Yuk, Wisata ke Retiro Park!

Tempat Kebanggaan Rakyat Madrid

Retiro Park
Retiro Park diciptakan dengan berbagai macam keindahan

Punya rencana berwisata ke negara Spanyol?  Jangan lupa singgah ke Retiro Park.  Yah, jadikan Retiro Park sebagai salah satu destinasi menikmati Spanyol nanti.  Ini adalah kawasan tamasya di Madrid, Spanyol yang selalu ramai dikunjungi. Parque del Buen Retiro atau suka disebut juga Buen Retiro Park merupakan taman yang paling indah sekaligus taman paling terkenal di Madrid. Juga merupakan tempat kebanggaan rakyat Madrid.  Dengan luas kurang lebih 300 hektar, taman ini pertama kali dibangun yaitu pada abad 15an sebagai taman pribadi milik keluarga kerajaan Spanyol dan juga bagian dari Istana Buen Retiro Palace.  Tepatnya dibangun oleh Raja Phillips IV.  Retiro Park terdiri dari taman ruang terbuka, air mancur, beragam patung, danau, bangunan-bangunan klasik dan monumen.

Retiro Park
Sudut Taman Nan Asri dan Menyegarkan

Arti ‘retiro’ itu sendiri adalah mengasingkan diri.  Memang, fungsi taman ini diperuntukkan bagi keluarga kerajaan untuk beristirahat, melepaskan segala pemikiran dari urusan kerjaan kerajaan.   Namun sejak tahun 1868, setelah beberapa kali mengalami renovasi, akhirnya taman ini berubah status jadi taman untuk umum.  Siapaun bisa memasuki taman ini.

Saat ini, setiap akhir minggu taman ini selalu diramaikan oleh musisi dan seniman dari berbagai kalangan, peramal dan atraksi-atraksi lainnya.  Panorama taman memang sangat indah dan mengandung unsur seni yang menakjubkan.   Di dekat pintu masuk sebelah utara, Traveler akan melihat danau besar dan patung Raja Alfonso XII.  Selain itu, Traveler akan menemukan taman mawar Rosaleda yang sangat menakjubkan.  Semerbak aroma lebih dari 4.000 bunga mawar di rosadela ini menambah keasrian dan kenyamanan suasana.  Harumnya bunga-bunga mawar ini membuat banyak wisatawan senang berlama-lama di area ini. Lalu,  dibalik rerimbunan semak-semak mawar ini, Traveler akan menemukan air mancur yang disebut Fountain of the Falling Angel, dimana keberadaan air mancur ini menggambarkan jatuhnya lucifer dari surga.

Retiro Park
Keindahan Fountain of the Falling Angel

Retiro Park memang diciptakan dengan berbagai macam keindahan.  Setelah menikmati harumnya semerbak bunga mawar dan keindahan Fountain of the Falling Angel, alihkanlah pandangan mata ke arah sebelah selatan. Tampak berdiri megah Palacio de Cristal atau Istana Kaca, tempat dimana sering digunakan untuk pameran seni.  Tempat ini dibangun pada tahun 1887.  Selain itu, di taman ini Traveler juga akan menemukan museum lukisan abad 19 dan 20  dan museum militer.

Retiro Park
Taman Buen Retiro menjanjikan suasana nyaman

Secara keseluruhan, Taman Buen Retiro menjanjikan suasana yang sangat nyaman karena banyak tanaman yang ditata apik, danau, seni patung, sampai kebun mawar atau rosaleda yang menyebarkan keharuman nan segar.  Kegiatan lainnya yang tak kalah serunya adalah menyewa perahu dayung, mengelilingi seputaran danau, atau arahkan perahu menuju Istana Kaca atau Crystal Palace.   Jika hanya ingin bersantai, rileks menikmati udara dan memandang keindahan sekitar, Traveler dapat piknik sambil berjemur di tepi danau di Taman Buen Retiro ini.  Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, dapat mampir ke Teatro de Titeres atau teater boneka.  Setiap akhir pekan di tempat ini selalu diadakan pementasan  teater boneka.  Tempat wisata Taman Buen Retiro ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-24.00 saat musim panas, sedangkan pada musim dingin taman hanya dibuka hingga pukul 22.00.(Niel)