Yuk, ke Blitar….Ada Apa Sajakah?

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno photo by TravelPromo

Kota Blitar memang menjanjikan banyak cerita. Kota yang mendapat julukan Kota Proklamator hingga Kota Patria dan Kota PETA ini, memiliki banyak tempat wisata yang begitu bermakna.  Selain sajian sejarah, keindahan alamnya pun juga luar biasa mengagumkan. Secara geografis, Blitar terletak di kaki Gunung Kelud, tak heran udara nya sangat segar.  Dan pastinya, Kota Blitar bukan hanya terbatas pada destinasi wisata sejarah saja namun juga banyak pilihan spot wisata menarik lainnya, yang sayang dilewatkan begitu saja.  Apa saja kah? Yuk, kita simak!

Makam Ir. Soekarno

Kesempatan Traveler ketika saat menyambangi Kota Blitar, menyempatkan diri berziarah ke makam Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia.  Blitar selain tempat Bung Karno dimakamkan, kota ini juga merupakan tempat kelahiran beliau.

Komplek makam berbentuk bangunan joglo dengan diapit oleh makam kedua orang tua Bung Karno.  Uniknya, makam ini memiliki sebuah perpustakaan yang menyimpan koleksi tulisan-tulisan Bung Karno serta berbagai buku mengenai sosok beliau.  Juga beberapa lukisan dan barang peninggalan sang proklamator, tersimpan disini.  Makam Bung Karno merupakan tempat yang pas jika Traveler ingin mengetahui lebih dalam mengenai sosok presiden pertama RI ini.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-16.00

Lokasi: Jalan Ir. Soekarno Nomor 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur

Blitar, Candi Simping
Makam Raja Raden Wijaya

Candi Simping

Selain makam Bung Karno, Blitar juga menyimpan makam salah satu raja dari Kerajaan Majapahit, yaitu Raden Wijaya.  Raden Wijaya merupakan raja pertama dari Kerajaan Majapahit yang keberadaannya juga tertuang dalam Kitab Negarakertama pupuh XLVII.  Makam Raden Wijaya berada di Candi Simping.

Candi Simping yang terletak di Dusun Krajan Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar ini, dikenal sebagai tempat perabuan Raden Wijaya yang meninggal pada tahun 1309.  Pada era itu, perabuan raja-raja memang dibuatkan candi.

Lokasi: Jl. Candi Simping, Candi Simping, Sumberjati, Kec. Kademangan, Blitar, Jawa Timur

Blitar Gumuk Sapu Angin
Kombinasi Kesejukan dan Instagramable

Gumuk Sapu Angin

Selain wisata sejarah, Blitar juga menyimpan wisata yang instagramable, wisata kekinian.  Seperti di Gumuk Sapu Angin, salah satu tempat wisata yang menyajikan keindahan alamnya. Gumuk Sapu Angin berada di atas perbukitan, Traveler bakal disuguhi panorama hijau nan eksotis dari ketinggian. Yah, tempat wisata ini menawarkan asrinya pemandangan alam berbingkai dekorasi instagramable.

Lokasinya sendiri ada di antara lereng Gunung Kawi dan Gunung Kelud. Tak heran menjadikan udara sekitarnya terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Sejauh mata memandang, hanya nampak hutan hijau membentang. Kegagahan Gunung Kawi dan Kelud juga nampak jelas dari sini,

Lokasi: Dusun Purworejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Purworejo, Resapombo, Doko, Blitar, Jawa Timur

Blitar, Telaga Rambut Monte
Airnya yang tosca jernih

Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte merupakan sumber mata air dengan keindahan alamnya yang cantik dan eksotis,  sayang dilewatkan begitu saja.  Telaga ini memiliki permukaan airnya yang berwarna tosca jernih.  Selain keindahan alamnya yang memanjakan pandangan mata, tempat wisata di Blitar ini juga terkenal akan keberadaan Ikan Sengkaring, ikan yang terkenal sangat langka dan juga dikeramatkan oleh warga setempat. Konon, ikan ini dijuluki sebagai Ikan Dewa, dan uniknya jumlahnya bisa berkurang dan bertambah dengan sendirinya.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00

Lokasi: Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Negeri Dongeng Blitar
Menjelajah Kota-Kota Dunia ‘Mini’

Negeri Dongeng Blitar

Tempat ini dijuluki negeri dongeng lantaran suasana yang tercipta bak seperti ada dalam cerita-cerita dongeng.  Bayangkan saja, piramida Mesir, Menara Eifel Paris, Kincir Angin Belanda, Patung Liberty Amerika dan lainnya.  Yah, lokasi ini berisi berbagai replika landmark keajaiban dari belahan dunia.  Seru bukan!

Yang tak kalah serunya, Negeri Dongeng Blitar yang berada di Desa Kawedusan ini juga menyiapkan berbagai wahana lainnya seperti karpet aladin, skybike dan lainnya.  Begitu banyak spot-spot untuk berswafoto yang kekinian, yang bisa Traveler manfaatkan untuk perbarui photo-photo di sosial medianya.

Lokasi: Jl. Raya Kawedusan, Kawedusan, Kec. Ponggok, Blitar, Jawa Timur 66153

Nah, siap mengeksplore wisata Blitar? Jangan lupa tetap ikuti protokoler new normal, selalu mengenakan masker!(Niel)