3 Destinasi Wisata Indah di Serang

Banyak spot-spot wisata asyik.

photo by jpsakong.com

Provinsi ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, walau eksistensinya masih kalah jauh dengan beberapa daerah. Salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi di Banten adalah Serang.  Ada banyak spot-spot wisata asyik yang bisa anda kunjungi di Serang ini.

photo by phinemo.com

Sungai Tubing Cikalumpang

Anda suka wisata yang memicu adrenalin? Di Serang, terdapat tempat dimana anda bisa menguji keberanian dengan bermain arung jeram di Sungai Tubing Cikalumpang, yang terletak di Desa Kadu Bereum.  Keseruan berarung jeram di Sungai Tubing Cikalumpang ini, sudah menjadi buah bibir banyak traveler.

Nah, bagi anda yang juga suka aktivitas hiking, tempat ini sangat cocok . Karena untuk bisa sampai di lokasi arung jeram, anda perlu berjalan kaki sejauh satu kilometer dari tempat parkir kendaraan. Setelah lelah berjalan kaki, saatnya seru-seruan bermain arung jeram di sungai yang jernih ini.

Anda bisa memilih sesuai dengan paket yang diinginkan. Mulai dari air terjun dengan jarak pendek, hingga jarak jauh yang tentu akan semakin seru untuk menguji adrenalin. Fasilitas yang disediakan pun sangat lengkap. Peralatan yang aman dan nyaman siap digunakan untuk mengisi liburanmu.

photo by pantainesia.com

Pulau Dua

Pulau Dua, disebut juga dengan Pulau Burung, merupakan salah satu kawasan cagar alam di Serang. Meski disebut sebagai pulau, letak Pulau Dua masih berada di dalam satu pulau yang sama dengan Kota Serang, artinya anda tidak perlu menyeberang laut untuk bisa sampai di pulau ini.

Pulau Dua terletak di Kabupaten Serang, dan hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Serang. Pulau ini memiliki rawa namun areanya terbilang kering karena memiliki kandungan pasir yang tinggi, sehingga tidak bisa menahan air hujan. Air yang berada di rawa tersebut berasal dari air laut yang menggenang setelah pasang.

Awalnya Pulau Dua merupakan pulau yang terpisah dengan Pulau Jawa. Ketika air laut sedang surut, akhirnya kedua daratan menyatu. Hal unik lain dari pulau ini adalah banyaknya burung yang singgah di pulau ini. Pada bulan April dan Agustus, Pulau Dua akan didatangi kurang lebih 1000 ekor burung.

photo by wisatabanten.com

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang merupakan pulau kecil yang terletak di selat sunda dan menjadi pembatas antara Pulau Jawa dan Sumatera. Pulau yang memiliki luas sekitar 700 hektar ini menjadi salah satu tempat favorit untuk snorkeling, diving, jelajah pulau, hingga menyaksikan eksotisnya sunrise dan sunset. Tak hanya menikmati pantai saja, di sini anda juga bisa melihat kehidupan ratusan mamalia nocturnal di Gua Kelelawar.

Di pulau ini ada Gua Tungku yang seru untuk kita eksplore.  Berkunjung atau liburan ke Pulau Sangiang, anda bisa melakukan beragam aktivitas seru untuk mengisi hari libur. Untuk sampai di sini, anda perlu menyeberang selama satu jam dari Pelabuhan Anyer.(DT)