunjukkan angklung.

Lokasi wisata ini dibuka pada hari senin hingga minggu pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiketnya cukup terjangkau yaitu Rp40 ribu hingga Rp100 ribu. (IPG)